Sesi 1, Belajar Bahasa Arab -->

Sesi 1, Belajar Bahasa Arab

Tuesday, 19 May 2020, May 19, 2020
Assalamualaikum Wr Wb ...

Bismillahirrohmanirrohim ...

Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci " Al -Quran " yang menurut sejarahnya merupakan bahasa yang dipakai oleh manusia pertama di bumi Nabi Adam Alaihissalam.

Saat ini Bahasa arab bukan lagi hanya digunakan oleh kalangan pesantren dalam mempelajari Agama, Hal ini Karena bahasa arab telah dijadikan salah satu bahasa Internasional selain bahasa Inggris.

Alasan Belajar Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab bukan hanya karena kita beragama Islam, Namun juga mempunyai banyak manfaat dan keutamaan, ini beberapa alasan mengapa kita harus belajar bahasa arab adalah :

1. Bahasa Arab adalah bahasa Al quran. Selaku Umat Muslim yang Kitab sucinya " Al - Quran " berbahasa Arab serta hampir seluruh ibadahnya menggunakan Bahasa Arab, sudah selayaknya apabila kita belajar Bahasa Arab agar dapat lebih memahami dalam belajar agama.

2. Bahasa Arab mempunyai banyak keutamaan. Karena Bahasa Arab adalah Bahasa Al Quran dan Bahasa yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam melakukan Syiar tentulah mempunyai banyak keutamaan dimana salah satunya bahwa ada pahala dalam setiap huruf ya. keutamaan bahasa arab juga ditekankan dalam Surat Az-zumar sbb :

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

3. Bahasa Arab merupakan bahasa yang paling jelas, paling luas kosakatanya dan menentramkan hati. Bila kita faham dan melantunkan bahasa arab dengan benar maka hati kita akan merasa tentram dan sejuk hal ini juga sesuai dengan Al quran sbb :

لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس

“Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

Ya begitulah kira kira alasan mengapa kita harus belajar bahasa arab, Ok memasuki materi pertama kali ini kita akan mempelajari dasar Ilmu Nahwu

Apakah ilmu nahwu ? Bagaimana bentuknya ? mari kita belajar bersama.

A. Macam Ilmu Bahasa Arab. 

Pertama kita harus tahu terlebih dahulu tentang macam - macam ilmu bahasa arab. hala ini agar kita faham bahasa arab secara dasar.

Bahasa Arab terdiri dari 2 yaitu Ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf

Ilmu Nahwu adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan Harakat di akhir kata (al-kalimat)
Ilmu Sharaf adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan bentuk kata(al-kalimat)


B. Penyusunan Bahasa Arab.

Penyusunan narasi ( percakapan ) dalam bahasa arab  terdiri atas 3 yaitu Huruf , Kalimah ( kata ), Jumlah ( Kalimat )

kumpulan huruf akan membentuk sebuah kalimah ( kata ) dan kumpulan kalimah akan membentuk jumlah ( kalimat )

Note : " dalam bahasa arab kalimah berarti kata dan jumlah berarti kalimat "

 

C.  Macam Huruf

Huruf terbagi menjadi 2 yaitu huruf hijaiyah ( tanpa makna ) dan huruf al ma 'ani( dengan makna)  seperti contoh gambar dibawah :

 D. Al kalimah ( kata - kata ) 

al kalimah terbagi menjadi 3 yaitu Huruf Ma'ani, ismun ( kata benda) dan fi'lun ( kata kerja ). 

Fi'lun sendiri terbagi menjadi 3 yaitu Fi'il Madhi ( masa lampau), Fi'il Mudhari ( sedang berlangsung ), Fi'il Amr ( Perintah )

jelasnya seperti gambar di bawah :

E. Al jumlah ( Kalimat ) merupakan gabungan dari Huruf, Isim dan Fi'il


Demikian belajar kita pagi ini di sesi #1 belajar bahasa arab, semoga dengan belajar bahasa arab dibukakan pintu hidayah dan inayah agar selalu menjadi orang yang bertaqwa ... Aamiin

Wassalamualaikum wr wb
Sumber : Daurah Bahasa Arab ( Nahwu ) #1 dan channel youtube Ustadz Firanda Andirja 





TerPopuler