5 Keutamaan Surat Ar Rahman Bagi Umat Muslim -->

5 Keutamaan Surat Ar Rahman Bagi Umat Muslim

Rabu, 14 Oktober 2020, Oktober 14, 2020
Keutamaan Surat Ar Rahman - Islamidina.id,- Pernahkah Membaca Al Quran ? Tentu Pernah hal ini Karena bagi umat Islam kitab suci Al-Quran adalah pedoman dan segala petunjuk hidup.
 
keutamaan-surat-ar-rahman
Membaca Al Quran dalam hidup sehari-hari tentu memiliki keistimewaan yang luar biasa. Terutama jika hal ini sudah dibiasakan sejak dini. 
 
Masing-masing surat di dalamnya memiliki arti dan petunjuk bagi umat muslim untuk segala bentuk persoalan dalam hidup, Seperti Mukjizat Surat Al fatihah,Keutamaan Ayat Kursi, Keutamaan Surat Al Fiil , Keutamaan Surat Al Kahfi.
 
Salah satunya Surat yang sangat sering kita dengar adalah Surat Ar rahman, satu ayat yang bila dibacakan sangat merdu.
 
Selain merdu Surat Ar Rahman juga memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa besar jika kita mengamalkannya tiap hari.

Kata Ar Rahman sendiri memiliki arti maha pemberi nikmat dunia dan akhirat yang merupakan nama Allah. 
 
Begitu besar rahmatnya hingga ada satu surat sendiri yang bernama Ar Rahmat. Tema besar dari surat ini adalah isyarat tentang ciptaan Allah dengan banyak bagian-bagiannya baik di langit dan bumi, darat dan laut hingga manusia dan jin. Semua itu hanya Allah yang maha mengatur segalanya.

Surat Ar Rahman

Khasiat-surat-ar-rahman

5 Keutamaan Surat Ar Rahman

Berikut beberapa manfaat dan keutamaan surat Ar Rahman diantara banyaknya fadilah dan keutamaan lainnya, antara lain : 

1. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Salah satu keutamaan dari surat Ar Rahman adalah mendapat syafaat di hari kiamat. Mereka yang terbiasa membaca surat Ar Rahman baik ketika bangun malam ataupun setelah menunaikan shalat, Allah akan membuatnya berjumpa denganNya di hari kiamat nanti. 
 
Orang tersebut akan dirupakan dengan wujud manusia sebaik-baik manusia dengan bau yang paling harum. Keutamaan surat Ar Rahman ini juga sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

2. Mendapat Ridha Allah SWT

Isi dari penjabaran surat Ar Rahman ini adalah tentang segala nikmat Allah SWT yang begitu berlimpah kepada makhlukNya jika dilihat secara ringkas. 
 
Sementara jika melihat dari tafsir Ats Tsaqolayn, sabda Rasulullah mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat Ar Rahman maka Allah akan menyayangi kelemahannya dan juga mendapat ridha dalam kenikmatan yang diberikan kepadanya.

3. Meningkatkan Rasa Syukur

Ada satu ayat yang dituliskan berulang-ulang yakni berbunyi fa bi ayyi ala i rabbikuma tukazzibaan. Arti dari ayat ini juga seringkali menjadi pengingat untuk selalu bersyukur. Ayat ini juga seolah menunjukkan bagaimana keutamaan surat Ar Rahman. 
 
Ayat yang mengingatkan kita betapa banyak karunia dan rahmat Allah yang diberikan kepada hambaNya. Bukan hanya tentang rezeki berupa uang tetapi juga kesehatan, udara yang bebas kita hirup bahkan keimanan yang masih berada dalam diri kita.

4. Mati Syahid

Setiap muslim menginginkan mati dalam kondisi baik. Mati dengan amal ibadah yang diterima dan dengan iman yang masih teguh dipegangnya. 
 
Rasulullah pernah bersabda yang dijelaskan dalam Tsawabul A’mal bahwa barang siapa yang membaca surat Ar Rahman dan dia mengucapkan arti dari ayat fa bi ayyi ala i rabbikuma tukazzibaan kemudian malam harinya ia mati, maka matinya adalah seperti mati syahid.

5. Mengingatkan Tentang Adanya Makhluk Lain yang Juga Beribadah Kepada Allah

Allah menciptakan manusia dan jin agar hidup berdampingan tetapi tidak mengganggu satu sama lain. Hidup di dua alam yang berbeda mewajibkan semua makhluk ciptaan Allah ini untuk beribadah dan menyembah Allah. 
 
Dalam surat Ar Rahman juga dijelaskan adanya kerajaan jin dan alam lain yang tidak terlihat oleh mata. Seperti halnya manusia, bangsa jin juga ada yang ingkar ataupun patuh kepada Allah.

Keutamaan surat Ar Rahman luar biasa untuk kehidupan. Membacanya di waktu siang dan malam membuat hati menjadi tenang. 
 

Kumpulan Sholawat Merdu :

 
Apalagi jika ada rasa mengeluh di dalam hati, maka surat Ar Rahman mengingatkan kita bahwa banyak nikmat Allah yang telah kita dapatkan. Maka tak ada alasan untuk tidak mengamalkan surat Ar Rahman jika menginginkan hidup tenang dan jauh dari rasa gelisah.

Kami sadar masih banyak kekurangan dan kesalahan yang sepenuhnya merupakan ke khilafan penulis.

Untuk itu kami sangat berharap kritik dan saran dari seluruh pembaca, baik melalui kolom komentar maupun email kami.

Diluar semua itu kami berharap tulisan ini dapat bermanfaat dan makin meningkatkan semangat kita untuk selalu membaca Al Quran khususnya Surat Ar Rahman. 

Demikianlah sahabat pembahasan kali ini tentang manfaat dan keutamaan Surat Ar Rahman. Wassalamualaikum wr wb.

TerPopuler