Amalan dan Doa Rebo Wekasan Bulan Safar

Amalan dan Doa Rebo Wekasan Bulan Safar

Tuesday, 22 October 2019, October 22, 2019

es mubarak yaspidaRebo Wekasan 

Mungkin sebagian kalian ada yang pernah mendengar yang namanya rebo wekasan. Apasih rebo wekasan itu? Rebo wekasan nyaeta hari rabu terakhir yang jatuh pada bulan safar dimana pada hari tersebut diturunkan 320.000 bala oleh Allah SWT.

Orang sunda khususnya kaum ahlusunnah wal jamaah sering sekali melaksanakan acara malem rebo wekasan ini setiap malam rabu terakhir dibulan safar karna dengan keyakinan dan doa memohon kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari segala balahi.

Karna itulah saya akan membagikan amalan dan doa yang biasa dilakukan setiap malam rebo terakhir dibulan safar ini.

5 Amalan Pada Rebo Wekasan

Sebelum masuk rebo wekasan ada 5 amalan yang dikutip oleh Dr.K.H E.S Mubarak, M.Sc, M.M, pimpinan pondok pesantren salafiyah terpadu Darussyifa Al - Fitroh Sukabumi beliau menjelaskan ada 5 amalan penting ketika memasuki rebo wekasan atau rabu terakhir dibulan safar

  1. Pada hari malam rabu terakhir dianjurkan untuk kita membaca Surah Yasin sebelum waktu magrib.
  2. Setelah Shalat Magrib membaca kembali surah Yasin
  3. Membaca amalan ayat dalam surah Yasin ayat 58 "salamun qaulam min rabbin rahim" sebanyak 313x 
  4. Pada hari rabunya mandi dengan niat "nawaitul gusla lidafil bala lillahi ta'ala"
  5. Setelah shalat subuh sebelum melakukan duha melakukan shalat lidafil bala keterangan ada dibawah.
Ada juga amalan amalan tambahan seperti melaksanakan ziarah kubur dan dianjurkan untuk memperbanyaka sedekah karna ada keterangan yang menjelaskan bahwa sedekah itu dapat menolak bala menjauhkan kita dari berbagai macam musibah.

Seperti keterangan yang disabdakan oleh Rasulullah SAW

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :  ﺍﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ﺗَﺮُﺩُّ ﺍﻟﺒَﻼَﺀ ﻭَﺗُﻄَﻮِّﻝُ ﺍﻟﻌُﻤْﺮَ 

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur”.

Tata Cara Sholat Tolak Bala

Tata cara melakukan shalat tolak bala / lidafil bala shalat ini dilakukan pada pagi hari sebelum melakukan duha sekitar jam set 7 dilakukan pada hari rabu terakhir di bulan safar atau yang sering kita kenal dengan rebo wekasan.

Tata cara nya adalah kita seperti halnya shalat biasa mengambil wudhu lalu melakukan sholat 2 rakat dengan niat

sholat tolak bala niat


Lalu pada rakaat pertama membaca al - fatihah dan membaca 
  1. Al Kautsar 17x
  2. Al Ikhlas 1x
  3. Al Falaq 1x
  4. An Nas 1x
Itu dilakukan sebanyak 2 rakaat seteleh itu seperti halnya sholat pada umumnya yaitu di akhiri dengan salam. lalu membaca doa rebo wekasan doa nya seperti berikut

Doa Rebo Wekasan

doa rebo wekasan

Bismilahirrahmanirrahim wa shallallahu ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Allahumma ya syadidal quwa wa ya syadidal mihal ya azizu zallat li ’izzatika jami’u kholqika ikfini min jami-‘i kholqika ya muhsinu ya mujammilu ya mutafadhdhilu ya mun’imu ya mukrimu ya man la ilaha illa anta bi rahmatika ya arhamarrahimin. Allahumma bisirril hasani wa akhihi wa jaddihi wa abihi ikfini syarra hazal yauma wa ma yanzilu fihi ya kafiyal muhimmat ya dafi-‘al baliyyat fasayakfikahumullahu wa huwas sami’ul ‘alim. Wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azim. Wa shallallahu ta’ala ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wasallam.

“Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga shalawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan. Ya Tuhan Yang Maha Mulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu. Ya Tuhan Yang Maha Baik. Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan. Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau. Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang.

Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakeknya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya. Wahai Zat Yang Maha Mencukupi harapan dan Menolak bala’, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar, tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad Saw. beserta keluarganya dan para sahabatnya.” 

Itulah dia amalan amalan dan doa pada malam rebo wekasan tolong share dan bagikan jika artikel ini bermanfaa selama beribadah ^_^

TerPopuler