Kebahagiaan Terdapat pada Ilmu dan Amal

Kebahagiaan Terdapat pada Ilmu dan Amal

Sunday, 12 May 2019, May 12, 2019

hendaklah-kita-berilmu-dahulu-sebelum-beramal

Islamidina.ID — TAZKIYATUN NUFUS

🌹 KEBAHAGIAAN TERDAPAT PADA ILMU DAN AMAL

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata, 

"السعادة التي هي كمال البهجة والسرور واللذة ليس هي نفس العلم، ولا تحصل بمجرد العلم، بل العلم شرط فيها، بل لا بد من العلم بالله وبأمره؛ كما قال النبي صلى الله عليه وسلم في الحديث المتفق على صحته: 

" من يرد الله به خيرًا يفقهه في الدين "،

فكل من أراد الله به خيرًا فلا بد أن يفقهه في الدين، فمن لم يفقهه في الدين لم يرد به خيرًا؛ وليس كل من فقهه في الدين قد أراد به خيرًا، بل لا بد مع الفقه في الدين من العمل به؛ فالفقه في الدين شرط في حصول الفلاح .."

📘الصفدية  2 / 266

“Kebahagiaan yang merupakan kesempurnaan kegembiraan, kesenangan dan kelezatan bukanlah terdapat pada ilmu semata, dan tidak didapatkan dengan ilmu saja, akan tetapi ilmu itu sebagai syarat dari kebahagiaan itu. Akan tetapi harus dengan ilmu tentang Allah dan perintah-perintahNya. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu alaihi wassalam di dalam hadits yang muttafaq (disepakati)atas keshahihannya:

《Siapa yang Allah kehendaki untuknya kebaikan maka Allah Ta'ala akan menjadikannya faqih (paham) dalam agama Islam》.

Maka setiap orang yang Allah kehendaki kebaikan untuknya, maka pasti Allah menjadikannya paham dalam agama Islam. Dan orang yang tidak Allah jadikan paham dalam agama Islam, maka Allah tidak menginginkan kebaikan untuknya.
Dan tidak semua orang yang paham terhadap agama Islam, Allah Ta'ala menghendakinya kebaikan, tetapi ilmu agama Islam itu harus bergandengan dengan amal (ilmu itu diamalkan), maka ilmu/pemahaman terhadap agama Islam itu adalah syarat untuk mendapatkan keberhasilan...”.

📘Ash-Shafdiyah 2/266.

TerPopuler