Manfaat Khitan dalam Islam -->

Manfaat Khitan dalam Islam

Minggu, 07 Juni 2020, Juni 07, 2020

 Manfaat Khitan Dalam Islam - Islamidina, Assalamualaikum wr wb, Sahabat Muslim, Kali ini Kita akan sedikit berdiskusi tentang Sirkumsisi “Khitan/Sunat “dan manfaatnya. 

Hal ini karena masih banyak pertanyaan seperti : Mengapa Muslim melakukan Sirkumsisi “Khitan/Sunat “ ? Apa Manfaat Sirkumsisi “Khitan/Sunat “ atau Bagaimana cara Sirkumsisi “Khitan/Sunat “ ?

manfaat Sirkumsisi " Khitan/sunat"



Sirkumsisi merupakan bahasa kedokteran dari Khitan atau biasa disebut dalam masyarakat sunat, dimana hal ini merupakan salah satu sunnah fitrah yang muakkadah( sangat diajarkan) dalam Islam. 


Sebagian ulama bahkan mempunyai pendapat bahwa Sirkumsisi “Khitan/Sunat “ merupakan suatu keharusan dan Wajib dilaksanakan oleh seorang pria muslim didasarkan pada Hadist : 


Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:

الفطرة خمس -يعني السنة خمس- الختان والاستحداد وقلم الأظافر وقص الشارب ونتف الإبط


Sunnah fitrah yang lima adalah khitan (sunat), istihdad (mencukur rambut kemaluan), memotong kuku, mencukur kumir, dan mencabut rambut ketiak” (HR. Bukhari 5889, Muslim 257).


Sirkumsisi “Khitan/Sunat “  dilaksanakan dengan memotong kulup yang terletak di atas zakar sampai kepala penis keluar serta menonjol. 


“Khitan/Sunat “  lebih utama bila dilaksanakan saat di umur kanak- kanak, Hal ini Karena Sunat memanglah lebih gampang dilaksanakan ketika masih kanak- kanak. 


Oleh karena itu pelaksanaan Khitan / Sunat Tidak boleh ditunda – tunda sampai umur baligh. Jadi kita harus menyegerakannya saat sebelum baligh. 

Manfaat Khitan Menurut Islam


Sirkumsisi “Khitan/Sunat “  merupakan hal yang tidak mempengaruhi kesuburan ataupun juga tidak mengurangi kenikmatan intim laki- laki serta pendampingnya. 


Bahkan Khitan / sunat ataupun dalam bahasa kedokteran diucap sirkumsisi ini, mempunyai banyak khasiat seperti proteksi dan menjaga dari penyakit intim serta peradangan saluran kencing, seperti papilloma virus( HPV) dan penyakit intim meluas semacam herpes ataupun sifilis.


Manfaat Khitan selanjutnya adalah membuat kesehatan alat kelamin Pria lebih sehat dan terpelihara. Alat kelamin Pria yang telah di Khitan akan lebih mudah dibersihkan, sehingga kesehatannya lebih terjamin dibanding yang tidak Khitan atau disunat. 
 

BERITA MENARIK : ALUTSISTA TNI


Menghindari agar terhindar dari penyakit pada alat kemaluan pria semacam perih pada kepala ataupun kulup penis yang disebut fimosis. 


Ini merupakan keadaan dikala kulup penis yang tidak disunat susah buat ditarik. Keadaan ini dapat menimbulkan radang pada kepala penis yang disebut peradangan saluran kencing yang bisa merujuk kepada permasalahan ginjal. 


Peradangan ini biasanya lebih kerap terjalin pada orang yang tidak menempuh sunat. Kurangi resiko kanker penis.



Khitan / Sunat juga dapat mengurangi resiko kanker serviks pada Istri. Dimana risiko terkena kanker serviks pada perempuan yang merupakan pendamping Pria yang telah melaksanakan sirumsisi menjadi berkurang. 


Walaupun demikian, laki- laki yang telah Khitan / sunat tetap wajib senantiasa melaksanakan hubungan atau ikatan intim yang sehat serta nyaman.

Pelaksanaan Sirkumsisi “ Khitan/Sunat “


Sirkumsisi “ Khitan/Sunat “ dapat dilaksanakan dengan cara operasi biasa ataupun juga dengan sunat laser. 


Khitan ataupun sirkumsisi telah dapat dilaksanakan satu hari ataupun dua hari sejak Sang Kecil dilahirkan. 


Di Indonesia, biasanya proses ini dilaksanakan dikala anak pria menduduki sekolah dasar. Yang jelas, melaksanakan Sirkumsisi “ Khitan/Sunat “ pada saat telah tumbuh dewasa akan makin rumit.

Proses penyembuhan Sirkumsisi “ Khitan/Sunat “


Proses penyembuhan setelah melaksanakan proses Khitan / Sunat dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa hal antara lain :


Menjauhi untuk melaksanakan aktivitas berat semacam latihan beban, diving, jogging, ataupun kebut - kebutan naik motor. 


Terdapat hal – jal yang harus dilaksanakan serta diajarkan pada anak – anak yang selesai melaksanakan dikhitan supaya cedera jadi cepat sembuh, ialah: Sehabis sunat, biasanya penis hendak bercorak merah, memar, serta bengkak. 


Proses penyembuhan luka Sirkumsisi “ Khitan/Sunat “ pada balita membutuhkan waktu dekat 10 hari . sedangkan luka pada anak- anak serta laki- laki berusia remaja, membutuhkan kurang lebih  sebulan untuk benar - benar sembuh. 


Proses pemulihan sehabis Sirkumsisi “ Khitan/Sunat “  hendak lebih aman bila penderita tidak menggunakan celana dalam serta memakai celana yang longgar ataupun sarung.

Kamu pula memakai petroleum jelly pada ujung penis sehabis sirkumsisi buat menghindari penis melekat di celana. 

BERITA JUGA : BLOG MILITER INDONSIA


Teratur kontrol ke dokter buat menjaga cedera. Senantiasa yakinkan kebersihan perlengkapan kelamin terpelihara buat menjauhi peradangan. 

Kamu boleh mandi setelah diperbolehkan dokter, tetapi jauhi mandi berendam. Penderita dapat komsumsi obat- obatan pereda rasa sakit buat kurangi perih.

Kesimpulan


Bahwa Sirkumsisi “ Khitan/Sunat “  selain merupakan hal yang dianjurkan bahkan diwajibkan dalam agama juga mempunyai banyak manfaat.


Dimana manfaat Sirkumsisi “ Khitan/Sunat “ itu bukan hanya untuk sang Pria yang melaksanakan Khitan / Sunat juga sangat bermanfaat terhadap wanita pendampingnya atau Istrinya.


Demikianlah Manfaat Khitan Dalam Islam  , Bagi Kalian yang suka terhadap artikel ini silahkan mengikuti BLOG MUSLIM atau jika ada Kritik dan saran harap dirulis di kolom Komentar.

Wassalamualaikum wr wb


TerPopuler