Ponpes Yaspida Sukabumi Persiapkan Ziarah Wali Songo 2020 Angkatan 43/18

Ponpes Yaspida Sukabumi Persiapkan Ziarah Wali Songo 2020 Angkatan 43/18

Sunday, 5 January 2020, January 05, 2020
Pondok Pesantren Salafi Terpadu Darussyifa Al Fitroh Perguruan Yaspida Sukabumi dibawah Pimpinan Dr. K.H. E. Supriatna Mubarak, M.Sc, M.M, sedang melakukan persiapan untuk penziarahan ke Makam Walisongo. Ziarah tersebut merupakan aktivitas rutin setiap tahun yang dilakukan oleh Ponpes Yaspida Sukabumi. Pada tahun ini direncanakan akan melakukan ziarah pada tanggal 9 Januari 2020.


Ziarah ini dilakukan oleh seluruh santri di Pondok Yaspida Sukabumi angkatan 43/18 baik SLTA maupun SLTP. Peserta ziarah kali ini sesuai data yang ada yaitu 780 Peserta ada kemungkinan bertambah kembali. Dan bis yang telah dipesan sebanyak 13 Bis dengan kapasitas 60-70 orang perbis.

Ziarah ini akan dilaksanakan pemberangkatan dari pondok sebelum waktu subuh, pada hari kamis 9 januari 2020. Dan akan langsung berangkat menuju Cirebon.

Diperkirakan ziarah tersebut berlangsung selama kurang lebih 1 minggu dari mulai tanggal 9 Januari sampai 15 Januari paling lama.

Persiapan ziarah sudah dilakukan pembinan oleh Pimpinan Pondok Pesantren dimana beliau menjelaskan tentang apa itu ziarah dan bagaiman keluh kesah susah senangnya ziarah bersama beliau.

Terhitung ini ziarah ke 20 Pondok Pesantren Yaspida dan ini peserta yang paling banyak di angkatan 43.18 ini sebanyak 780±.

Di umur yaspida yang ke 20 ini semoga ini menjadi momentum indah untuk meraih keberkahan dengan esensi ibadah yang dilakukan melalui ziarah wali songo ini.

Peserta ziarah ini pun banyak juga yang dari kalangan santri kelas 1/2 angkatan 19/20 di Yaspida ini sehingga ini merupakan ziarah yang bisa di ikuti oleh seluruh santri yang ada di Yaspida Sukabumi Ini.

Adapun nama nama wali yang akan di ziarahi sebagai berikut
Dari nama para Walisongo tersebut, pada umumnya terdapat 9 nama yang dikenal sebagai anggota Walisongo yang paling terkenal, yaitu:


  • Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim
  • Sunan Ampel atau Raden Rahmat
  • Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim
  • Sunan Drajat atau Raden Qasim
  • Sunan Kudus atau Ja'far Shadiq
  • Sunan Giri atau Raden Paku atau 'Ainul Yaqin
  • Sunan Kalijaga atau Raden Syahid
  • Sunan Muria atau Raden Umar Said
  • Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah


Dan kegiatan tersebut ada rencana penambahan ziarah ke makam Syaikh Kholil Bangkalana di Madura namun itu masih dalam proses diskusi dengan pimpinan Pondok.

Lalu puncak kegiatan tersebut seluruh santri akan diberikan waktu untuk refreshing di Monumen

Borobudur untuk menikmati suasana akhir.
Lalu akan kembali pulang kepondok setelah semua selesai kembali melanjutkan perjuangan dengan mengharapkan keberkahan.

Esensi daripada ziarah yang dilakukan ini semata mata untuk mencari keberkahan melalui para Aulia Allah. Agar hidup menjadi mudah dalam melangkah.

Seperti yang dikutip oleh bapak pimpinan ada 4 Cakupan yang terdapat pada ziarah yang akan dilakukan tersebut

1. Ibadah

Semata mata mengharapkan rido Allah dengan keberkahan para Aulia, Esensi paling mendasar yang dilakukan semata mata hanya untuk beribadah kepada Allah.

2. Tarbiyah

Pembelajaran kepada para santri cara metoda dalam melakukan penziarahan kubur untuk bekal mereka ketika hendak terjun kepada masyrakat

3. Jam'iyah

Kebersamaan di akhir tahun pembelajaran santri ini merupakan momen kebersamaan yang sangat di nantikan karna disini kita akan mengukir Catatan Akhir Pondok

4. Barokah

Mengharap berkah setelah ziarah itu merupakan sasaran yang diharpkan oleh para Santri ponpes yaspida sukabumi ini.

Semoga para santri dapat diberikan kesehatan dan limpahan kekuatan untuk senantiasa melakukan ziarah sesuai dengan yang diharapkan.

Agkatan 43/18 selalu kompak jaya dan maju. Salam hangat kepada seluruh komponen Yaspida baik karyawan maupun alumni untuk selalu komitmen dalam berjuang dari kami Angkatan 43/18.

TerPopuler