-->

Lirik Sholawat Hayyul Hadi Arab dan Latin Terjemahan

hpk
lirik-sholawat-hayyul-hadi
 
Hai Sahabat Muslim Indonesia Islamidina, Kali ini saya akan kembali membagikan lirik sholawat yang merdu yaitu Lirik Sholawat Hayyul Hadi Arab dan Latin Terjemahan.
 
Yup Benar ... Lirik sholawat hayyul hadi arab dan latin serta terjemahan. Semoga lirik ini bermanfaat dan menjadi syafaat jangan lupa untuk selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Lirik Sholawat Hayyul Hadi

حيوا الهادی بأجمل ذکری
Hayyûl hâdî bi ajmal dzikrô

صلوا معانا ياحضار
Shollû ma’ânâ yâ hudldlôr

فهو عمادی يوم المعاد
Fahuwa ‘imâdî yawmal ma’âdi

نبينا طه المختار
Nabiyyunâ Thôhal mukhtâr

صلوا معنا
Shollû ma’ânâ

هذا الذی سری ليلا
Hâdzâl-ladzî sarô laylân

ثم دنا فتدلی
Tsumma danâ fatadallâ

وهو بالأفق الأعلی
Wa huwa bil ufuqil a’lâ

حباه الواحد الستار
Habâhul wâhidus-sattâr

فهو عمادی يوم المعاد
Fahuwa ‘imâdî yawmal ma’âdi

نبينا طه المختار
Nabiyyunâ Thôhal mukhtâr
lirik-hayyul-hadi-sholawat

صلوا معنا
Shollû ma’ânâ

علی العرش رقی الجميل
‘Alâl ‘arsyi roqôl jamîl

وگلمه المولی الجليل
Wa kallamahul mawlâl jalîl

وقال ابشر ياخليل
Wa qôla absyir yâ kholîl

شفاعتك لمن تختار
Syafâ’atuk liman takhtâr

فهو عمادی يوم المعاد
Fahuwa ‘imâdî yawmal ma’âdi

نبينا طه المختار
Nabiyyunâ Thôhal mukhtâr

صلوا معنا
Shollû ma’ânâ

صلی مولانا عليه
Shollâ mawlânâ ‘alayh

والآل والصحب لديه
Wal ãli washshohbi ladaih

من جاهدوا بين يديه
Man jâhadû baina yadaih

ونوروا لنا الأفگار
Wa nawwarû lanâl afkâr

فهو عمادی يوم المعاد
Fahuwa ‘imâdî yawmal ma’âdi

نبينا طه المختار
Nabiyyunâ Thôhal mukhtâr

صلوا معنا
Shollû ma’ânâ

Shalawat khususnya hayyul hadi bagi orang yang ingin sampai kepada Allah bagaikan lampu penerang yang dapat menjadi hidayah yang dibutuhkan. Barangsiapa yang menghiasi hatinya dengan lampu shalawat, maka dia akan mampu melihat segala hakikat tauhid berkat cahaya terang shalawat tersebut.
lirik hayyul hadi

SHOLAWAT-SHOLAWAT AGUNG :

1. SHALAWAT NUR

Shalawat ini dari Sang Guru Mulia Al Habib Umar bin Hafidz bin Syeikh Abu Bakar bin Salim , sebagai amalan yang bisa dilaksanakan semua orang .
 
Beliau sudah memberikan ijazah 'ammah , setiap orang boleh mengamalkannya .
 
Selain itu fadhilah dari membaca Shalawat ini adalah untuk ketenangan batin , terang pikiran, cahaya hati dan dimudahkan mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah saw. Fadhilah teragung bagi yg istiqomah mengamalkannya adalah dijadikannya dzhohir dan batinnya selalu berkumpul bersama Rasulullah dalam setiap keadaan
Inilah bacaan Shalawat Nur :

ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ وسلم ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻧﻮﺭﻙ ﺍﻟﺴﺎﺭﻱ ﻭﻣﺪﺩﻙ ﺍﻟﺠﺎﺭﻱ
ﻭﺍﺟﻤﻌﻨﻲ ﺑﻪ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺃﻃﻮﺍﺭﻱ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺎ ﻧﻮﺭ

“ Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammad nuuri-kas saari wa madaadikal jaari wajma’nii bihi fi kulli athwaari wa ‘ala alihi wa shahbihi yaa nuur ”
 
Artinya :
 
“ Ya Allah , limpahkanlah shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad , sang cahaya-Mu yang selalu bersinar dan pemberian-Mu yang tak kunjung putus , dan kumpulkanlah aku dengan Rasulullah di setiap keadaanku ,
 
serta shalawat untuk keluarganya dan sahabatnya , wahai Sang Cahaya ”...
 
Shalawat tersebut bisa dibaca 1 kali setiap selesai membaca doa antara adzan dan iqomah, atau 10x tiap selesai Shalat Fardhu atau ketika malam menjelang tidur .
__________________________________________________

2. SHOLAWAT IBNU ABBAS


يَا دَائِمَ الْفَضْلِ عَلٰى الْبَرِيَّة
يَا بَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالْعَطِيَّة
يَا صَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّنِيَّة
صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ خَيْرِ الْوَرٰى سَجِيَّة
وَاغْفِرْ لَنَا يَا ذَا الْعُلٰى فِي هٰذِهِ الْعَشِيَّة

Yaa daaimal fadhli 'alal bariyyah
Yaa baasithol yadaini bil 'athiyyah
Yaa shoochibal mawaahibis saniyyah
Sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin khoiril waroo sajiyyah
Waghfirlanaa yaa dzal 'ulaa fii haadzihil 'asyiyyah
(Wahai Yang Selalu Memberi karunia pada makhluk-Nya.
Wahai yang tangan-Nya terbuka dengan pemberian-Nya.
Wahai Pemilik karunia yang mulia.
Sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.
(Beliau) adalah manusia yang terbaik.
Ampuni kami pada sore ini wahai Yang Maha Mulia)
Sholawat tsb diijazahkan Abah Guru Sekumpul melalui kitab beliau al Imdad, beliau mengatakan dibaca ketika hampir maghrib sebelum adzan 10 kali
🌷 Fadhilahnya ada di kitab An Nawadir hal 195

فائدة : عن رسول الله صلى الله عليه وسلم، قال : من قال ليلة الجمعة عشر مرات "يا دائم الفضل على البرية يا باسط اليدين بالعطية يا صاحب المواهب السنية صل على محمد و آله خير البرية واغفر لنا يا ذا العلى في هذه العشية" ، كتب الله له مائة الف الف حسنة، ومحا عنه الف الف سيئة، ورفع له الف الف درجة، وزاحم ابراهيم الخليل يوم القيامة فى قبته.
النوادر : ١٩٥

Sebuah Faidah : dari Rosulillah shollallahu 'alaihi wasallam :
"Barangsiapa yg membacanya 10 x, maka Allah mencatatkan baginya seratus juta kebaikan, dilebur darinya sejuta keburukan, diangkat baginya sejuta derajat, dan pada hari qiyamat berada dalam naungan kubah Nabi Ibrahim 'alaihis salam"
__________________________________________________

3. SHOLAWAT FATIH (PEMBUKA)

Susunan Syeikh Muhammad Syamsuddin Bin Abil Hasan Al Bakri ra:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammaddinil Fatihi Lima Ughliqo Wal Khotimi Lima Sabaqo, Nashiril Haqqi Bil Haqqi Wal Hadi Ila Shirotikal Mustaqim Wa Ala Alihi Haqqo Qodrihi Wa Miq Darihil Adzim.
“Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanmu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar - benar kekuasaannya yang Maha Agung. ”.

Berkata Syeikh.Ahmad Showi ra:
 
"Barang siapa membaca sholawat ini walaupun sekali saja seumur hidup nya,Niscaya ia tidak akan masuk neraka".
 
Berkata Sebagian Ulama2 Besar di Maroko:

انها نزلت عليه فى صحيفة من الله:

"Sesungguhnya ini sholawat langsung di turunkan di sebuah kertas dari Allah ta'ala kepada nya (Pemilik ini sholawat Syeikh Syamsuddin)".
 
"Satu kali membaca ini sholawat yaitu sebanding (sama) dgn 1000X bersholawat,ada yg mengatakan 60.000X"
 
"Apabila dibaca 1x sehari maka tidak akan mati su'ul khotimah"
 
"Barangsiapa membacanya 1 kali setiap selesai sholat fardhu maka akan dilapangkan kehidupannya dan kelak dibangkitkan bersama para Nabi, Syuhada'. Auliya dan orang2 soleh"
 
Berkata lagi Sebagian Ulama :
 
-Barang siapa mengekalkan membaca nya selama 40 hari,Niscaya Allah terima taubat nya dan Allah ampuni sgl dosa2 nya".
 
Berkata Syekh Amad Zaini Dahlan, "Sholawat fatih bersumber dari Syekh Abdul Qodir al Jilani sangat bermanfaat bagi orang yg berada di permulaan suluk, pertengahan maupun penghabisan, di dalamnya terdapat asror dan keajaiban yg mencengangkan akal dan barang siapa mengekalkan membaca nya setiap hari sebanyak 100X, niscaya dibukakan bagi nya HIJAB dan di anugrahkan ANWAR dan di tunaikan segala hajat nya.
_______________________________________________

4. SHOLAWAT NUR DZAT DARI SAYYIDI ABIL HASAN AS SYADZILI RA:


اللهم صلى وسلم وبارك على سيدنا محمد النور الذاتى والسر السارى فى سائر الاسماء والصفات

"ALLAAHUMMA SHOLLI WA SALLIM WA BAARIK ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADININ NUURIZ ZDAATI WAS SIRRIS SAARII FII SAA'IRIL ASMAA'I WAS SHIFAAT".
 
