Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian: Apa itu Kharaj?


Definisi-kharaj-contoh-kharaj-ekonomi-islam-pajak-jizyah-Abu-ubaid-harta-kharaj

Islamidina.ID – Kharaj adalah hak yang diberikan oleh Allah Subhanahu wata'ala kepada kaum Muslim dari kaum Kafir. Kharaj adalah hak yang dikenakan atas lahan tanah yang telah di rampas dari tangan kaum kafir, baik dengan cara perang maupun damai. Jika perdamaian menyepakati bahwa tanah tersebut milik kita, dan mereka pun mengakuinya dengan membayar kharaj, maka mereka harus menunaikannya.


Pengertian Kharaj menurut bahasa bermakna al-Kara’ (sewa) dan al-ghullah (hasil). Setiap tanah yang diambil dari kaum kafir secara paksa, setelah perang di umumkan kepada mereka, dianggap sebagai tanah Kharajiyah. Jika mereka memeluk islam, setelah penaklukkan tersebut, maka status tanah mereka tetap Kharajiyah. 


Abu Ubaid meriwayatkan hadits dalam kitab Al-Amwal dari Az-Zuhri yang mengatakan, “Rasulullah saw, menerima Jizyah darivorang Majusi Bahrain”.


Az-Zuhri menambahkan, “Siapa saja diantara mereka ada yang memeluk islam, keislamannya diterima, dan keselamatan diri serta hartanya akan dilindungi, selain tanah. Sebab, tanah mereka adalah harta Fai’ (rampasan) bagi kaum Muslim, karena orang tersebut sejak awal tidak menyerah, sehingga dia terlindungi.” Maksudnya, mereka terlindungi dari kaum Muslim. []
Subhan Ashof
Subhan Ashof Hanya seorang Mahasiswa biasa dengan segudang Keinginan dan Harapan. Yang saat ini meluangkan waktunya sambil mengurus banyak blog sederhana. I'm Passionate with Writer, Volunteerism, Web Developer, UI/UX Design, Adsense, and IT Enthusiast, etc. Build up with commitment, integrity, motivation and religious. Lets follow my instagram @penasubhan.

Posting Komentar untuk "Pengertian: Apa itu Kharaj?"

close
[ klik disini 2X ] [ close ]