5 Amalan Menjadi Kaya sesuai anjuran Agama Islam -->

5 Amalan Menjadi Kaya sesuai anjuran Agama Islam

Monday, 18 May 2020, May 18, 2020
Bismillahirrohmanirrohim …

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai rekan rekan yang inyaallah dirahmati oleh Allah SWT. Hari ini saya ingin sedikit berbagi tentang bagaimana hidup kaya dengan beribadah menurut Agama Islam.


Bagaimana cara menjadi Kaya dengan 5 Amalan Menjadi Kaya sesuai anjuran Agama Islam  ?

Siapa diantara kita yang nggak pingin kaya ? Siapa yang pingin Hidup Serba ada ? Siapa yang yang Ingin hidup bahagia ?

Saya merasa yakin bila pertanyaan – pertanyaan diatas ditujukan pada kita, semua pasti akan menjawab ingin Kaya dan hidup serda ada. Dan Hal itu merupakan hal yang wajar dan itupun juga sesuai anjuran agama.

Dalam Agama Islam menganjurkan agar umatnya hidup  kelak masuk seimbang antara dunia dan akhirat, Selain memerintahkan untuk melaksanakan ibadah agar syurga, Agama kita juga menganjurkan untuk selalu berusaha dan bekerja guna mencukupi kebutuhan di Dunia.

Anjuran untuk menjadi Kaya dan mencukupi kebutuhannya di Dunia bagi Umat Islam bahkan tertera langsung dalam Kitab Al-quran sesuai Firman Allah Swt :

“Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. Dan Kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan (Kami menciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezki kepadanya.” (QS. Al-Hijr [15]:19-20).

Sesuai dengan kutipan ayat tersebut sebenarnya sudah jelas bahwa Allah Swt memberikan kesempatan pada Makhluknya untuk memanfaatkan apa yang ada di Buminya untuk memenuhi keperluan hidup sehari – hari.

Namun usaha untuk menjadi kaya tetap harus sesuai akidah – akidah agama islam yang telah diajarkan, Maka bagi yang ingin hidup Kaya dan berkecukupan berikut beberapa amalan sesuai Agama Islam yang Insyaallah bila dilakukan dengan Istiqomah akan sangat bermanfaat : 

5 Amalan menjadi Kaya sesuai anjuran Agama Islam  


1. Rajin Shalat 5 Waktu secara berjamaah

Sholat 5 waktu merupakan rukun Islam ke 2 setelah Syahadat, Sholat merupakan kewajiban bagi seorang muslim.
Dengan mengerjakan Sholat berarti seorang muslim juga telah mendirikan dan menjaga agama Allah SWT yaitu Islam.
Seperti diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :
الصَّلاةُ عِمادُ الدِّينِ ، مَنْ أقَامَها فَقدْ أقَامَ الدِّينَ ، وَمنْ هَدمَها فَقَد هَدَمَ الدِّينَ

“Sholat Adalah Tiang Agama, barangsiapa yang menegakkannya, maka ia telah menegakkan agamanya dan barangsiapa yang merobohkannya, berarti ia telah merobohkan agamanya”.

BERITA MENARIK : INFORMASI MILITER


Dan sholat bagi seorang lelaki muslim akan lebih afdol bila dilaksanakan secara berjamaah di masjid, sholat berjamaah di masjid mempunyai kelebihan 27 kali lipat daripada sholat yang dilaksanakan sendirian di rumah.

Dengan Tekun dan Istiqomah insyaallah Sholat berjamaah selain untuk menunaikan ibadah dan kewajiban pada Allah juga akan dapat menjadi jalan bagi kita untuk hidup kaya dan berkecukupan.

2. Rajin Shalat Sunnah Dhuha

Sholat Dhuha sesuai dengan namanya adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada waktu Dhuha atau Waktu dimana matahari telah naik 7 hasta ( Kurang lebih 20 menit setelah matahari terbit hingga 15 menit sebelum sholat Dhuhur )

Sholat dhuha dapat dilaksanakan minimal 2 rakaat dan maksimal sesuai dengan kemampuan dan dilaksanakan sendiri tidak berjamaah.

Sholat sunnah ini mempunyai banyak manfaat diantaranya untuk dimudahkan dalam segala urusan dan dimudahkan rezekinya.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah "Rasulullah, kekasihku itu berwasiat padaku tiga hal: puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat salat duha (setiap hari), dan salat witir sebelum tidur."

3. Rajin Beristigfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ، وَأَتُوبُ إِلَيهِ

Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada ilah melainkan Dia, Yang Maha Hidup lagi senantiasa mengurus makhluk-Nya. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Istighfar merupakan permohonan kepada Allah SWT agar ditutupi dan diampuni segala dosanya yang telah kita lakukan dan dibebaskan dari segala sangsi.