Diriwayatkan ada seorang pemuda yg suka membaca shalawat nur dzat setiap hari tanpa hitungan semata2 hendak mencintai Nabi saw. maka pemuda tsb berkali kali bertemu Rasulullah di dalam mimpinya,, .dia dalam mimpi juga dapat memeluk Rasulullah,. dan Rasulullah tersenyum mencium bibirnya...
 
Dikisahkan juga bahwa ada seseorang yg mengamalkan shalawat ini secara istiqomah maka bila malam hari ia selalu bermimpi dg para wali yg masyhur dan yg mastur...
 
dan ada lagi seorang kiai yg mengamalkan shalawat ini di daerah Jawa Barat.. beliau diberi Allah ilmu mengerti banyak bahasa meskipun sebelumnya tidak pernah belajar,,. di daerah Lamongan , Jawa Timur, seorang kiai didatangi banyak orang yg meminta air putih atau doa kesembuhan, banyak yg sembuh total dari penyakitnya berkat kiai tsb gemar mengamalkan sholawat nur dzat...
__________________________________________________

5. SHOLAWAT AHLUL MAHABBAH


اللهم صلى على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد صلاة تعدل جميع صلولت اهل محبتك وسلم على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد سلاما يعدل سلامهم

allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad sholatan ta'dilu jami'a sholawati ahli mahabbatik wa sallim ala sayyidina Muhammad salam ya'dilu salamahum
Ya Allah berikanlah sholawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebenar-benar sholawat yang menyamai seluruh sholawat ahli mahabbahMu dan berikanlah salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebenar-benar salam yang menyamai seluruh salam ahli mahabbahMu.
 
Diriwayatkan bahwa Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari khalifah Syekh Samman al Madani sangat gemar membaca sholawat ini. Kalam ahli makrifah mengatakan barangsiapa membaca sholawat tsb satu kali maka pahalanya seperti ia mengkhatamkan dalailul khoirot 70.ribu kali
___________________________________________________

6. SHOLAWAT DURRIL AZHAR


اللهم صلى على سيدنا محمد الدر الازهر واليقوت الاحمر والنور الاظهر والسر الله الاكبر

Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad addurril azhar wal yaqutil ahmar wan nuril adzhar wa sirrilllahil akbar
 
Ya Allah berikanlah sholawat kepada Sayyidina Muhammad mutiara yg paling indah, berlian merah, cahaya yang paling terang, dan rahasia Allah yg paling besar.
Kata Abah Guru Sekumpul, Barangsiapa mengamalkannya setiap hari 15 kali maka tidak sampai seminggu orang itu sudah bertemu Rasulullah saw
_____________________________________________________

7. SHOLAWAT AL-'ALIL QODRI


اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ نِالنَّــبِـــىِّ اْلأُمِّـــيِّ الْحَبِـــيْبِ الْعَالِىِّ الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allohumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadinin nabiyyil ummiyyil habiibil ‘aaliyyil qodril ‘dziimil jaah. wa ‘alaa aalihii wa shohbihii wa sallim.
 
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Sayyidina Muhammad, Nabi yang ummi, kekasih yang luhur derajatnya, yang agung pangkatnyaa, dan shalawat dan salam semoga juga selalu tercurahkan kepada keluarga serta sahabatnya.”
 
Berkata Syekh Romadhon Al Buthi "Redaksi sholawat alil qodri tsb langsung berasal dari Nabi saw."
Syaikh Husain Muhammad Syaddad Ba’Umar dalam kitabnya Kaifiyat al-Wushul Liru’yat Sayyidina al-Rasul Muhammad saw mengatakan,
 
"Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, seorang mufti Makkah al-Mukarramah berkata di dalam majmu’-nya yang terkumpul di dalamnya sejumlah shalawat atas Nabi saw.: ”Sesungguhnya salah satu bacaan utama yang banyak diucapkan oleh orang-orang soleh adalah bacaan sholawat al alil qodri yang barang siapa membacanya terus menerus pada malam jum’at meskipun satu kali, niscaya akan tersingkap baginya ruh yang menyerupai ruh Nabi saw. ketika dia akan meninggal dan masuk ke dalam kubur, dia akan melihat bahwa Nabi saw sendiri yg menguburkannya/ memasukkannya ke liang lahad.”
 
Sebagian orang soleh berkata: ‘Bagi siapa yang rutin membacanya setiap malam sepuluh kali dan pada malam jum’at sebanyak seratus kali, dia akan memperoleh karunia yang besar dan kebaikan yang melimpah dengan kehendak Allah Ta’ala.”
 
Demikianlah ulasan kita kali ini tentang Lirik Sholawat Hayyul Hadi Arab Latin dan terjemahannya, semoga bermanfaaf

0 Response to "Lirik Sholawat Hayyul Hadi Arab dan Latin Terjemahan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel