-->

Keutamaan Karomah Kisah Fadhillah Surat Al Kahfi

hpk

Assalamualaikum wr wb Sahabat Blog Muslim Indonesia Islamidina, kembali kita bahas salah satu keutamaan dan Karomah surat dalam Al Quran, Tepatnya yaitu Keutamaan Karomah Kisah Fadhillah Surat Al Kahfi. Ikuti terus ya !!!

Keutamaan Karomah Kisah Fadhillah Surat Al Kahfi
Keutamaan Karomah Kisah Fadhillah Surat Al Kahfi
 

Keutamaan Karomah Kisah Fadhillah Surat Al Kahfi

Surah Al-Kahf (bahasa Arab:الكهف, al-Kahf, "Gua") disebut juga Ashabul Kahf adalah surah ke-18 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 110 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah. 
 
Dinamai Al-Kahf dan Ashabul Kahf yang artinya Penghuni-Penghuni Gua. Kedua nama ini diambil dari cerita yang terdapat dalam surah ini pada ayat 9 sampai dengan 26, tentang beberapa orang pemuda (The Seven Sleepers) yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya. 
 
Selain cerita tersebut, terdapat pula beberapa cerita dalam surat ini, yang kesemuanya mengandung pelajaran-pelajaran yang berguna untuk kehidupan manusia. Terdapat beberapa hadits Rasulullah SAW yang menyatakan keutamaan membaca surah ini. Merupakan yang dikitup dari wikipedia


Dalam surat ini terdapat titik tengah Al-Qur'an yang membelah isi Al-Qur'an menjadi dua bagian.

Pendapat Ulama Tentang Surat Al Kahfi

Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bhawa membaca surat al kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi.

Dalam sudut pemanfaatan moment maka membaca surat Al-Kahfi inilah yang lebih utama dan lebih tepat dengan perintah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Baca Juga : REKRUTMEN TNI

Para imam mengatakan, sunah membaca surah al-Kahfi pada hari Jumat dan malamnya.

Ibnu Qudamah di dalam kitab al-Mughni berkata, “Disunahkan membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat.” Wallahu a’lam bish shawab.

Faedah lainnya surat Al-Kahfi yang sudah diterangkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yaitu untuk mencegah fitnah Dajjal.

Keutamaan Dan Khasiat Surat Al Kahfi

Seorang ulama, Dr. Muhammad Bakar Ismail dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bhawa membaca surat al kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi.
 
Ada banyak keutamaan Surat Al Kahfi sehingga sangat dianjurkan untuk selalu dibaca khususnya pada hari jumat, seperti dijelaskan dalam beberapa hadist berikut :
 
Dari Abu Said al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR. ad-Darimi  3470 dan dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Dalam riwayat lain, beliau bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim 6169, Baihaqi  635, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’, no. 6470)

Bahkan, karena kuatnya pengaruh cahaya yang Allah berikan, orang yang memperhatikan surat Al-Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal. Dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَا


Dari keterangan di atas, jadi telah sepantasnya kita jadi orang muslim selalu untuk mengamalkannya, yakni membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jum’at.

Murotal Surat Al Kahfi


Keutamaan Surat Al-Kahfi lainnya yang telah dijelaskan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah untuk menangkal fitnah Dajjal.

Kedua, dengan selalu istiqamah membaca surat al-Kahfi seseorang akan terhindar dari rasa gelisah. Surat Al-Kahfi merupakan salah satu surat Al-Quran Al-Karim yang mempunyai keagungan dan keutamaan dibanding beberapa surat yang lain.

Hingga Muraja’ah itu pun akhirnya membuatnya luput membaca Surat Al-Kahfi. Salah satu amal ibadah yang diistimewakan pelaksanaannya pada hari Jum’at yaitu dengan membaca surat Al-Kahfi. 
 
Berikut ini saya akan menyebutkan beberapa dalil dari para tokoh-tokoh islam yang menyebutkan perintah membaca surat Al-Kahfi beserta keutamaannya.

Beliau menamakan salah satu babnya dengan bab keutamaan surah Al-Kahfi dan ayat Kursi.

“Barang siapa yang hafal sepuluh ayat pertama surat Al-Kahfi, akan dijaga dari dajjal.” (HR Muslim).

Doa Ashhabul Kahfi ini, menjadi salah satu sebab Allah merahmati Ashahbul Kahfi, dan Allah menidurkan mereka di gua itu sampai 309 tahun (ayat ke-25 surat al-Kahfi), sampai dibangunkan Allah kemudian dengan penuh keheranan.

Pada banyak akun dakwah kamu juga pasti akan mendapati mereka memasifkan untuk membaca surat al-kahfi di hari Jum’at.

Ditemukan anjuran membaca selain Surat al-Kahfi dalam beberapa hadits, meski kualitas sanadnya tidak sebaik anjuran membaca Surat al-Kahfi.

Baca selengkapnya dalil tentang sunnah membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat di sini. Barang siapa membaca surah al-Kahfi, baik di awal, akhir, atau bagian mana saja maka Allah akan menjaganya dari fitnah dajal. Beliau menamakan salah satu babnya dengan bab keutamaan surah al-Kahfi dan ayat Kursi.

Kisah Ashabul Kahfi

Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menyebutkan bahwa diantara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi.

Jumlah ayat pada surat Al-Kahfi adalah sebanyak 110 ayat.

“Barang siapa yang hafal sepuluh ayat pertama surat al-Kahfi, akan dijaga dari dajal.” (HR Muslim). Surat Al-Kahfi sendiri merupakan surah ke-18 di Alquran dan terdiri dari 110 ayat. 
 
Imam al-Nasa’i meriwayatkannya dari Tsauban, dari Rasululllah Saw, “Barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir surah Al-Kahfi maka hal tersebut akan menjaganya dari dajjal.” (HR Muslim).

betapa banyak fadhilah yg kita dapatkan setelah mengamalkan surat Al-Kahfi ini selain mendapat ganjaran pahala dari setiap huruf Al-Qur’an yg kita baca kita pun akan mendapatkan fadhilah sesuai keterangan hadits diatas .

 betapa banyak fadhilah yg kita dapatkan setelah mengamalkan surat Al-Kahfi ini selain mendapat ganjaran pahala dari setiap huruf Al-Qur’an yg kita baca kita pun akan mendapatkan fadhilah sesuai keterangan hadits diatas .

Artikel Menarik: GOOGLE NEWS

Mayoritas ulama mengatakan, surat Al-Kahfi Allah turunkan sebelum hijrah. Imam al-Nasa'i meriwayatkannya dari Tsauban, dari Rasululllah, “Barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir surah al-Kahfi maka hal tersebut akan menjaganya dari dajal.” (HR Muslim). “Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.”

Yakni dari huru-haranya. Surat Al-Kahfi sendiri merupakan surat ke-18 di Alquran dan terdiri dari 110 ayat. Landasan dari disunnahkannya surat Al-Kahfi untuk dibacakan di hari Jum’at terdapat pada hadist Nabi SAW. (Pada Malam Jumat, Lebih Utama Membaca Surah Yasin atau Al-Kahfi?)Surah-surah ini jika tidak memungkinkan dibaca pada malam Jumat, maka dianjurkan untuk dibaca keesokan harinya atau pada hari Jumat.

Tentu selain surah al-Dukhan, masih terdapat beberapa surah lagi yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada malam Jumat, termasuk surah Yasin, surah al-Kahfi, al-Baqarah, Ali Imran, dan surah Hud. Barangsiapa yang menjaga sepuluh ayat dari permulaan surah al-Kahfi (ayat 1-10), maka ia akan dijaga dari godaan Dajjal. Para imam mengatakan, sunah membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat dan malamnya.

Dan, doa ayat ke-10 dari surat al-Kahfi ini bisa menjadi salah satu perisai untuk mengetuk rahmat Allah. Tersebut sebagian Faedah serta Keutamaan Hari Jum’at Membaca Surat Al-Kahfi yang bisa kami berbagi seperti diambil dari situs Voa Islam.
 
Akhir Kata 
 
Nah sekarang sahabat semua sudah tahu kan Khasiat, Keutamaan, Karomah, Kisah, Fadhillah Surat Al Kahfi.
 

Serta Kumpulan sholawat Merdu : Sholawat Burikti, Lirik Sholawat Turi Putih Full Lengkap, Ya Tarim

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel tentang Keutamaan Karomah Kisah Fadhillah Surat Al Kahfi ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb.

0 Response to "Keutamaan Karomah Kisah Fadhillah Surat Al Kahfi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel