Karomah Surat Al Fil Beserta Fadhilah dan Kisah

Karomah Surat Al Fil Beserta Fadhilah dan Kisah

Tuesday, 29 October 2019, October 29, 2019
fadhilah kandungan karomah surat al fil

ISLAMIDINA - Halo semua balik lagi bersama saya nih kali ini mimin mau ngangkat sebuah topik yang cukup menarik. Membahas tentang sebuah Surah yang ada didalam Kitab Suci kita yaitu Al Qur'an. Surah apakah itu? yup sesuai judulnya saya mau buat tentang karomah surat al fil.

Surah Al Fil merupakan surah ke 105 yang ada dalam Al Qur'an surah al fil ini memiliki banyak keutamaan yang sangat mendalam. Kali nanti kita akan bahas bersama mulai dari surah terjemah kandungan bahkan hingga karomah surat al fil. 

Biografi Surat Al Fil

Surat al fil merupakan surat yang diturunkan dikota mekah surat al fil termasuk kedalam golongan surat makkiyah kedudukan surat al fil dalam al qur'an adalah surat ke 105. Surat al fil turun sebelum surat al kafirun dan surah yang turun setelah surat al fil adalah surat al falaq.

Seperti yang dikutip dalam wikipedia 

Nama Al Fiil sendiri berarti Gajah yang diambil dari ayat pertama dari surat ini. Pembahasan surat ini adalah tentang kisah gagalnya usaha penghancuran Ka'bah yang dilakukan oleh Abrahah (raja yaman) dan 60.000 bala tentaranya, dalam tentara tersebut termasuk diantaranya 13 gajah (atau 9 dalam versi lain). Tahun terjadinya peristiwa ini juga dicatat dalam sejarah Islam sebagai Tahun Gajah.

Surat Al Fil Arab


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ

وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ

Surat Al Fil Latin

Bismillahirrahmanirrahim
  1. a lam tara kaifa fa'ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl
  2. a lam yaj'al kaidahum fī taḍlīl
  3. wa arsala 'alaihim ṭairan abābīl
  4. tarmīhim biḥijāratim min sijjīl
  5. fa ja'alahum ka'aṣfim ma`kụl

Terjemahan Surat Al Fil

Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
  1. Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?
  2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?
  3. dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,
  4. yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,
  5. sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Makna dan Kandungan Surat Al Fil

Kisah Penyerangan Abrahah dan Penamaan Tahun Gajah

Membahas kandungan qs surat al fil ini di dalam al quran dijelaskan dan diceritakan tentang usaha seorang pembelot yang tidak menyukai terhadap agama Allah yaitu Abrahah yang mencoba berusaha menghancurkan ka'bah. Namun sebagaimana yang dijelaskan dalam qs al fil tersebut Allah SWT tidak membiarkan Abrahah menghancurkan ka'bah sehingga diturunkan dan didatangkanlah segerombolan burung Ababil yang mana burung tersebut membawa krikil batu yang dibawa dari neraka lalu dilemparkanlah kepada pasukan bergajah abrahah tersebut.Sehingga binasalah para pasukan gajah tersebut gagal dalam niat menghancurkan ka'bah.

Karna kejadian tersebutlah sering didengar dan dinamakan sebagai tahun gajah karna sejarah mencatat bahwa pernah terjadi peristiwa penyerangan tentara bergajah dikota mekah pada saat itu.
Kejadian tersebut terjadi pada tahun 570 Masehi.

Lalu siapakah abrahah itu?

Biografi Abrahah

Dikutip dari wikipedia 

Abrahah (bahasa Arab: أبرهة), yang juga dikenal sebagai Abrahah al-Asyram (bahasa Arab: أبرهة الأشرم), adalah seorang jendral perang dari Kerajaan Aksum yang dikirim untuk menaklukan Kerajaan Himyar di jazirah Arabia Selatan, dan kemudian menjadi gubernur Himyar sebelum menyatakan diri sebagai kerajaan independen. Dalam tradisi Islam, nama Abrahah dikenal sebagai raja dari Arab Selatan yang gagal merebut Kabah di Mekah pada sekitar tahun 570 Masehi.

Riwayat Hidup Abrahah

Procopius pernah mencatat bahwa Abrahah itu dulunya adalah seorang budak yang datang dari pedagang Romawi tepatnya di pantai Adulis, Eritrea Disekitar Negara Abisnia.Namun
At Tabrani mengatakan bahwa Abrahah itu masih memiliki hubungan yang dekat dengan keluarga kerajaan Aksum

Tetapi tetap baik Procopius maupun At Tabrani beliau sepakat bahwa Abrahah merupakan salah satu jendral perang yang dikirim oleh Negus Kaleb dalam usaha penyerangan kerajaan Himyar yang dipimpin oleh Raja Dzu Nawas yaitu salah seorang pengikut yahudi.

Tidak terdapat catatan sejarah mengenai tahun kematiannya, meski dalam tradisi Islam diperkirakan Abrahah turut mati beserta seluruh pasukan gajahnya saat mencoba merebut Kabah dari tangah kaum Quraisy di Mekah pada 570 masehi. Kekuasaan Kristen di Arab Selatan memang musnah sekitar tahun tersebut, karena antara tahun 570/575 kelompok perlawanan masyarakat Arab di Yaman berhasil meminta bantuan raja Sasaniyah dari Persia serta para pangeran Arab dari kerajaan Lakhmi di Arab Utara untuk mengirimkan pasukan ke Arab Selatan. Kekaisaran Sasaniyah kemudian mengirimkan pasukan di bawah pimpinan Wahrij untuk membantu kelompok perlawanan bangsa Arab yang dipimpin Sayf bin Dzi Yazan, yang pada akhirnya mengusir orang-orang Aksum dari tanah Arab dan mengakhiri kekuasaan Kristen di Himyar.

Alasan Abrahah Menyerang Ka'bah

lantas apa alasan abrahah melakukan penyerangan ke ka'bah? diceritakan sebelum terjadi penyerangan Abrahah sudah membuat sebuah bangunan berupa katredal yang menyerupai ka'bah. Karna abrahah itu penasaran kenapa orang itu banyak yang berbondong bondong setiap hari menuju ka'bah karna itulah ia membuat saingan serupa seperti ka'bah. Alasannya karna jika banyak orang yang mengunjungi maka ketika mereka berjualan akan berpotensi menghasilkan penghasilan.

Namun sayangnya bangunan tersebut tidak bisa menandingi bangunan yang sangat istimewa yaitu ka'bah karna ia merasa geram maka ia pun memerintahkan dan memimpin pasukan bergajah untuk melakukan penghancuran ka'bah.

Karomah Surat Al Fil

adapun karomah surat al fil atau keutamaan fadhilah membaca surat ini dikutip dari website ini

KHASIAT DAN KEISTIMEWAAN DARI SURAT AL FIL

  • Apabila Surah Al-Fiil dibaca bersama Surah Al-Insyirah sesudah melakukan sholat subuh, yaitu pada rakaat pertama, setelah membaca Surah Al-Fatihah baca surah Al-Fiil, niscaya tidak ada tangan jahat yang dapat menjamahnya. Hanya syaratnya harus dilakuka secara rutin (istiqamah) dan terus menerus (mudawamah).
  • Apabila dibaca di dalam pertempuran, Insya Allah musuh akan lari dengan sendirinya karena dibayang-bayangi oleh perasaan takut yang mencekam. Lebih utama bila pemimpin pasukan tempur bersama-sama anak buahnya membaca surat ini.
  • Apabila ditulis pada (pecahan genting atau atap) waktu menulisnya dalam keadaan suci, lalu ditanam dirumah musuh yang dzalim (menanamnya ditempat yang tidak dipijak) maka rumah itu setiap saat seakan-akan dilempari batu sehingga menyebabkan orang yang dzalim tadi tidak sanggup tinggal dirumahnya. Keadaan seperti ini terus berlangsung selama pecahan genting tersebut belum diambil
  • Apabila dibaca 20x selama 7 hari akan disampaikan hajat yang pelik dan ganjil. Apabila dibaca 1,000x selama 40 hari akan dimurahkan rezeki dan disampaikan hajat.
  • Apabila dibaca 1,000x selama 10 hari jika selama hidupnya dibenci orang nescaya akan dikasihi.
  • Apabila dibaca 170x pada makanan atau gula-gula atau minyak wangi diberi pada wanita atau isteri dengan izin Allah Subhanahu wa Ta'ala dikasihi dan disayangi.
Begitulah karomah surat al fil yang dijelaskan maka dari itu kita sebagai umat muslim hendaklah mengetahui sejarah tentang islam.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan mudah mudahan artikel ini menjadi bermanfaat untuk saya khususnya dan untuk sahabat yang ikut membaca di website saya ini.

TerPopuler