Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab dan Artinya -->

Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab dan Artinya

Senin, 09 Desember 2019, Desember 09, 2019
Bacaan Ziarah Kubur Bahasa Arab dan Artinya - Blog Islami,- Setiap manusia pasti akan meninggal suatu saat nanti. Seperti dalam Al-Quran dijelaskan bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali hanya Alloh SWT. Manusia memiliki jangka waktu hidup sekitar 70-100 tahun.

Meski demikian, ada yang meninggal lebih cepat dan ada pula yang masih hidup di atas usia 100 tahun. Semua adalah rahasia Alloh SWT. Kita tidak tahu kapan nyawa kita akan diambil, kapan kerabat kita akan meninggal, kapan sahabat kita akan menutup mata.

Saat hari itu tiba, sebagai manusia yang masih hidup kita tidak boleh bersedih terlalu lama. Ikhlas dan Percayakanlah bahwa hal tersebut merupakan keputusan dan kehendak Alloh SWT yang terbaik untuk semuanya.

Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab dan Artinya

Tugas kita adalah mendoakan mereka yang telah meninggal dunia, baik pada saat baru meninggal, ketika dikuburkan, maupun ketika kita berziarah sebelum puasa ramadhan dan setelah melaksanakan sholat idul fitri.

Bacaan Doa Saat Berziarah

Saat berziarah, umat muslim disunnahkan untuk memperbanyak membaca ayat suci Al-Quran dan dzikir ketika berziarah untuk mendoakan para ahli kubur yang telah mendahului kita agar dosa mereka diampuni dan mereka ditempatkan di surga terbaik-Nya.

ويُستحب للزائر الإِكثار من قراءة القرآن والذكر، والدعاء لأهل تلك المقبرة وسائر الموتى والمسلمين أجمعين
Artinya:

"Kepada para peziarah disunnahkan memperbanyak membaca Al-Qur’an, dzikir, dan doa untuk para ahli kubur, seluruh orang yang telah meninggal dunia, dan umat Islam secara keseluruhan."

Secara umum, kita dianjurkan untuk banyak membaca ayat dalam Al-Quran. Dan berikut ini adalah rangkaian doa yang dapat dibaca pada saat berziarah :


·         Baca surat Al-Ikhlas tiga kali.
·         Baca surat Al-Falaq satu kali.
·         Baca surat An-Naas satu kali.
·         Baca awal surat Al-Baqarah satu kali.
·         Baca doa ayat kursi.
·         Baca surat yasin.
·         Baca doa tahlil.

Doa Ziarah Kubur

Pada baris terakhir, kita dianjurkan membaca doa tahlil. Doa tahlil in bermacam-macam, ada yang panjang dan ada yang pendek. Doa tahlil pada saat berziarah inilah yang disebut dengan doa ziarah kubur.
Untuk bacaanya, berikut ini ada satu dzikir pendek yang bisa dibaca pada saat mengunjugi makam atau kuburan. Berikut adalah lafadz, bacaan dan doa dalam bahasa Arab, latin serta terjemahan bahasa Indonesia.

1. Doa Ziarah Kubur Arab

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

2. Doa Ziarah Kubur Latin

Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Wa’fu ‘ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi’ Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa’i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A’idhu Min ‘Adzaabil Qabri.

3. Arti Doa Ziarah Kubur

"Ya Alloh, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

BACA JUGA : BERITA MILITER TERBARU

Demikianlah Bacaan Doa Ziarah Kubur lengkap Arab dan Artinya. Semoga bermanfaat dan tetaplah setia dengan Blog Islami ini untuk mendapatkan Berita dan Tips Islami lainnya. Wassalamualaikum Wr Wb.

TerPopuler