13 Keistimewaan Orang yang sibuk Membaca Al-Qur'an -->

13 Keistimewaan Orang yang sibuk Membaca Al-Qur'an

Sabtu, 09 Mei 2020, Mei 09, 2020
Keistimewaan Orang Membaca Al Qur'an,- Salah satu amalan dalam islam yang mempunyai pahala yang besar adalah membaca Al Qur'an.

Namun masih banyak diantara Muslim atau bahkan kita sendiri menyia - nyiakan kesempatan ini dan jarang untuk membaca Al qur'an atau bahkan sekedar untuk menyentuhya.

Padahal bila kita mengetahui keutamaan dan keistimewaan orang membaca Al Qur'an yang amat sangat besar, Insyaallah kita semua akan rajin membaca Kitab suci kita ini.

Di antara salah satu keutamaan dan keistimewaan orang membaca Al Qur'an adalah sebagai pintu terbesar untuk mencapai kelapangan hidup agar tidak terjebak dalam kesempitan yang membelenggu.

Hati bisa sewaktu-waktu berkarat sebagaimana besi, mengingat kematian dan membaca Al-Qur'an merupakan media pembersih karat tersebut, Berikut Keutamaan dan Keistimewaan Orang Membaca Al-Qur'an.

Keutamaan dan Keistimewaan orang membaca AlQur'anSebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berikut :


إِنَّ هَذِهِ الْقُلُوْبَ تَصْدَأُ كَمَا يَصْدَأُ الْحَدِيْدُ إِذَا أَصَابَهُ الْمَاءُ، قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَمَا جَلَاؤُهَا؟ قَالَ: كَثْرَةُ ذِكْرِ الْمَوْتِ وَتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ


Artinya: "Sesungguhnya hati itu bisa korosi sebagaimana besi ketika bertemu dengan air. Kemudian ada yang bertanya kepada Baginda Nabi, 'Ya Rasulallah, lalu apa yang dapat menghilangkan korosi tersebut?' Rasul menjawab, 'Banyak mengingat kematian dan membaca Al-Qur'an'." (HR Baihaqi).


Orang yang rutin menyibukkan dirinya membaca Al-Qur'an mempunyai aneka macam keistimewaan sebagaimana dikutip Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki dalam kitabnya Abwâbul Faraj, Dârul Kutub al-Ilmiyyah, Beirut, 1971, halaman 73 sebagai berikut:

Keistimewaan orang membaca Al Qur'an yang Pertama, Kita akan diakui sebagai keluarga Allah (ahlullah) dan orang keistimewaannya yang terpilih. Dan barang siapa yang telah diakui sebagai Ahlullah maka Insyaallah surga jaminannya.

Kedua, orang yang mahir dan disibukkan membaca Al-Qur'an akan ditempatkan bersama malaikat-malaikat pencatat yang patuh kepada Allah yang selalu berbuat kebaikan.

Menurut al-Qurthubi sebagaimana dikutip dalam kitab Fathul Bârî, yang dimaksud mahir di sini adalah orang yang cerdas, maksudnya, hafalan dan tajwidnya sama-sama mempunyai kualitas bagus, tidak perlu mengulang-ulang.

keistemewaan dan keutamaan orang membaca Al Qur'an


Keistimewaan orang membaca Al Qur'an yang Ketiga adalah mendapatkan jaminan dan Garansi keamanan dari Allah SWT, Hal ini Karean Kitab Suci Al-Qur'an merupakan hidangan dari Allah subhanahuwa ta'alâ.

Keempat, Keistimewaan orang membaca Al Qur'an selanjutnya adalah membuat rumah yang dibuat untuk membaca Al-Qur'an akan selalu di datangi oleh para malaikat. Kita dan keluarga sebagai penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.

Keenam, membaca Al-Qur'an terdapat kebaikan yang sangat banyak. Dimana salah satunya adalah dapat menentramkan hati bagi pembacanya.

Hal ini sesuai Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Ar-Ra’d ayat 28, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Keistimewaan orang membaca Al Qur'an yang Ketujuh, dengan membaca Al-Qur'an, kita kan dijaga dan menjadi PERTAHANAN DIRI dari niat - niat untuk melakukan sesuatu kejahatan sehingga Insyallah kita akan selalu menjadi orang akan menjadi baik.

Kedelapan, membaca Al-Qur'an bisa menjadi obatpenyembuh segala penyakit, Hal ini sesuai dengan Hadist Rosulullah SAW dari HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an.”

Kesembilan, membaca Al-Qur'an dapat bermanfaat bagi orang yang membaca maupun kedua orang tuanya dengan menjadi fadhillah dan penolong di alam akhirat nanti.

Kesepuluh, pembaca Al-Qur'an tidak akan merasa ngeri saat terjadi kegentingan hari kiamat. Hal ini karena kita telah mendapat banyak ilmu dan pengetahuan tentang Al Qur'an.

Keistimewaan orang membaca Al Qur'an yang Kesebelas bahwa Al-Qur'an akan memberikan syafa'at (pertolongan) kepada ahlinya (orang yang biasa membacanya) di hari akhir nanti, Al Qur'an akan dapat menjadi penolong saat kita di hisab nanti.

Keduabelas, orang yang membaca Al-Qur'an, pada hari kiamat, derajatnya akan selalu naik ke tempat-tempat yang atas.

Ketigabelas, Keistimewaan orang membaca Al Qur'an yang terakhir adalah dengan membaca Al-Qur'an bisa meniupkan aroma wangi kepada para pendengar serta menyebarkan bau minyak kasturi.

Mudah2Han kita semua diberikan safaat keistimewaan Sebagai Orang yang rutin menyibukkan dirinya membaca Al-Qur'an. Wallau a'lam. Alfatihah

اللهمَّ صلِّ على سيِّدنا محمَّد وعلى آلِ سيِّدنا محمَّد.


(Guru Mulia Al Imam Sayyiddil Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz).

Begitulah Keutamaan dan Keistimewaan Orang Membaca Al Qur'an, Apakai kita masih akan melalaikannya ? 

Dengan Manfaat, keutamaan dan keistemwaan membaca Al Quran. Marilah Kita mulai menyibukkan diri untuk membaca Al Qur'an.

Semoga Bermanfaat ... Wallahu A'lam Bisshowab

Sumber : Liputan 6

TerPopuler