-->

Kemuliaan Kota Tarim, Kisah Kota Seribu Waliyullah

hpk

 

Kemuliaan kota tarim -

Kemuliaan Kota Tarim - Islamidina.id,- Assalamulaiakum wr wb. Wahai sahabat Media Islami  tahukah kalian ? Bahwa ada sebuah kota yang amat mulia selain Mekkah dan Madinah.

Kota tersebut bernama Tarim. Kota Tarim, Kota yang terletak di Hadramaut Yaman ini merupakan Kota yang sering dijuluki dengan kota seribu Waliyullah.

Pada Artikel sebelumnya kita sudah membahas dan membagiakan tentang Lirik Sholawat Ya Tarim, Kali ini yuk kita bahas tentang kemuliaannya.  

KEMULIAAN KOTA TARIM

Kemuliaan Kota Tarim dikarenakan bahwa di kota ini merupakan rujukan bagi seluruh umat muslim di dunia.

Banyak sekali Waliyullah dan ulama - ulama besar Islam yang berasal dari kota dengan 100 ribu penduduk tersebut.

Di Kota dengan luas 90.000 Km persegi ini anda akan melihat betapa Islam amat dihargai dan dihormati, hal ini dapat terlihat saat adzan berkumandang maka jalan jalan utama akan berangsur sepi. Lalu lintas akan mendadak lengang dan sepi,

Tak hanya jalanan, Pasar dan tempat - tempat keramaian lainnya akan berhenti berdagang dan beroperasi.

Semua orang dan masyarakat Kota Tarim akan meninggalkan semua kegiatan Duniawi mereka. 

Lalu semua akan beramai - ramai menuju masjid yang tersebar di kota.Dan Hal tersebut akan terjadi setiap adzan dikumandangkan atau kurang lebih 5 kali sehari.

Di Tarim Masjid tersebar di seluruh penjuru wilayah, tak kurang ada sekitar 360 masjid yang semuanya siap untuk menerima umat muslim dalam beribadah.

Jumlah masjid yang berjumlah 360 itu, sama seperti jumlah hari dalam setahun dalam penanggalan Hijriah.

Dengan jumlah sedemikian banyak jumlah masjid yang ada, amat cukup untuk menampung semua muslim di kota itu. 

dan saking banyaknya jumlah masjid dibanding dengan luas wilayah yang tak seberapa, maka anda akan melihat beberapa masjid hanyak berjarak beberapa meter.

Tarim adalah sebuah kota mungil. Di satu sisi, kota ini terlindungi oleh bukit-bukit batu terjal. Di sisi lain dikelilingi oleh perkebunan kurma.

Lokasi kota Tarim sekitar 1.150 km dari Sana’a, ibu kota Yaman. Sedangkan Yaman adalah negara terdekat dengan kota Mekkah dari jalur darat. 

Kota Tarim telah menjadi buah bibir para penuntut ilmu agama dari berbagai penjuru, termasuk juga Indonesia.

Kota ini juga menjadi idaman bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu fikih, tasawuf, tauhid, nahwu, luhgah, termasuk tarekat. 

Bagi mahasiswa Indonesia macam M. Abrar Ibnu Hajar, alumnus Ulumuddin Cunda, Lhokseumawe dan Mahasiswa Universitas Al-Ahgaff Tarim Hadramaut, ada banyak hal mengesankan di kota itu.

“ Begitu banyak hal menakjubkan yang saya dapati di kota ini yang belum pernah saya dapati di kota-kota lain. Di antaranya  keramahan, sopan santun, dan kelembutan hati para penduduknya,” tulisnya di sebuah media lokal Indonesia.

Mekah dan Madinah memang diyakini sebagai kota paling diberkahi di muka bumi. Keistimewaan kedua kota itu bahkan dijelaskan dalam Alquran. 

Namun ternyata selain kedua kota suci tersebut, ada pula kota lain yang diberkahi Allah dengan berbagai kemuliaan, Kota itu adalah kota Tarim.

Kota Tarim dianggap sebagai salah satu negeri yang paling diberkahi karena merupakan pusat berkumpulnya wali-wali Allah. Oleh sebab itu, kota ini pun terkenal dengan sebutan Kota Seribu Wali.

Sejak dulu, Tarim merupakan pusat Mazhab Syafi’i. Banyak tokoh Islam berasal dari kota ini, seperti Pemimpin Dar Al Mustafa Habib Umar bin Hafidz dan cendikiawan muslim, Habib Ali Al-Jufri.

Di antara sekian banyak kelebihan kota ini, satu yang paling membuatnya istimewa adalah di sini banyak tersebar anak cucu keturunan Rasulullah SAW.

Masyarakat di kota ini dirahmati dengan kebaikan dan perilaku yang mulia karena masih memiliki darah keturunan nabi. Keistimewaan kota ini pun diabadikan dalam banyak hadist. Bahkan, Rasulullah sangat menyanjung kenyamanan kota Tarim bersama keramahan penduduknya.

keistimewaan kota Tarim

Kota Subur di Jazirah Arab

Pemandangan Kota Tarim juga sangan indah. Kota yang kerap dijuluki sebagai Al-Ghanna, berarti suatu tempat yang sangat subur. 

Meski berada di tengah kawasan gurun tandus berpasir, kota ini diberkahi dengan pohon-pohon besar nan rimbun serta sumber-sumber air bersih.

Nabi Muhammad SAW bahkan pernah memuji keindahan Pemandangan Kota tarim ini dalam sabdanya, " Sesungguhnya aku benar-benar mencium harumnya karunia Tuhan yang Maha Pemurah dari Yaman. Berapa banyak mata air kemurahan dan hikmah yang terpancar dari sana."

Tarim dikenal pula dengan sebutan Madina As-Shiddiq. Sebab, di kota inilah sahabat Nabi Abubakar Ash-Shiddiq pernah meminta sumpah setia penguasa Tarim pada masa itu, yang bernama Ziyad bin Lubaid Al-Anshori beserta penduduknya. 

Sumpah setia ini yang menjadi muasal jaminan kesuburan dan keistimewaan serta Pemandangan Kota tarim yang Indah.

Karena sumpah setia itu, Abu Bakar berdoa secara khusus kepada Allah. Doanya seperti ini: “ Mudah-mudahan Allah memberikan kemakmuran untuk kota Tarim. Mudah-mudahan Allah memberkahi kesuburan tanah kota Tarim dan sumber airnya. Mudah-mudahan Allah memberkahi Tarim dengan banyaknya para ulama yang sholeh dan menjadikannya negeri yang subur akan awliya-Nya (para wali Allah).”

Keistimewaan lain dari kota ini adalah terdapatnya banyak masjid. Jumlahnya mencapai 360 buah, sesuai dengan jumlah hari dalam satu tahun.

Kini, Tarim menjelma menjadi sebuah kota kecil yang hening. Tak ada klakson kendaraan, gedung pencakar langit atau jenis kemewahan lain layaknya di kota-kota metropolitan. Tarim hanya kota mungil berpenduduk seratus ribu jiwa.

Di sini pemukiman penduduk masih didominasi oleh rumah-rumah yang terbuat dari tanah liat kering. Bahkan ada rumah yang berumur 400 tahun. Kota ini menawarkan suasana klasik yang kental. Jika kebanyakan kota-kota di kawasan Timur Tengah berhawa panas, maka tidak berlaku di tempat ini. Pepohonan rimbun yang tumbuh subur di sepanjang jalan membuat kota ini teduh.

Rujukan Islam Di Dunia

Salah satu kemuliaan kota Tarim adalah sebagai Rujukan Islam bagi seluruh umat islam di Dunia.

Hal ini ditunjukkan juga dengan Hadist mengenai Kota Tarim :

Hadist tentang kota tarim

Tak hanya sebagai rujukan dalam menacari Ilmu, Kemuliaan Kota Tarim lainnya adalah sebagai pusat penyebaran muslim ke seluruh dunia termasuk diantaranya Asia,

Selain itu, para ulama ini berdakwah hingga ke benua Afrika, Amerika, dan Eropa, memperkenalkan Islam dengan cara dan metode yang sangat mulia (bil hikmah wal mau'idhah hasanah), tanpa kekerasan, apalagi teror. 

Hal ini menyebabkan masyarakat setempat untuk benar benar merasakan esesensi dan hikmah agama Islam.

Dan secara tulus dan Ikhlash menganut agama Islam yang Rahmatan Lil Alamin, yaitu agama yang menjadi rahmat bagi seluruh dunia.

Fakta Kota Tarim juga masih terdapat banyak bangunan tua peninggalan peradaban Islam masa lalu. Mulai dari masjid-masjid tua, madrasah ulama, makam para wali dan orang saleh serta jejak-jejak peninggalan sahabat Nabi. 

Kurang lebih ada empat makam nabi yang berada di sekitar kota Tarim, yaitu makam Nabi Hud, Nabi Shaleh, Nabi Hadun, dan Nabi Handhalah. 

Fakta Kota Tarim Lainnya ada juga makam 70 sahabat tentara Perang Badar yang diutus Abu Bakar Assiddiq untuk membasmi pemurtadan di Kota Tarim, tepatnya dimakamkan di jantung kota Tarim yaitu di Zambal.

Dengan banyaknya sejarah terutama tentang perkembangan Islam, Dunia juga mengakui Tarim dengan penganugerahan sebagai pusat " Pusat Kebudayaan Islam Dunia " tepatnya di Tahun 2010.

Penghargaan tersebut diberikan  oleh organisasi resmi yang berada di bawah naungan OKI ( Organisasi Konferensi Islam ) yaitu ISESCO ( Organisasi Islam untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan )

Fakta Kota Tarim berikutnya juga dikenal sebagai pusat menuntut ilmu para alim ulama. Hingga sekarang, kota Tarim tetap eksis dalam memperkenalkan pemahaman-pemahaman Islam yang damai dan berfaham Ahlissunnah wal Jama'ah. Itu terbukti dengan banyaknya pelajar dan mahasiswa luar negeri, mulai dari Asia, terutama Indonesia, Afrika, hingga Eropa, yang menimba ilmu di kota ini.

Karena begitu mulianya kota Tarim, sampai sekarang banyak orang datang ke sana untuk mengambil berkah, menuntut ilmu hingga berziarah ke makam wali-wali Allah. 

Demikian lah hai sahabat sekilas cerita tentang kemuliaan Kota Tarim,  Sebagai salah satu Kota yang Istimewa dalam Islam selain Mekkah dan Madinah.

Serta Kumpulan sholawat Merdu : Sholawat Burikti, Lirik Sholawat Turi Putih Full Lengkap, Ya Tarim

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb.

 

 

0 Response to "Kemuliaan Kota Tarim, Kisah Kota Seribu Waliyullah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel