-->

Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam

hpk
Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam, Kisah Mbah Sholeh memang sangat terkenal sebagai sosok yang biasa menjaga kebersihan.

Masjid Ampel tak asing lagi bagi warga muslim Indonesia, khususnya Surabaya. Masjid peninggalan Sunan Ampel itu jadi salah satu pusat penyebaran Islam kala itu. Karena sudah dibangun pada zaman Sunan Ampel, tak heran jika masjid ini diposisikan sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia.

Banyak cerita unik yang melekat pada masjid ini. Selain cerita Mbah Bolong yang bisa melihat Kakbah hanya dengan melubangi pengimaman masjid tersebut, ada juga kisah Mbah Sholeh, tukang sapu masjid yang meninggal 9 kali. 9 makam yang terletak di samping Masjid Ampel pun kesemuanya merupakan makam Mbah Sholeh.

Dikisahkan bahwa selain sebagai santri Sunan Ampel yang taat dan setia, Mbah Sholeh merupakan santri yang rajin sebagaimana dikutip brilio.net dari buku "Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual" terbitan Kompas, Senin (22/6). Sifat rajinnya itu ditunjukkan dengan tak pernah melewatkan harinya untuk membersihkan masjid. Bahkan bisa dikatakan dia adalah tukang sapu atau tukang bersihnya masjid.

Tak banyak catatan yang menyebut siapa sebenarnya Mbah Soleh, salah seorang murid Sunan Ampel. Konon ada sembilan makam yang berada di selatan Masjid Ampel adalah makam Mbah Soleh. Dengan kata lain banyak yang menganggap Mbah Soleh meninggal sebanyak sembilan kali.

Konon, Mbah Soleh adalah santri Sunan Ampel yang bertugas sebagai tukang bersih-bersih di Masjid Sunan Ampel.

"Siapa sebenarnya Mbah Soleh, dari mana asalnya hingga kapan lahirnya tidak ada catatan. Yang jelas Mbah Soleh ini adalah salah seorang murid Sunan Ampel," kata M Baidowi Muri, Pembantu Takmir Masjid Ampel, Surabaya kepada penulis.

Hasil gambar untuk makam mbah soleh
Sejak Mbah Soleh meninggal tidak ada santri yang sanggup menggantikan pekerjaan Mbah Soleh. Para santri tidak se-rajin dan se-ulet Mbah Soleh. Sehingga masjid Ampel terlihat berdebu.

Kemudian, Sunan Ampel berharap jika Mbah Soleh masih hidup maka masjid akan terlihat bersih. Konon Sunan Ampel berharap tersebut hingga sembilan kali.

Sebagaimana seorang manusia, sosok mirip Mbah Soleh ini suatu saat juga mengalami mati. Ketika Sunan Ampel berharap, kemudian muncul lagi sosok mirip Mbah Soleh lainnya. Begitu seterusnya hingga sebanyak sembilan kali. Kisah Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam

Mbah Sholeh memang sangat terkenal sebagai sosok yang biasa menjaga kebersihan. Hal itu banyak diakui teman sesama santri dan juga Sunan Ampel, gurunya sendiri.

Hingga suatu hari ajal datang menjemput Mbah Sholeh. Jasadnya kemudian dimakamkan di samping masjid. Sepeninggal Mbah Sholeh, Sunan Ampel tak juga menemukan sosok pengganti yang bisa serajin Mbah Sholeh. Masjid jadi kurang terurus dan kotor. Saat itulah Sunan Ampel tiba-tiba ingat dengan Mbah Sholeh dan bergumam dalam hari. "Kalau Mbah Sholeh masih ada, masjid pasti bersih," gumam Sunan Ampel.

Seketika itu tiba-tiba sosok serupa Mbah Sholeh muncul dan menjalankan rutinitas yang biasa dilakukan Mbah Sholeh, yakni membersihkan masjid. Tapi tak lama sosok itu meninggal lagi dan dimakamkan di samping makam Mbah Sholeh sebelumnya.

Peristiwa tersebut terulang hingga sembilan kali. Menurut cerita, Mbah Sholeh baru benar-benar meninggal setelah Sunan Ampel wafat. Setiap meninggal, Mbah Sholeh selalu dimakamkan di samping makam yang sebelumnya. Karena meninggal hingga 9 kali, maka makamnya yang ada di samping Masjid Ampel pun ada 9.

0 Response to "Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel