Bagaimana Memilih Jodoh dalam Islam ? -->

Bagaimana Memilih Jodoh dalam Islam ?

Minggu, 14 Juni 2020, Juni 14, 2020
Islamidina.id ,- Bagaimana Memilih Jodoh dalam Islam, Menikah merupakan sunnah Rosul, sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW :

النِّكَاحُ من سُنَّتِي فمَنْ لمْ يَعْمَلْ بِسُنَّتِي فَليسَ مِنِّي ، و تَزَوَّجُوا ؛ فإني مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ

Menikah adalah sunnahku, barangsiapa yang tidak mengamalkan sunnahku, bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat) 
 (HR. Ibnu Majah no. 1846, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 2383).

Memilih Jodoh dalam Islam islamidina.id


Selain merupakan sunnah dan anjuran Rosulullah SAW, Menikah juga merupakan anjuran yang mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa antara lain adalah bahwa menikah merupakan suatu ibadah.

Dimana hal itu berarti, apa bila kita menikah selain untuk melanjutkan keturunan juga akan mendapat pahala sesuai janji Allah SWT dalam firmannya :

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui (QS. An Nur: 32).

Maka dari itu, bagi kalian para pemuda yang sudah memenuhi syarat untuk menikah Rosulullah SAW memerintahkan untuk segera menikah, sesuai sabda nabi Muhammad SAW :

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Wahai para pemuda, barangsiapa yang sudah sanggup menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu obat pengekang nafsunya” (HR. Bukhari no. 5056, Muslim no. 1400).

Memilih Jodoh dalam Islam

Bagaimana memilih Jodoh dalam Islam?

Dalam memilih Jodoh Rosulullah SAW telah memberikan petunjuk dan pedoman sesuai hadist :

"Perempuan itu dinikahi karena empat hal. Hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya. Rebut dan pilihlah perempuan yang beragama. Jika tidak, kedua tanganmu akan lengket ke tanah." (HR. Al-Bukhari no. 5090).

Jadi sesuai hadist diatas, bahwa dalam memilih jodoh Rosululloh SAW menganjurkan 4 hal yang harus diutamakan yaitu :

1. Memilih Jodoh dalam Islam karena Kekayaannya

Anjuran yang pertama dalam memilih seorang wanita untuk dinikahi adalah karena kekayaannya, kekayaan yang dimaksud disini tentunya adalah kelebihan rezeki duniawi seperti harta dan benda yang dimiliki.

Mengapa Kekayaan ? Karena dengan memilih pasangan hidup yang telah memiliki kekayaan duniawi yang cukup maka kita tidak akan lagi memikirkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.

Dengan harta dan benda yang cukup setidaknya kita akan mendapat bahagia secara duniawi sehingga diharapkan akan lebih fokus dalam beribadah dalam mengejar kebahagian Akhirat.

baca juga berita dan informasi menarik militer >>> BLOG MILITER

 Namun perlu diingat harta benda bukanlah segala-galanya, hal ini dikarenakan Kekayaan merupakan titipan Allah SWT.

Dan Allah SWT akan dapat mengambil harta dan kekayaan yang kita punya dengan mudah, kapan saja.

Untuk itu bagi kita yang telah diberi kecukupan harta hendaklah selalu bersyukur dan selalu beribadah pada Allah SWT agar harta dan kekayaan yang kita miliki mendapat Ridho Allah SWT.

2. Memilih Jodoh dalam Islam karena Keturunannya atau nasabnya

Anjuran kedua dalam mencari jodoh yang kedua adalah dengan memperhatikan keturunannya atau juga nasabmya.

Hal ini menjadi anjuran yang harus diperhatikan karena nasab atau garis keturunan akan terus diwariskan hingga anak cucu kita nanti.

Dalam islam selain dianjurkan memilih keturunan yang baik, kita juga dianjurkan untuk memilih wanita yang subur agar mendapatkan keturunan. hal ini sesuai dengan hadist : 

“Nikahilah wanita yang penyayang lagi subur, sebab aku berbangga dengan jumlah kalian yang banyak di hadapan umat-umat yang lain.” (Sunan Abu Dawud dari Hadits Ma’qil Yasar ra.)

3.Memilih Jodoh dalam Islam karena Kecantikannya

Hal ketiga yang dianjurkan dalam mencari jodoh adalah kecantikannya, mengapa harus cantik ? Karena kecantikan merupakan hal yang langsung dapat dilihat dengan mata.

Kecantikan merupakan anugrah dari Allah SWT, dimana dengan kecantikan maka wanita yang dipandang akan dapat menjadikan ketenangan bagi suami yang memandangnya.

Sehingga hal ini juga dapat mencegah suami untuk berbuat hal yang tidak diinginkan dengan wanita lain karena telah terpenuhi oleh kecantikan istrinya.

 “Sebaik-baik isteri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi.” (H.R. Ath Tabrani)

Namun perlu diingat bahwa kecantikan yang dimaksud bukan hanya kecantikan wajah yang enak dipandang namun juga jecantikan alami yang berasal dalam diri wanita.

Yaitu kelembutan perangai dan kebaikan tingkah lakunya, hal ini karena kecantikan wajah tidaklah abadi.

Dengan bertambahnya umur maka kecantikan wajah akan semakin memudar dan menjadi tua dan keriput, namun kecantikan prilaku akan bertahan hingga akhir hayatnya.

Maka menikahlah dengan Wanita yang cantik baik wajah maupun tingkah dan prilakunya

4. Memilih Jodoh dalam Islam karena Agamanya

Hal yang terakhir dan palin penting dalam anjuran islam adalah AGAMANYA, Kita akan mencari pasangan hidup yang diharapkan akan menjadi yang terakhir dan dapat menemani kita di dunia maupun akhirat.

Untuk itu Faktor agama adalah faktor terpenting dalam mencari ridho Allah SWT dalam menikah. Karena dengan agama maka seorang pasangan akan dapat mengarungi kehidupan bersama dengan seiring dan seirama.

Bahkan bila kalian tidak menemukan pasangan sesuai anjuran pertama, kedua dan ketiga maka ambillah anjuran yang keempat yaitu Agamanya.

Hal ini karena Kekayaan duniawi berupa harta dan benda, keturunan dan kecantikan bukanlah faktor utama yang menjamin kebahagian seseorang dalam berumah tangga.

Namun dengan agama yang dipegang dan dilaksanakan dengan taat maka Insyallah kebahgaiaan dunia dan akhirat akan dapat kita gapai … aamiin ya rabbal alamin

Demikianlah beberapa anjuran Islam dalam mencari dan menemukan jodoh Dunia dan Akhirat. Semoga kita menjadi manusia yang selalu mebdapat ridho dan berkah Allah SWT dan mendapat Syafaat Rosullullah SAW.

Wassalamualaikum wr wb. Wallahu a’lam Bishowab

Kami juga menyiakan berita dan informasi menarik militer >>> BLOG MILITER

TerPopuler