8 Sholawat Nabi Muhammad SAW yang Pendek dan Mudah Dihafal

8 Sholawat Nabi Muhammad SAW yang Pendek dan Mudah Dihafal

Monday, 9 December 2019, December 09, 2019

8 Sholawat Nabi Muhammad SAW yang Pendek dan Mudah Dihafal

Maulid Nabi Muhammad SAW atau kadang hanya disebut dengan Maulud saja merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Peringatan ini jatuh pada setiap hari ke-12 pada bulan ke-3 kalender hijriyah (bulan Rabiul Awal).
Setiap peringatan Maulid Nabi, umat muslim biasanya mengadakan pengajian baik di masjid, sekolah, kampus maupun di rumah pribadi. Pada hari tersebut umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak bacaan sholawat Nabi Muhammad SAW.

Barangsiapa memperbanyak bacaan sholawat untuk Rasulullah SAW, baik pada pagi, siang atau malam hari pada Maulid Nabi, insya Allah Allah SWT akan melimpahkan banyak-banyak berkah kepadanya. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa macam bacaan sholawat yang bisa diamalkan seorang muslim.

Ada bacaan sholawat yang panjang dan ada pula yang pendek. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa bacaan sholawat yang pendek yang mudah dihafal. Silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

1. Sholawat Ma’tsuroh

Sholawat ma’tsuroh adalah sholawat yang keutamaan dan bacaannya diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW. Berikut teks, lafadz dan doanya dalam bahasa Arab serta terjemahan.
أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ
Artinya :
"Ya Alloh! Limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya."

2. Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat ibrahimiyah adalah sholawat yang tidak hanya ditujukan untuk Nabi Muhammad saja, melainkan juga Nabi Ibrahim sesuai seperti namanya. Sholawat ini adalah bacaan pada tasyahud akhir dalam sholat, berikut adalah lafadznya.
اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
Artinya :
"Ya Alloh, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

3. Sholawat Al-Fatih

Keutamaan dari sholawat ini adalah kita memohon kepada Allah SWT untuk memberikan rahmat dan berkat kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang telah menolong umat muslim menunju jalan kebenaran. Berikut adalah lafadznya.
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.
Artinya:
"Ya Alloh limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad saw, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Alloh melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung."

4. Sholawat Kamilat

Bacalah sholawat kalimah atau kalimat setidaknya 40 kali maka Allah SWT akan membantu kita untuk menjauhkan diri dari marabahaya. Bacalah sebanyak 4444 kali maka Allah SWT akan mengabulkan hajat dan keinginan kita.
اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ وَسَلِّـمْ وَبَـارِكْ عَـلـٰى سَــيـِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أٰلِـهِ كَمَا لَا نِـهَايَـةَ لِـكَـمـَالِكَ عَدَدَ كَـمـَالِـهِ
Artinya :
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat keselamatan dan berkah kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya, sebagaimana tiada batas akhir bagi kesempurnaan-Mu, sebagai hitungan kesempurnaan."

5. Sholawat Ummy

Khasiat dari sholawat ummy adalah siapa yang membacanya sebanyak 80 kali pada malam jumat, maka Allah SWT akan mengampuni dosa kita selama 80 tahun. Jika membacanya sebanyak 500 kali, maka ia akan berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW dalam keadaan sadar.
اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ
Artinya :
"Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

6. Sholawat Mukafa’ah

Siapa yang membaca sholawat ini telah menunjukkan kecintaanya kepada Rasul, dan barangsiapa mencintai Rasul, maka kelak ia akan mendapat syafaat darinya pada hari kiamat serta dianggap sebagai orang yang mulia di sisinya.
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ .
Artinya :
"Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh swt, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya."

7. Sholawat Syifa’

Faedah dari sholawat ini adalah untuk menjadikan tubuh kita menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, barangsiapa membaca sholawat syifa’ dengan istiqomah, insya Allah Allah Ta’ala akan menerangkan hati kita sehingga dapat melihat kebaikan.
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِـــيَــتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.
Artinya :
"Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita bnabi Muhammad saw yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan dan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliaannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua."

8. Sholawat Hajat Dunia Akhirat

Siapa saja yang membaca sholawat ini sebanyak 1000 kali, maka ia akan diberi berkah dari Allah SWT berupa 100 hajatnya dikabulkan. 30 hajat di dunia dan 70 hajat di akhirat kelak. Berikut adalah bacaan lafadz sholawat hajat.
اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ
Artinya :
"Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada ahli keluarganya."

TerPopuler