-->

Manfaat dan Karomah Surah Al Jin

hpk
Assalamualaikum wr wb ... Poro Sedulurr Muslim yang Insyallah selalu berada dalam lindungan dan Ridho Allah SWT. Kita akan kembali membahas tentang keutamaan Surat - Surat dalam Al Quran, dimana kali ini kita akan membahas surat ke 72 yaitu Manfaat dan Karomah serta Khasiat Surah Al Jin. Simak Terus ya !!
 
Manfaat-dan-Karomah-Surah-Al-Jin

Pertama kali mendengar bahwa nama Surat ini adalah Al Jin, tentunya kita semua telah mengetahui bahwa Surat ini akan menjelaskan tentang Makhluk Ghoib Bernama Jin.
 
Jin merupakan Makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT yang mempunyai tujuan dengan sama manusia yaitu Beribadah. 
 
Jin secara bahasa atau Harfiah berarti tersembunyi atau tak terlihat, Sehingga memang sudah menjadi Kodrat bahwa Manusia tidak dapat Melihat Jin.
 
Dahulu Jin mempunyai beberapa keutamaan dibanding manusia diantaranya adalah menduduki beberapa tempat di langit, sehingga mampu mendengarkan berita - berita dari Allah SWT.
 
Keutamaan jin ini berlangsung hingga hadirnya Rosulullah SAW, dimana setelah itu Jin tak dapat lagi mendengar berita - berita dari Allah SWT karena adanya barisan - barisan penjaga. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Surat Al Jin ayat 9 :
 
وَأَنَّا كُنَّا نَقْعُدُ مِنْهَا مَقَٰعِدَ لِلسَّمْعِ ۖ فَمَن يَسْتَمِعِ ٱلْءَانَ يَجِدْ لَهُۥ شِهَابًا رَّصَدًا 
 
Arab-Latin: Wa annā kunnā naq'udu min-hā maqā'ida lis-sam', fa may yastami'il-āna yajid lahụ syihābar raṣadā 
 
Terjemah Arti: Dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya). ( Sumber : Tafsir Web )
Sama dengan Surat - surat dalam Al Quran lainnya surat ini tentunya juga mempunyai keutamaan dan Karomah serta Khasiat yang Khusus.

Banyak timbul pertanyaan apakah dengan membaca Surat Al Jin kita bisa datangkan Jin, mengusir Jin ?

Mau Tahu ? Ikuti terus pembahasan tentang surat Al jin ini hingga selesai agar tidak tertinggal tentang pembahasan yang akan diterangkan.

Isi Surat Al Jin

Sebelum membahas Manfaat dan Karomah serta khasiat Surah Al Jin, Baiknya kita memahami dulu isi surah Al Jin itu sendiri.

Dalam surat ini menjelaskan tentang kisah dimana sekumpulan Jin yang mengakui Kebesaran dan kekuasaan Allah SWT serta berjanji untuk tidak menyekutukannya setelah diperdengarkan ayat - ayat suci Al Quran pada mereka.

Selain itu dalam surat Al Jin juga mengkisahkan bahwa adanya sekelompok Pria yang meminta bantuan Jin untuk menyelesaikan segala perkaranya dan hal ini akan makin membuat mereka lebih jauh dari Allah SWT.

Artikel Pilihan :  Manfaat Surat Al Waqiah

Selain itu Surat Al Jin juga menjelaskan bahwa Jin juga makhluk layaknya manusia dimana mereka terdiri dari beberapa golongan dan diantara golongan tersebut ada yang beriman pada Allah SWT dan sebagian lainnya masih tertutup dari hidayah Islam atau biasa disebut Kafir.

Surat ini merupakan peringatan bagi manusia dan jin untuk terus beriman dan bertaqwa pada Allah SWT dan mengakui Keesaan dan kebesaran Allah SWT.

Jin Menurut Al Quran

Jin merupakan makhluk Allah SWT yang mempunyai wujud tersembunyi khususnya dari pandangan Manusia. Dengan Kata Lain manusia tidak dapat melihat Jin namun Jin dapat melihat Manusia dari tempatnya.

Bagaimana bila ada seseorang mangaku mampu melihat Jin bagaimana ? Kemungkinan besar hal itu dapat terjadi Jin telah berubah bentuk menjadi manusia.

Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Surat Al aqraf 27 yang berbunyi " Sesungguhnya Jin dan Pengikutnya melihat manusia dari suatu tempat, tapi manusia tidak dapat melihat mereka.

Jin juga dibahas beberapa kali dalam Al Quran antara lain:

1. Qs. Ar Rohman menyebutkan bahwa Jin ialah Makhluk Ciptaan Allah SWT yang terbuat dari Api dimana hal tersebut berbeda dari manusia yang diciptakan dari tanah liat. Surat Ar Rohman juga menjelaskan bahwa Jin juga mempunyai tanggung jawab dan kewajiban.

2. Qs. Saba' pada ayat 12 -13 menjelaskan bahwa Jin mempunyai kekuatan luar biasa apabila dibandingkan dengan manusia seperti dalam membuat dan memindahkan gedung - gedung tinggi.

3. Qs. An Naml ayat 39 menjelaskan bahwa Jin Ifrit memiliki kekuatan yang luar biasa, Allah SWT mengatakan Bahwa " Aku datang kepadamu ( Sulaiman ) dengan membawa kerajaan itu sebelum kamu berdiri dari tempat duduk itu "

Manfaat dan Karomah Serta Khasiat Surah Al Jin

Manfaat dan Karomah serta Khasiat Surah Al Jin, diantaranya adalah menambahkan keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT karena didalamnya memang berisi tentang peringatan bagi Manusia dan Jin bahwa mereka diciptakan untuk beribadah pada Allah SWT.

Manfaat dan Karomah serta Khasiat Surah Al Jin lainnya bahwa dengan membaca Surat ini maka dapat membersihkan diri kita dan lingkungan serta keluarga dari Gangguan Jin dan Syaitan. kita dapat membacanya bersama Surat - surat yang lain seperti Al Mulk dan Ar Rahman.

Kumpulan Sholawat Merdu :

Manfaat dan Karomah serta Khasiat Surah Al Jin selanjutnya adalah sebagai pengingat bahwa kita bukan satu satunya makhluk yang Allah SWT ciptakan di dunia ini, disekitar kita juga ada makhluk lain baik terlihat maupun tidak terlihat seperti Jin dan Malaikat.
 
Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Manfaat dan karomah serta Khasiat Surah Al Jin.
 
Semoga dapat menambah wawasan kita tentang Al Quran dan membuat kita makin bertaqwa kepada Allah SWT ... Aamiin
 
Kami mohon maaf apabila dalam artikel Manfaat dan karomah serta Khasiat Surah Al Jin ada salah tulisan. kami juga menerima kritik dan saran yang dapat anda sampaikan melalui kolom komentar atau email kami di acuk37@gmail.com. Wassalamualaikum wr wb. wallohu a'lam Bisshowab.






0 Response to "Manfaat dan Karomah Surah Al Jin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel