Optimalkan Memori Ingatan Anak dengan Baik

Optimalkan Memori Ingatan Anak dengan Baik

Monday, 18 March 2019, March 18, 2019
optimalkan-memori-ingatan-anak-dengan-menghafal-al-quran

Islamidina.ID - Urusan anak menghafal al-Qur'an sangat erat kaitannya dengan kemampuan daya ingat (memori) anak dan juga tergantung pada kemampuan akal. sedangkan kecepatan memori anak sangat berkaitan dengan daya ingatnya, disebabkan daya ingat anak kerat kaitannya dengan kemampuan menyerap / menyimpan informasi yang di terimanya, dan dikeluarkannya kembali. sedangkan ketidakmampuan anak dalam mengeluarkan kembali ingatannya tidak selamanya menunjukkan bahwa anak tersebut memori nya lemah. Biar bagaimanapun juga, yang namanya penyakit lupa bisa dikarenakan adanya faktor-faktor yang bersifat psikis ataupun ada gangguan dalam sistem saraf nya.

Menurut penelitian ilmu psikologi, dinyatakan bahwa merupakan hal alamiah bagi seseorang yang lupa atas informasi yang pernah ia terima dan dihimpunnya dalam ingatan. terkadang akibat lupa nya itu menyebabkan dirinya merasa tersakiti (baik berupa perasaan malu, takut mendapatkan hukuman, merasa bersalah, atau merasa dalam dirinya ada yang kurang, dan sebagainya). Dalam hal ini, lupa merupakan sesuatu hal yang mampu membuat diri seseorang menjadi tertekan.

Terkadang, lemahnya daya ingat disebabkan karena faktor kemampuan daya menghafal anak yang sangat kurang. seorang anak yang tidak mampu menghafal satu juz Al-Qur'an dia akan kesulitan untuk mengeluarkan hafalan yang diwajibkan atasnya itu.

Selain itu, orangtua yang menekan anaknya untuk menghafal al-Qur'an, sementara menurut si anak hal itu sangat tidak mengenakkan nya, justru hanya akan menimbulkan hubungan antara orangtua dan anak menjadi kaku dan menyebabkan dampak negatif bagi perkembangan psikologi anak. Sedangkan orangtua yang menjadikan hafalan Al-Qur'an bagi anaknya sebagai hal yang menarik dan menyenangkan, maka itu akan membantu meningkatkan daya ingat anak itu sendiri. dengan demikian, anak akan berinteraksi dengan al-Qur'an yang dimulai dari pribadi kedua orangtuanya, yang membiasakan menghafal terlebih dahulu, hingga didalam hati anak akan timbul rasa cinta dan membantu pertumbuhannya. []

TerPopuler