Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Friday, 29 May 2020, May 29, 2020

Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

islamidina.id, Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional,- Berkembangnya Ilmu Ekonomi Syariah juga membuat makin marak berdirinya Bank yang sesuai syariat Islam yaitu Bank Syariah, Bank ini juga mulai sejajar dengan Bank Konvensional yang lebih dulu lahir. 

perbedaan bank syariah dan bank konvensional

Dengan seiring berjalannya waktu serta perkembangan jaman, kini dalam dunia perbankan masyarakat diperkenalkan dengan dua macam jenis bank yaitu bank syariah dan bank konvensional. Mungkin bagi sebagian masyarakat awam yang belum paham mengenai perbedaan bank syariah dan bank konvensional menganggap kedua jenis bank tersebut sama saja. namun ternyata terdapat perbedaan penting yang mendasar dari kedua jenis bank tersebut.
 
Secara pengertian bank syariah merupakan suatu lembaga perbankan yang dikelola dengan menggunakan prinsip syariah. Sedangkan bank konvensional adalah suatu lembaga perbankan yang sistem pengelolaan perbankannya dilakukan secara konvensional. Pada kegiatannya pihak bank akan memberikan jasa transaksi pembayaran secara umum sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh negara.

BACA JUGA : BERITA MILITER TERBARU

Kehadiran bank syariah banyak disambut baik oleh masyarakat luas meskipun mereka belum paham betul mengenai perbedaan bank syariah dan bank konvensional tersebut. Bagi mereka terutama yang beragama islam, dari namanya bank syariah dianggap lebih baik karena sistem perbankannya menggunakan dasar hukum islam. Namun apakah benar demikian? Berikut penjelasannya.

Mengenal Perbedaan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional

Dari Segi Perolehan Keuntungannya

Kedua jenis bank ini memberikan keuntungan bagi para nasabahnya. Perbedaannya terletak pada bentuk pemberian keuntungan yang berbeda.. Sedangkan keuntungan yang diberikan oleh bank konvensional berasal dari bunga serta dari kegiatan inti operasional bank.

Dari Segi Bentuk Usaha

Ketika melihat perbedaan bank syariah dan bank konvensional apabila melihat dari sisi jenis usahanya, para nasabah simpan uang di bank syariah tidak ada bung namun dinamakan bagi hasil. Karena itu tidak ada hitungan pasti untuk besaran tiap bulannya tergantung berapa keuntungan yang diperoleh bank tersebut daam bulan itu. Sedangkan untuk bank konvensionakl sendiri memiliki bunga setiap bulan dan jelas diberikan oleh semua nasabah.

Dari Segi Pinjma dan Kredit

Pada bank syariah ketika akan kredit memiliki sistrem mitra kerjasama sampai ada program pinjaman yang jumlahnya tetap sesuai kesepakatan yang disetujui antara pihak bank dan nasabah. Pada bank konvensional presentase bunga yang diberikan tidak berubah baik saat kredit macet atau tidak maka mereka mempunyai sistem penalty jika debitur tidak bisa membayar cicilan tepat waktu

Mana Lebih Menguntungkan Bank Syariah Atau Bank Konvensional?

Dari penjelasan perbedaan bank syariah dan bank konvensional berserta contohnya di atas, dapat anda simpulkan bahwa kedua jenis perbankan ini baik bank syariah maupun bank konvensional meskipun keduanya bertujuan sama yaitu menguntungkan para nasabahnya namun jelas keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mana yang lebih baik semuanya tergantung tujuan anda sebagai nasabah.

Untuk anda yang selama ini merasa tak keberatan untuk sistem bung, dan ingin memperoleh untung setiap bulan yang disebut dengan bunga tetap dari semua simpanan yang anda berikan di bank. Bagi anda yang ingin mengajukan kredit dengan  persentase bunga tiap bulan yang jelas meskipun harus menghadapi resiko pinalty maka bank konvensional merupakan pilihan anda yang tepat.

INFORMASI MENARIK : TRIK KEHIDUPAN


Bagi anda yang menganggap aturan syariat islam mampu membuat anda mendapatkan ketenangan saat bertransaksi perbankan maka anda dapat memilih bank jenis syariah. Meskipun karena tidak menggunakan sistem bunga maka keuntungan yang diperoleh anda tiap bulan sangat tergantung pada untung ruginya bank syariah anda pada bulan tersebut.

Kami tegaskan lagi bahwa apapun perbedaan bank syariah dan bank konvensional, kedua jenis bank tersebut mempunyai niat memberikan keuntungan bagi para nasabahnya meskipun bentuk dan sumbernya yang berbeda. Menguntungkan atau tidaknnya untuk anda, semua tergantung dari kepentingan anda saat bertransaksi perbankan. Untuk itu pikirkan baik-baik pilihlah jenis bank yang terbaik dari perbedaan fungsi bank syariah dan bank konvensional yang baik tersebut.

Jangan sampai nanti anda salah memilih bank yang tidak sesuai dengan keyakinan. Karena kenyamanan dalam menabung/meminjam atau sejenisnya itu juga sesuaikan pada keinginan anda sendiri. Biar semuanya bisa memberikan kemanfaatan dan keuntungan tersendiri. Maka dari itu, pastikan secara mendalam.

TerPopuler