Khasiat Jahe, Obat Flu hingga Perkuat Imun Tubuh -->

Khasiat Jahe, Obat Flu hingga Perkuat Imun Tubuh

Senin, 31 Agustus 2020, Agustus 31, 2020

Khasiat Jahe - Media Islami,- Jahe merupakan tumbuhan yang cukup populer di indonesia. Karena jahe selain menyehatkan, rasanya juga sangat nikmat jika dibuat menjadi sebuah minuman.

Jahe memang telah Populer dikalangan ibu - ibu sebagai bumbu dapur, Namun tahukah kamu bahwa selain sebagai bahan utama dapur ternyata Khasiat jahe juga sangat baik untuk kesehatan ?

khasiat jahe

KHASIAT JAHE

Jahe, adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae ( Sumber : Wikipedia )

Di Indonesia sendiri jahe sebenarnya memiliki nama yang berbeda beda. Di Sumatra disebut halia (Aceh), beuing (Gayo), bahing (Karo), pege (Toba), sipode (Mandailing), lahia (Nias), sipodeh (Minangkabau), page (Lubu), dan jahi (Lampung). Di Jawa, jahe dikenal dengan jahe (Sunda), jae (Jawa), jhai (Madura), dan jae (Kangean). Di Sulawesi, jahe dikenal dengan nama layu (Mongondow), moyuman (Poros), melito (Gorontalo), yuyo (Buol), siwei (Baree), laia (Makassar), dan pace (Bugis). Di Nusa Tenggara, disebut jae (Bali), reja (Bima), alia (Sumba), dan lea (Flores). Di Kalimantan (Dayak), jahe dikenal dengan sebutan lai, di Banjarmasin disebut tipakan. Di Maluku, jahe disebut hairalo (Amahai), pusu, seeia, sehi (Ambon), sehi (Hila), sehil (Nusalaut), siwew (Buns), garaka (Ternate), gora (Tidore), dan laian (Aru). Di Papua, jahe disebut tali (Kalanapat) dan marman (Kapaur).

Jahe mempunyai banyak Khasiat Karena di Dalamnya terkandung senyawa bioaktif dan nutrisi yang mampu memberikan kesehatan pada otak dan kekuatan pada fisik anda.

Salah satu senyawa yang terkandung dalam jahe adalah gingerol. Gingerol yang baik biasanya terdapat pada jahe yang segar. Biasanya jahe yang kering akan memiliki sedikit senyawa gingerol tersebut. 

Selain itu kandungan yang membuat jahe sangat berkhasiat bagi tubuh adalah adanya kandungan senyawa Fitokimia yaitu yaitu bermanfaat sebagai anti peradangan, analgesik dan anti bakteri.

Jahe juga mempunyai banyak kandungan vitamin yaitu antara lain Vitamin B5 dan Vitamin B6, dimana Vitamin ini sangat diperlukan dan berguna bagi tubuh.

Khasiat jahe Untuk Kesehatan

Dan berikut ini saya akan memberikan penjelasan tentang manfaat jahe bagi keseharian tubuh anda, simak terus ya!

a.    Mampu Menjadi obat Mual dipagi Hari.

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa manfaat jahe bisa digunakan untuk mengatasi mual, terutama dipagi hari.

Jahe biasanya juga digunakan untuk mengatasi mual bagi penderta kanker yang setelah melakukan kemoterapi. Selain itu sering juga di konsumsi setelah operasi.

Mengkonsumsi jahe juga bagus ketika anda sedang hamil dan sering mual mual. Tetapi alangkah baiknya jika anda sebelum mengkonsumi jahe melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu. 

Karena terdapat kabar ketika mengkonsumsi jahe dalam skala besar mampu menimbulkan keguguran bagi kandungan. Tapi secara riset hal ini belum diyakini kebenaraannya.

khasiat jahe mengurangi nyeri otot

b.    Mengkonsumi jahe dapat mengurangi rasa nyeri pada otot

Beberapa orang telah mengatakan apabila mengkonsumsi jahe dapat mengurangi nyeri pada otot. Tetapi secara riset ini belum ada kepastian kebenarannya.

Tetapi beberapa ahli juga pernah mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi jahe dapat meredakan nyeri yang dikarenakan kegiatan olahraga.

Kita dapat meyakini Khasiat jahe ini karena memang jahe memiliki kandungan senyaawa anti inflamasi yang dapat meredakan nyeri otot. Tetapi hal itu tidak bisa secara instan karena diperlukan ketlatenan dalam mengkonsumsi jahe.

Berdasarkan penelitian, alangkah baiknya jika jahe di konsumsi sebanyak 2 gram dalam jangka waktu 11 hari.

c.    Mencegah Penyakit Osteoartritis

Osteoartritis merupakan penyakit yang sering dialami manusia. Penyakit tersebut adalah peradangan pada sendi.

Sehingga seseorang sering mengalami nyeri bahkan rasa sakit pada persendian. Berdasarkan pengalaman yang dipaparkan para ahli dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan dan tentunya dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi.

Selain di konsumi jahe juga dapat diajadikann minyak dengan dicampur wijen dan kayu manis. Cukup di oleskan pada daerah yang sakit kemudia rasa sakit tersebut akan berangsur hilang.

d.    Mencegah Penkyakit Jantung

Jika anda memiliki masalah gula darah yang tinggi atau diabetes. Mengkonsumsi jahe adalah cara yaang benar karena dapat menurunkan gula darah secara drastis. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi resiko anda untuk terkena penyakit jantung.

Beberapa riset menyebutkan bahwa jahe memiliki sifat anti diabetes yang baik. Studi kasus yang pernah dilakukan bahwa terdapat 41 orang penderita diabetes dan setiap hari ia mengkonsumsi 2,2 gram bubuk jahe selang beberapa waktu hasil menunjukan bahwa GDP atau gula darah puasa dapat turun hingga 12%.

khasiat jahe mengatasi pencernaan

e.    Mengatasi Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan kronis sering dialami oleh sebagian besar manusia. Terutama seseorang yang tidak bisa mengatur pola hidup dan pola makannya.

Gangguan pencernaan ini biasanya terjadi dengan ciri ciri nyeri dan sakit pada perut. Apabila anda sudah punya penyakit ini maka jangan sampai perut anda dalam keadaan yang kosong.
Tetapi anda harus tau! Bahwa dengan mengkonsumsi jahe anda dapat meredakan sakit perut yang anda alami.

f.    Jahe dapat mengurangi rasa nyeri pada haid

Haid merupakan pengeluaran darah kotor yang setiap bulannya dialami seorang wanita. Ketikan sedang haid atau menstruasi pasti terjadi rasa yang tidak enak atau bahkan menimbulkan nyeri. 

Kandungan yang ada didalam jahe diyakini dapat mengurangi sakit ketika menstruasi secara signifikan. Studi kasus telah membuktikan bahwa ada 150 wanita yang sedang menstruasi dan setiap harinya mengkonsumsi 1 gram jahe dan hasilnya benar terjadi dapat mengurangi rasa sakit ketika menstruasi.

Itulah manfaat jahe yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin. Karena jika anda mengkonsumsi jahe hanya sebulan sekali itu tidak akan menimbulkan efek apa apa dalam tubuh anda. 

Baca juga beberapa tips dan khasiat herbal lainnya : Khasiat Daun Kelor, Khasiat Bawang Lanang, Khasiat Temulawak, Khasiat Daun Sirsak 

Selamat mencoba dan semoga berhasil !!! Wallahu a'lam Bisshowab, Wassalamualaikum wr wb

TerPopuler