Tata Cara Tayamum yang Sesuai dengan Syariat Islam

Tata Cara Tayamum yang Sesuai dengan Syariat Islam

Saturday, 30 May 2020, May 30, 2020

Tata Cara Tayamum yang Sesuai dengan Syariat Islam

islamidina.idTata Cara Tayamum yang Sesuai dengan Syariat Islam,- Dalam Islam Bersuci merupakan hal yang pokok, baik untuk menghilangkan hadis besar dan kecil. Dan tata cara dalam mebersihkan hadast baik Mandi, Wudhu maupun Tayammum agar ibadah lebih sempurna.

Tata cara Tayamum
Tata cara tayamum sesuai Syariat Islam merupakan salah satu cara menghilangkan hadast kecil dalam keadaan darurat/tidak ada air

jika melihat dari firman Allah SWT dalam Al Quran surat An Nisa ayat 43 mengenai dasar hukum serta tata cara tayamum sesuai Syariat Islam, Islam merupakan Dien yang penuh keberkahan dan kemudahan bagi seluruh umat manusia.

Firman qur’an di ayat tersebut merupakan salah satu bukti kemudahan yang Allah berikan kepada umat manusia agar mereka tetap bisa bersuci sebelum melakukan ibadah meskipun ketika mereka tidak mendapatkan air. 

Dari ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa Allah SWT mempunyai tata cara bertayamum yang benar dan harus diikuti oleh setiap umatnya.

INFORMASI MILITER : BLOG MILITER


Memang sudah menjadi syarat sah bahwa ketika akan sholat wajib suci dari hadast kecil atau besar. Untuk mensucikan diri tersebut anda bisa lakukan dengan cara berwudhu atau tata cara tayamum di rumah jika tidak ada air. Pengertian dari tayamum itu sendiri merupakan cara anda mensucikan diri dari hadast besar maupun hadast kecil dengan menggunakan debu sebagai pengganti media air. Adapun tata cara tayamum berbeda dengan cara anda melakukan wudhu.

Syarat dan Ketentuan Tayamum sesuai Syariat Islam


Cara bertayamum memang tidak bisa kita lakukan secara sembarangan, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus anda penuhi hingga proses tata cara tayamum singkat anda bisa sah di mata Allah SWT. Secara teknis proses tayamum berbeda dengan proses wudhu biasa, perbedaannya terletak pada niat yang harus anda ucapkan, media yang anda harus gunakan, serta langkah-langkahnya. Berikut syarat dan ketentuan bertayamum yang benar :

Dilihat Dari Segi Kondisi Anda Saat Itu


Para ulama fiqih menjelaskan mengenai tata cara tayamum dan beberapa kondisi yang membolehkan seseorang untuk bertayamun seperti saat dalam kondisi sakit dimana air bisa memperparah kesehatan anda, anda berada dalam kondisi yang benar-benar tidak tersedia air seperti di pergunungan atau padang pasir, anda sedang dalam perjalanan seperti di pesawat atau kendaraan lain. Atau anda sedang dalam kondisi terhalang musuh atau binatang buas, atau sumber air yang terdekat jaraknya dengan anda minimal 2,5 km.

Dilihat Dari Media Yang Digunakan


Ketika anda mensucikan diri dengan berwudhu, anda tentu memerluan air, sedangkan saat bertayamum yang anda butuhkan adalah debu atau pasir. Media yang sesuai dengan tata cara tayamum yang benar adalah semua permukaan bumi yang bersih meliputi pasir, tanah berair/ lembab, tanah kering, dan permukaan bebatuan.sedangkan permukaan yang bisa digunakan harus bersih dan berdebu namun tidak basah, tidak bercampur tepung, kapur, batu, dan kotoran lainnya

Dilihat Dari Sisi Niatnya


Saat anda bertayamum, point utama adalah meminta ijin kepada Allah agar anda diperbolehkan untuk shalat, selain itu niatkan dalam hati anda bertayamum untuk menghilangkan hadas sesuai dengan niat tayamum yang sudah banyak tersebar di internet.

Tata Cara Tayamum sesuai syariat Islam


Langkah pertama setelah anda menemukan media yang benar untuk anda bertayamum adalah anda menghadap kiblat, lepaskan semua perhiasan di tangan anda dan meletakkan kedua telapak tangan dengan posisi jari-jari tangan dirapatkan pada media debu dengan sekali tepukan lalu meniupnya. Kemudian ucapkan niat sambil mengusapkan kedua telapak tangan tersebut ke seluruh wajah.

BERITA MENARIK LAINNYA : LIFESOURCE


Langkah kedua adalah renggangkan jari-jari di kedua tangan anda, kemudian letakkan kembali pada media debu setelah itu tengadahkan kedua telapak tangan menghadap  anda dengan posisi telapak tangan kanan di atas tangan kiri. Lalu bisa merapatkan jari di tangan. Kemudian usapkan telapak tangan kiri anda pada punggung tangan kanan sampai ke bagian siku, putar ke bagian dalam lengan kanan dan usap ke atas sampai ke pergelangan tangan kanan.

Langkah ketiga yang wajib dijalankan untuk tayamum adalah mengusap bagian dalam jari jempol mulai dari kiri lalu masuk di punggung jari jempol kanan. Jika sudah, maka hal sama lakukan untuk tangan sebelah kiri. Untuk yang terakhir telapak tangan bisa anda usap sebanyak sekali saja. Jangan lupa tutup tayamum anda dengan membaca doa bersuci

Kesimpulan

Melaksanakan tayamum sesuai syariat Islam memang bertujuan untuk menggantikan wudhu maupun proses mandi besar, namun perlu anda ketahui bahwa tayamum bukan pengganti menghilangkan najis. Oleh karena itu sebelum anda melakukannya sesuai dengan aturan dan tata cara tayamum yang benar anda harus menghilangkan semua najis yang ada di badan anda misalkan sepatu yang menginjak kotoran. 

wassalamualaikum wr. wb


TerPopuler