-->

Kisah Saling Menghormati di Kalangan Sahabat dan Tabi'in

hpk
Sejak 14 abad silam, kita sebagai umat Islam sudah banyak diajarkan keteladanan dari Rasulullah serta para sahabat-sahabatnya. Sikap Rasulullah adalah cerminan Al-Qur'an yang berjalan. Sudah banyak cerita masyhur tentang hal tersebut.

Sikap-sikap baik Rasulullah ini secara otomatis membekas dan kemudian berusaha diduplikasi oleh sahabat-sahabat beliau. Meskipun cara duplikasinya tidak 100 persen, namun mendekati kesempurnaan dengan gaya dan sudut pandang masing-masing sahabat yang tidak sama.

Di antara cerita sahabat yang menarik adalah kisah Zaid bin Tsabit saat ia melakukan shalat janazah atas ibunya yang telah meninggal. Ketika keledai milik Zaid ini didekatkan untuk ditunggangi Zaid, tiba-tiba Ibnu Abbas, sahabat sekaligus sepupu Rasulullah, mendekat dan meminta pelana keledai milik Zaid, lalu ia memegangkan pelana itu.

Zaid bin Tsabit ini bukan sahabat biasa. Ia termasuk pemegang kunci dalam pembukuan al-Quran yang jasanya dapat kita rasakan hingga sekarang. Begitu pula sebaliknya. Ibnu Abbas adalah sepupu Rasulullah yang secara khusus mendapatkan doa beliau berupa kepahaman agama yang tajam serta dapat mengetahui detail ta'wil al-Qur'an.
Hasil gambar untuk muslim beach sunset
Merasa segan dihormati sepupu Rasulullah, Zaid meminta pelana yang dipegang Ibnu Abbas untuk dilepaskan. "Mohon dilepaskan saja pelana itu, wahai sepupu Rasulullah." pintanya.

Namun Ibnu Abbas menolak. Ia mengatakan, "Demikianlah kami memperlakukan ulama." Tak mau kalah, Ibnu Abbas baru selesai bicara demikian, Zaid bin Tsabit lalu mencium tangan Ibnu Abbas seraya berkata, "Beginilah kami diperintahkan untuk menghormati ahli bait Nabi kami."

Pada akhir cerita, saat Zaid bin Tsabit wafat mendahului Ibnu Abbas. Ibnu Abbas berdiri di atas pusara makam Zaid seraya berkata, "Dengan beginilah ilmu itu telah menghilang." Jejak-jejak sabahat ini kemudian ditiru generasi-generasi berikutnya. Seperti halnya yang dilakukan Sufyan ats-Tsauri, misalnya.

Perlu diketahui, Sufyan ats-Tsauri (w.161 H) adalah orang yang hidup pada generasi tâbi'it tabi'în. Kredibilitasnya diakui khalayak. Ia merupakan salah satu imam madzhab. Namun karena buah pikirnya tidak terkodifikasi dengan baik, di kemudian hari yang disepakati ulama hanya terbatas empat madzhab saja (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali). Bisy al-Hafi mengatakan, Sufyan ats-Tsauri di masanya laksana Abu Bakar dan Umar pada kurunnya.

Ats-Tsauri yang sedemikian agung, ia tetap mengagungkan salah seorang ulama lainnya.

Suatu kali al-Auza'iy, kawan diskusi Sufyan ats-Tsauri, mengendarai unta. Sufyan memegangkan pelananya kemudian menuntun unta yang ditunggangi al-Auzaiy sembari berteriak meminta orang untuk membukakan jalan

Artinya: "Sufyan ats-Tsauri menuntunkan unta yang dikendarai al-Auza'i, seraya ia berteriak 'tolong dikasih jalan, kasih jalan untuk syekh." (Muhammad Isham Hadziq, Irsyâdul Mu'minîn, Maktabah at-Turats al-Islami, Jombang, halaman 43) Padahal kita ketahui, terkadang antara ats-Tsauri dengan al-Auza'iy terkadang terjadi perbedaan dalam masalah pengambilan hukum fiqih. Namun dalam urusan hormat menghormati, tetap mereka kedepankan.

Menurut cerita Yahya al-Qathan, Imam Malik pernah berhadapan antara Sufyan ats-Tsauri, al-Auza'i, dan Abu Hanifah dalam satu majelis. Lalu Yahya bertanya bertanya pada Imam Malik, "Di antara mereka, mana yang lebih kuat pendapatnya?” Dijawab, "Al-Auza'iy." Maka tidak mengherankan, sebesar nama Sufyan ats-Tsauri tetap menaruh hormat kepada Abdurrahman bin Amr al-Auzaiy dengan menuntunkan untanya. Begitulah pendahulu kita memberikan teladan.

Kita patut mengambil teladan itu. Sangat wajar jika banyak yg mengawal kiai saat pengajian, santri melayani kiai atau gurunya. Bahkan memang hal inilah adab yang sepatutnya dilakukan. Wallahu a'lam. Alfatihah

0 Response to "Kisah Saling Menghormati di Kalangan Sahabat dan Tabi'in"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel