Seperti Rosul Tatacara Niat Jumlah Rakaat dan Keutamaan Tahajud

Seperti Rosul Tatacara Niat Jumlah Rakaat dan Keutamaan Tahajud

Tuesday, 22 October 2019, October 22, 2019



Hallo Islamidina.ID - Kembali lagi kali ini saya akan menshare tentang tahajud.

Pertama kita akan membahas tentang pengertian tahajud terlebih dahulu

Pengertian Tahajud

Apasih shalat tahajud itu? 
Dikutip dari wikipedia.

Salat tahajud adalah salat sunah yang dikerjakan di malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Salat tahajjud termasuk salat sunnat mu'akad (salat yang dikuatkan oleh syara'). Salat tahajud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Tahajud merupakan amalan sunnah yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW setiap hari. Dan tahajud ini merupakan sunnat muakad yaitu kita sangat dianjurkan sebisa mungkin melaksanakan shalat ini. Karna Allah SWT. Pun memerintahkan dalam Al-Qur'an untuk kita mengerjakan shalat tahajud ini.
Seperti firman Allah dalam Surah Al Isra ayat 79


وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا  
Arab-Latin: wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā. 
Terjemah Arti: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.
 Allah SWT menjanjikan kemuliaan tempat yang sangat terpuji ketika kita melaksanakan Shalat Tahajud ini. Maka dari itu shalat ini dianjurkan sekali untuk dikerjakan setiap hari apalagi dikalangan para santri dalam mencari ilmu shalat ini bisa menjadi asbab keberkahan dan kemudahan daripada ilmu yang didapatkan.

Maka kalian yang memiliki kesempatan bangun malam sempatkanlah untuk melakukan tahajud walau hanya 2 rakaat.

Jumlah Rakaat Shalat Tahajud

Shalat tahajud itu dilakukan sebanyak 12Rakaat setiap malam adapaun orang yang melakukan lebih daripada 12rakaat tersebut maka shalat tersebut akan masuk sebagai shalat mutlaq. Tapi bagi yang tidak berkesanggupan bisa melaksanakan setiap hari minimal 2 Rakaat.

Seperti yang diriwayatkan dalam hadist Muslim
“Sesungguhnya aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat malam, maka beliau memulai dengan shalat 2 rakaat yang ringan, Kemudian beliau shalat 2 rakaat dengan bacaan yang panjang sekali, kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian shalat witir 1 rakaat.” (HR. Muslim)
Kesimpulannya Rosulullah SAW. Melakukan shalat tahajud 
  • Beliau membuka shalatnya dengan shalat 2 rakaat yang ringan.
  • Kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang panjang.
  • Kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan tiap rakaat yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya hingga rakaat ke-12.
  • Kemudian shalat witir 1 rakaat.

Waktu Sholat Tahajud

Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat tahajud itu di 1/3 malam atau kurang lebih jam 1-3 Subuh namun waktu tahajud sendiri bisa dilakukan setelah shalat isya dengan syarat kita sudah melakukan tidur walau hanya 5menit.
Tapi biasnya kebanyakan waktu yang paling utama itu di 1/3 malam ketika orang lain dalam keadaan tidur kita justru sebaliknya dalam keadaan terjaga sehingga dapat melakukan tahajud itu merupakan suatu kelebihan dan kemuliaan tersendiri bagi kita khususnya dikalangan para santri pondok pesantren itu merupakan rutinitas yang tidak boleh di tinggalkan.

Keutamaan Tahajud

Allah SWT sendiri sudah menjelaskan bahwasanya orang yang bangun di 1/3 malam lalu melakukan qiyamulail / shalat tahajud itu akan Allah tempatkan ditempat yang sebaik baiknya yang dijelaskan Allah dalam surah Al Isro Ayat 79 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا  
Arab-Latin: wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā. 
Terjemah Arti: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Tahajud sendiri mempunyai keutaman apalagi ketika kita berdoa dalam tahajud bagaikan anak panah yang melesat tepat mengenai sasarannya jadi ketika kita memang memiliki keinginan yang sangat besar maka laksanakanlah tahajud niscaya Allah pun akan mengetahui bahwa kita memang sungguh - sungguh ingin mendapatkan keiginan tersebut.

Tata Cara Sholat Tahajud Yg Benar dan Mustajab 

Lalu setelah kita mengetahu keutamaan rakaat dan pengertian tahajud kita akan membahas bagaimana sih tata cara melaksanakan shalatnya niat tahajud yang benar dan mustajab.
Tahajud sendiri dilakukan di 1/3 malam dengan keadaan kita sudah tidur setelah itu kita seperti biasa mengambil wudhu lalu membacakan 

1. Niat Tahajud

ada berbagai macam versi dalam niat tahajud itu tergantung keinginan kalian masing masing namun untuk niat yang sudah familiar itu seperti ini :
Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'aalaa.
Artinya: "Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala."
Setelah kita melakukan niat dalam hati maka selanjutnya adalah

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram dilakukan seperti halnya shalat pada umumnya dengan mengucap Allahu Akbar.
Setelah takbiratul ihram maka selanjutnya adalah melakukan sholat pada umumnya dengan membaca Al - Fatihah setelah itu membaca surah surah pendek maupun panjang setelah itu melakukan rukuk itidal sujud dan tahyat.

3. Salam

Setelah kita selesai melaksanakan sholat tersebut maka kita akhiri dengan salam sebagaimana halnya sholat pada umumnya setelah tasyahud akhir mengucap Assalamu'alaikum Warahmatullah
Dengan begitu sempurnalah kita melaksanakan sholat malam sebagaimana yang di ajarkan oleh Rosulullah SAW. 

Doa Tahajud

Setelah selesai kita melakukan sholat maka hendaklah kita berdoa kepada Allah SWT dengan penuh kehsyuan dan keyakinan bahwa doa tersebut akan dikabulkan. Lalu bagaimanakah doa sholat tahajud?
pada umumnya doa sholat tahajud itu seperti ini :
Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu 'alaihi wasallama haqqun wassaa'atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu'akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.
Artinya: "Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."
 Dengan doa tersebut kita telah memintakan kepada Allah SWT berbagai macam keutaman dan kita juga boleh menyebutkan keinginan kita hajat kita setelah membaca doa tersebut dan ketika kita sudah selesia maka di akhiri dengan membaca suroh Al-Fatihah dengan begitu selesailah sholat tahajud kita.

Alangkah baiknya ketika kita selesai melaksanakan shalat tersebut kita akhiri dengan sujud syukur karna kita telah mendapatkan kenikmatan yang besar maka kita hendaklah bersyukur kepada Allah SWT. Karna dengan bersyukur Allah akan menambahkan kenikmatan dan rejeki untuk kita seperti yang dijelaskan Allah dalam firmannya  dalam surah Ibrahim ayat 7
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ 
Arab-Latin: Wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`ing kafartum inna 'ażābī lasyadīd 
Terjemah Arti: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".
Itulah kenapa sering disebutkan sholat tahajud penarik rejeki karna kita bersyukur kepada Allah atas limpahan nikmat yang telah diberikan sehingga kita bisa melaksanakan apa yang diperintahkan.

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan mengenai sholat tahajud saya berharap dengan materi tata cara niat bahkan keutaman tahajud sebagai penarik rejeki bisa bermanfaat bagi saya dan bagi kalian para pembaca jangan lupa share jika memang artikel ini bermanfaat 1 share kalian sangat berarti bagi saya.

- Islamidina.ID

TerPopuler