Ini 5 Lagu "Pemanggil" Setan Yang Populer di Indonesia

Ini 5 Lagu "Pemanggil" Setan Yang Populer di Indonesia

Monday, 20 January 2020, January 20, 2020
Tidak hanya adegan mengerikan, film horor pula identik dengan lagu- lagu pengiring yang membuat merinding. Lagu- lagu itu kerap digunakan bagaikan indikator datangnya setan.

Lantunan musik yang diputar dikala atmosfer mencekam itu acapkali sukses membuat bulu kuduk meremang. Lagunya tidak butuh mengerikan. Tetapi konteks pemutaran lagu itu, yang umumnya bersamaan dengan adegan mengerikan ataupun kemunculan setan, buatnya identik dengan hantu.

Sineas film horor sekelas James Wan juga mengakui berarti suara serta lagu dalam penciptaan film bila mau sukses menggugah adrenalin pemirsa.“ Keduanya[gambar serta suara] berarti, tetapi jika dimohon memilah salah satu aku lebih memilah suara, sebab itu berikan ketegangan di film,” katanya.



Islamidina. ID Sudah memilah 5 lagu ikonis dari horor Indonesia yang menakutkan serta identik dengan kedatangan dedemit. Lagu- lagu ini dapat jadi opsi menemani malam Halloween nanti.

Mantra Jelangkung - Jelangkung

Jelangkung jelangsat
Di sini ada pesta
Pesta kecil-kecilan
Jelangkung jelangsat
Datang tidak diundang
Pergi tidak diantar

Nyanyian mantra Jelangkung ini terkenal lewat film Jelangkung (2001), yang dianggap sebagai kebangkitan horor Indonesia era milenium pasca Orde Baru. Mantra ini digunakan dalam permainan tradisional untuk memanggil arwah makhluk halus.

Lingsir Wengi - Kuntilanak

Lingsir wengi
Sepi durung biso nendro
Kagodho mring wewayang
Kang ngreridhu ati

Syair Jawa ini diyakini memiliki kekuatan magis saat dinyanyikan. Lagu ini kian populer ketika Julie Estelle menyanyikannya untuk memanggil kuntilanak di film Kuntilanak.

Sebenarnya, Lingsir Wengi merupakan syair yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga dan digunakan untuk menolak bala dan mengusir perbuatan makhluk gaib yang ingin mengganggu.

Hanya saja, makna lagu ini berkembang sebaliknya. Liriknya yang dalam serta lantunan pelan diiringi alat musik tradisional membuatnya menakutkan dan justru identik dengan kedatangan hantu.

Antara Ada dan Tiada - Di Sini Ada Setan

Kau hanya mimpi bagiku
Tak untuk jadi nyata
Dan sgala rasa buatmu
Harus padam dan berakhir

Kan selalu
Ku rasa hadirmu
Antara ada dan tiada

Bagian lirik 'antara ada dan tiada' menguatkan gambaran sosok hantu yang misterius.

Tembang milik Utopia ini merupakan pengiring untuk serial Di Sini Ada Setan yang hit pada 2003 lalu. Kesuksesan serial horor ini membuat Di Sini Ada Setan diangkat ke layar lebar.

Boneka Abdi - Danur: I Can See Ghosts

Abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka
Teu kinten saena sareng lucuna
Ku abdi di erokan, erokna sae pisan
Cing mangga tingali boneka abdi

Lagu milik band Sarasvati ini diciptakan oleh sang vokalis Risa Saraswati, seniman yang juga punya kemampuan berkomunikasi dengan makhluk gaib. Dia bersahabat dengan ‘kawan-kawan’ hantunya yang merupakan anak-anak di zaman kolonial.

Menurut Risa, lirik yang juga disematkan dalam lagu Story of Peter ini digemari oleh anak-anak Belanda yang dulu tinggal di Indonesia. Oleh karena itu, Risa dan ‘kawan-kawannya’ sepakat menggunakan lagu Boneka Abdi sebagai kode jika ingin bermain bersama.

Setiap kali Risa ingin bermain dengan ‘teman-temannya’ itu, dia menyanyikan Boneka Abdi.

Kisah pertemanan Risa itu diangkat dalam film Danur: I Can See Ghosts. Boneka Abdi menjadi salah satu lagu pengiringnya.

Kelam Malam - Pengabdi Setan

Di kesunyian malam ini
Ku datang menghampiri
Dirimu yang pernah berjanji
Sehidup dan semati

Tiap kali lagu dari The Spouse ini bersenandung, menandakan hantu ibu yang menyeramkan datang. Sentuhan musik ’60-an di lagu ini semakin memberi kesan kuno dan mistis. Lagu pengiring ini lekat dengan sosok ibu yang meneror keluarganya sendiri setelah kematiannya.

TerPopuler