Dalam istigfar juga terkandung makna Agar Allah SWT melindungi kita dari perbuatan dosa yang telah lalu dan juga dilindungi dari perbuatan jahat yang akan datang.

Rajin – Rajin lah kita untuk beristigfar karena sesuai dengan janji Allah bahwa dengan memperbanyak mengingat Allah dan memohon maaf padanya maka kita akan selalu mendapat berkah dan rizki darinya.

Hal ini  sesuai dengan firman Allah :

“…istighfarlah kepada Rabb–mu lalu bertaubatlah kepada-Nya; niscaya Dia akan memberimu kenikmatan yang terus-menerus…” (QS. Hud: 3).



4. Rajin membaca Al-Quran.

Al – Quran  merupakan kitab suci agama Islam yang didalamnya berisi petunjuk dan pedoman serta perintah Allah SWT yang harus kita kerjakan, Ada beberapa Surat dalam Al quran yang mempunyai manfaat agar kita mendapat berkah dan rizki dari Allah SWT diantaranya yaitu Surat Al Waqiah dan Surat Arrahman.

 BACA JUGA " SUNMA " BLOG ORANG BERILMU


Surat Al-Waqiah adalah surat yang didalamnya berisi tentang bagaimana dan seperti apakah hari kiamat itu serta balsannya bagi umat manusia sesuai dengan perbuatannya. Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dalam jus ke-27.

Surat Arrahman merupakan Suratt yang menekankan tentang betapa luas dan besarnya nikmat yang Allah SWT berikan pada kita. Kata Arrahman sendiri merupakan salah satu siafat Allah yang terdapat dalam Asmaul Husna yang berarti “ Maha Penyayang “

Bila kita ingin Hajat kita segera di ijabah oleh Allah SWT hendaknya kita rajin membaca Surat Al – Waqiah dan Arrahman.

Membaca Surat Al waqiah dan Arrahman dapat dilaksanakan setekah Sholat Fardlu/Wajib baik Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya’. Dengan Rajin membaca Surat al Waqiah dan Arrahman Insyaallah kita akan mendapatkan kemuliaan dan kemudahan serta diliimpahkan rezrki yang melimpah.


5. Rajin Bersedekah

Sedekah adalah perbuatan memberikan sebagian rezeki yang kita punya pada orang lain yang membutuhkan dengan tulus dan Ikhlas.

Agama Islam sangat menganjurkan sedekah karena selain dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan juga dapat mengahapus dosa dan melipat gandakan rezeki yang kita miliki.

Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT :

“Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui“. (QS. Al-Baqoroh: 261)

Serta Sabda Nabi Muhammad SAW :

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).


Manfaat Menjalankan 5 Amalan dan Ibadah menjadi Kaya.

Menjadi Orang kaya adalah hak setiap orang kaya dan hak setiap muslim di seluruh dunia, dengan menjadi kaya kita diharapkan akan dapat lebih mudah untuk melaksanakan ibadah dan segala perintah dari Allah SWT.

Dengan menjalankan Amalan – amalan dan ibadah seperti yang telah disampaikan diatas maka kita akan mendapat banyak manfaat lainnya selain rezeki yang melimpah.

Manfaat itu antara lain dimudahkan mendapat jalan keluar permasalahan, hati dan jiwa yang tenang karena kita secara tidak langsung akan selalu mengingat Allah SWT, terhindar dari segala macam mara bahata dan penyakit dan memiliki umur yang panjang karena selalu dalam keadaan sehat.

Kesimpulan 

Dari uraian diatas apabila kita cermat akan ada beberapa kesimpulan yang dapat kita tarik agar dapat menjadi orang kaya dengan cepat.

Yang pertama yaitu dengan menjalankan % Amalan sesuai dengan Perintah Allah SWT dan Anjuran Nabi Muhammad SAW yaitu :

  1.  Rajin Solat berjamaah. 
  2.  Rajin Sholat Dhuha
  3.  Rajin Membaca Al quran
  4.  Rajin Istighfar
  5.  Rajin Sedekah

Yang kedua melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dengan Ikhlash dan seimbang antara perbuatan dunia dan akhirat, kita juga tidak boleh mendahulukan slah satunya karena keduanya merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisah – pisahkan.

Yang Ketiga atau kesimpulan terakhir dan mungkin paling mendasar adalah Rajin/ Istiqomah , Ibadah peling baik kita kerjakan secara istiqomah dan berkelanjutan, bukannya sekali melkasanakan dalam keadaan dan jumlah yang besar namun dikerjakan hanya sesekali.

Yah itulah tadi beberapa Amalan dan Ibadah yang dapat mendorong kita menjadi orang kaya. Apakah Kalian sudah siap mencobanya di kehidupan sehari – hari ?  Bila Ingin Kaya serta mendapat Ridha Allah SWT maka kita harus siap melaksanakannya.


Allahu A’lam Bisshowab

TerPopuler