Amalan dan Doa Rebo Wekasan Bulan Safar -->

Amalan dan Doa Rebo Wekasan Bulan Safar

Selasa, 22 Oktober 2019, Oktober 22, 2019

amalan dan doa rebo wekasan
 

Islamidina.id,- Hai Sahabat Media Islami, Yuk kita kembai membahas bersama salah satu amalan yang populer di kalangan umat muslim Indonesia yaitu Amalan dan Doa rebo Wekasan. 

Rebo Wekasan 

Mungkin sebagian kalian ada yang pernah mendengar yang namanya rebo wekasan. Apa sih rebo wekasan itu? 
 
Rebo wekasan adalah hari rabu terakhir yang jatuh pada bulan safar dimana pada hari tersebut diturunkan 320.000 bala oleh Allah SWT.

Pada dasarnya Bulan Safar sama dengan bulan lainnya, Bukan merupakan Bulan Bala' atau Bulan Musibah.

Namun menurut sebagian ulama ahli ma'rifat dari golongan ahli mukasyafah dalam kitab “Kanzun Najah Wassurur” karya Syekh Abdul Hamid Al Qudsy, menerangkan bahwa “Setiap tahun Allah menurunkan bala’ ke dunia sebanyak 320.000 macam bala’ (malapetaka) untuk satu tahun”. 

Tepatnya bala’ itu turun pada Rabu terakhir dari bulan Shafar atau yang terkenal dengan sebutan “Rebo Wekasan” untuk satu tahun ke depan. Untuk itu beberapa ulama menyarankan kita untuk berdoa dijauhkan dari bala' pada hari Rebo Wekasan.

Orang sunda khususnya kaum ahlusunnah wal jamaah sering sekali melaksanakan acara malem rebo wekasan ini setiap malam rabu terakhir dibulan safar karna dengan keyakinan dan doa memohon kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari segala balahi.

Karna itulah saya akan membagikan amalan dan doa yang biasa dilakukan setiap malam rebo terakhir dibulan safar ini.

Doa Rebo Wekasan

Doa Rebo Wekasan

Sebelum masuk kepada pembahasan Doa rebo wekasan, ada 5 amalan yang dikutip oleh Dr.K.H E.S Mubarak, M.Sc, M.M, pimpinan pondok pesantren salafiyah terpadu Darussyifa Al - Fitroh Sukabumi.
 
Beliau menjelaskan ada 5 amalan penting ketika memasuki rebo wekasan atau rabu terakhir dibulan safar

  1. Pada hari malam rabu terakhir dianjurkan untuk kita membaca Surah Yasin sebelum waktu magrib.
  2. Setelah Shalat Magrib membaca kembali surah Yasin
  3. Membaca amalan ayat dalam surah Yasin ayat 58 "salamun qaulam min rabbin rahim" sebanyak 313x 
  4. Pada hari rabunya mandi dengan niat "nawaitul gusla lidafil bala lillahi ta'ala"
  5. Setelah shalat subuh sebelum melakukan dhuha melakukan shalat lidafil bala keterangan ada dibawah.
Ada juga amalan amalan tambahan seperti melaksanakan ziarah kubur dan dianjurkan untuk memperbanyaka sedekah karna ada keterangan yang menjelaskan bahwa sedekah itu dapat menolak bala menjauhkan kita dari berbagai macam musibah.

Artikel Menarik : Lirik Ya Tarim


Seperti keterangan yang disabdakan oleh Rasulullah SAW

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺍﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ﺗَﺮُﺩُّ ﺍﻟﺒَﻼَﺀ ﻭَﺗُﻄَﻮِّﻝُ ﺍﻟﻌُﻤْﺮَ 

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur”.

Amalan Rebo Wekasan

Selain Doa rebo wekasan diatasm ada amalan lain yang juga sangat dianjurkan oleh Para ulama, Khususnya oleh Ustadz Ubaidillah Arsyad sebagai Berikut :

𝟏. 𝐒𝐡𝐨𝐥𝐚𝐭 𝐒𝐮𝐧𝐧𝐚𝐡 𝐇𝐚𝐣𝐚𝐭 𝐚𝐠𝐚𝐫 𝐦𝐞𝐧𝐨𝐥𝐚𝐤 𝐛𝐚𝐥𝐚’ (𝐡𝐚𝐣𝐚𝐭 𝐥𝐢𝐝𝐚𝐟𝐢𝐥 𝐛𝐚𝐥𝐚’) 

Sholat dilaksanakan empat roka’at, baik dengan dua tahiyyat satu salam, dengan niat:

 َلاَعَتِِلِلٍتاَعَكَرَعَبْرَأِءَلََبْلاِعْفَدِلِةَجاَْلْاَةَّنُسْيِِّلَصُأ 

atau dua tahiyyat dua salam, dengan niat :

 َلاَعَتِِلِلِْيَْتَعْكَرِءَلََبْلاِعْفَدِلِةَجاَْلْاَةَّنُسْيِِّلَصُأ 

Setelah membaca Al-Fatihah, kemudian membaca Surat Al-Kautsar 17x, Surat Al-Ikhlash 5x, Surat Al-Falaq 1x dan Surat An-Nas 1x.

𝟐. 𝐌𝐞𝐦𝐛𝐚𝐜𝐚 𝐬𝐮𝐫𝐚𝐭 𝐘𝐚𝐚𝐬𝐢𝐢𝐧.

Sampai pada ayat “Salâmun Qoulan Min Robbil Rohîm” dibaca sebanyak 313 X lalu dilanjutkan ayat setelahnya sampai selesai.

𝟑. 𝐌𝐞𝐧𝐣𝐚𝐠𝐚 𝐚𝐝𝐚𝐛 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐦𝐨𝐡𝐨𝐧 𝐩𝐞𝐫𝐥𝐢𝐧𝐝𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐛𝐚𝐥𝐚'

Untuk mendapat perlindungan dari bala', bacalah bacaan berikut ini lalu tiupkan pada diri Anda beserta seluruh keluarga.
Syahadatain (3 kali), ucapkan, "Asy-hadu an laa ilaaha illa-Llaah wa asy-hadu anna Muhammadan `abduhu wa rasuuluh."
Astaghfirullah (300 kali), Ayat al-Kursi (7 kali), Surah Al-Fiil (7 kali)

𝟒. 𝐓𝐢𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥 𝐝𝐢𝐫𝐮𝐦𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐧 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐤𝐞𝐥𝐮𝐚𝐫 𝐫𝐮𝐦𝐚𝐡

Dianjurkan untuk tidak keluar rumah pada hari tersebut, khususnya antara Ashar dan Maghrib, tetapi bila seseorang harus pergi keluar rumah, ia harus menjaga adab dan segera kembali ke rumah ketika urusannya telah selesai.

𝟓. 𝐌𝐞𝐦𝐛𝐮𝐚𝐭 𝐀𝐢𝐫 𝐒𝐚𝐥𝐚𝐦𝐮𝐧

Air Salamun adalah air yang dimasuki ayat salamah untuk diminum agar terhindar dari bala’ yang akan turun dalam masa setahun. 

Ayat-ayat tersebut ditulis pada kertas putih kemudian dicelupkan ke air dan diminum dengan 5niat TABARRUK ( mengharapkan berkah ) dan hati tetap meminta kepada Allah.
 
Diantara ulama’ kudus – sebagaimana riwayat KH. M. Sya’roni Ahmadi pada saat ngaji tafsir jum’at fajar (11/11/2016) –yang rutin mengamalkan air salamun adalah Mbah Arwani Kajeksan, Mbah Ma’mun Langgardalem, Mbah Hisyam Janggalan dan Mbah Siraj Undaan.

Disebutkan dalam catatan kaki bab qunut nazilah hal. 67 kitab Nihayatuz Zain karya Syeikh Nawawi Aljawi Albantani yang merupakan syarah atau penjelasan dari kitab matan Fiqih Qurrotul ‘Ain cetakan Alawiyah Semarang.
 
Barang siapa yang menulis ayat salamah tujuh yaitu tujuh ayat Alqur’an yang diawali dengan lafal Salaamun, kemudian tulisan tersebut dilebur/direndam dengan air, maka barang siapa yang meminum air tersebut akan diselamatkan dari baliyyah/bala’ yang diturunkan.
 
Bisa juga memakai wifiq salamun yang terdiri dari “Qowluhul Haq, Walahul Mulku” (Q.S. Al An’am: 73) serta angka-angka tertentu yang dikelilingi tulisan ayat salamah. Wallâhu a'lam.

Tata Cara Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan

Tata cara melakukan shalat tolak bala / lidafil bala shalat ini dilakukan pada pagi hari sebelum melakukan duha sekitar jam set 7 dilakukan pada hari rabu terakhir di bulan safar atau yang sering kita kenal dengan rebo wekasan.

Tata cara nya adalah kita seperti halnya shalat biasa mengambil wudhu lalu melakukan sholat 2 rakat dengan niat

sholat tolak bala niat


Lalu pada rakaat pertama membaca al - fatihah dan membaca 
  1. Al Kautsar 17x
  2. Al Ikhlas 1x
  3. Al Falaq 1x
  4. An Nas 1x
Itu dilakukan sebanyak 2 rakaat seteleh itu seperti halnya sholat pada umumnya yaitu di akhiri dengan salam. lalu membaca doa rebo wekasan doa nya seperti berikut

  Doa Rebo Wekasan

doa rebo wekasan

Bismilahirrahmanirrahim wa shallallahu ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Allahumma ya syadidal quwa wa ya syadidal mihal ya azizu zallat li ’izzatika jami’u kholqika ikfini min jami-‘i kholqika ya muhsinu ya mujammilu ya mutafadhdhilu ya mun’imu ya mukrimu ya man la ilaha illa anta bi rahmatika ya arhamarrahimin. Allahumma bisirril hasani wa akhihi wa jaddihi wa abihi ikfini syarra hazal yauma wa ma yanzilu fihi ya kafiyal muhimmat ya dafi-‘al baliyyat fasayakfikahumullahu wa huwas sami’ul ‘alim. Wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azim. Wa shallallahu ta’ala ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wasallam.

“Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga shalawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan. Ya Tuhan Yang Maha Mulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu. Ya Tuhan Yang Maha Baik. Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan. Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau. Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang.

Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakeknya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya. Wahai Zat Yang Maha Mencukupi harapan dan Menolak bala’, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar, tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad Saw. beserta keluarganya dan para sahabatnya.” 


Itulah dia amalan amalan dan Doa rebo wekasan,Semoga bermanfaat dan menambah semangat kita untuk beribadah mendekatkan diri pada Allah SWT ... Aamiin.

TerPopuler