-->

Kisah Sahabat Rosul yang dijamin masuk Surga “ Sa'ad bin Abi Waqash “

hpk

Kisah Sahabat Rosul yang dijamin masuk Surga “ Sa'ad bin Abi Waqash “

Blog Muslim,- Kisah Sahabat Rosul yang dijamin masuk Surga,  Dikisahkan seorang sahabat Rosulullah SAW yang dijamin masuk surga, Beliau adalah Sa'ad bin Abi Waqash.

sahabat rosul yang dijamin masuk surga


Beliau adalah sahabat Rosul yang memeluk agama islam sejak usia remaja tepatnya pada usia 17 tahun, dan termasuk diantara sahabat yang pertama kali masuk Islam, yaitu saat era mekkah atau era rosul sebelum hijrah ke Madinah.

Kisah masuknya Sa’ad bin abi waqash dalam islam bermula saat beliau didatamgi oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Beliau Abu Bakar mengajak Sa’ad bin abi waqash agar dapat bertemu Rosulullah SAW di sebuah perbukitan dekat Makkah. Pertemuan tersebut bagi sa’ad sangat berkesan sehingga langsung menerima risalah Nabi Muhammad SAW dengan senang hati dan tangan terbuka untuk memeluk agama Islam.

Dari sanad atau garis keturunannya Sa’ad bin abi waqash masih bersambung dengan Nabi Muhammad SAW, dimana ibunda Rosul Aminah binti Wahhab merupakan suku yang sama dengan Sa’ad bin abi waqash yaitu dari Bani Zuhrah.

Beliau Sa’ad bin abi waqash merupakan sahabat yang mempunyai banyak keutamaan bahkan sebagai salah satu sahabat Rosul yang dijamin masuk surga.  

Sa’ad bin abi waqash merupakan sahabat Rosul yang dijamin masuk surga.  

Sa’ad merupakan sahabat nabi yang terkenal sebagai seorang ksatria yang gagah berani, Beliau mempunyai 2 kekuatan utama yaitu Doa dan kemampuanya dalam memanah.

Dikisahkan bahwa ketika Sa’ad memanah, anak panahnya pasti akan melesat mengenai sasaran, dan ketika beliau berdoa maka Allah SWT akan mengabulkan Doa-Nya.

Hal ini karena kemuliaan yang beliau dapat dari Rosulullah SAW, dikisahkan bahwa Suatu ketika Nabi Muhammad SAW menyaksikan sesuatu dari Sa’ad bin abi waqash yang menyenangkan hati beliau.

Sehingga Rasulullah SAW pun bermunajat, "Ya Allah, tepatkanlah bidikan panahnya (Sa'ad bin Abi Waqash) dan kabulkanlah doanya..!"

Baca Juga berita dan informasi BLOG ISLAMI >>> BLOG MUSLIM


Pernah suatu kali di tengah Perang Uhud Nabi Muhammad SAW bersabda, "Panahlah hai Sa'ad! Ibu bapakku menjadi jaminan bagimu!" 

Hingga Ali bin Abi Thalib mengatakan: "Tidak pernah saya dengar Rasulullah mengatakan ibu bapaknya sebagai jaminan seseorang kecuali untuk Sa'ad."

Sa’ad bin abi waqash Sahabat Rosul yang sangat Memuliakan Orang Tua

Sa’ad bin abi waqash merupakan sahabat nabi yang tidak hanya menjadi Tauladan dalam istiqomah dalam iman dan hidayahnya.

Namun juga merupakan contoh sahabat Rosul yang sangat mencintai dan memuliakan orang tuanya.

Dikisahkan bahwa perjalanan Sa’ad bin abi waqash  dalam memeluk agama islam tidaklah mudah, beliau mendapat tentangan dari pihak keluarganya hingga sang ibu melakukan mogok untuk makan selama berhari – hari untuk menentang keislaman sa’ad muda.

Akibat kejadian ini kondisi ibunda Sa’ad bin abi waqash semakin parah, namun keimanan sa’ad muda sangat kuat dan kokoh hingga membuat hati sang ibu luluh, dan menghentikan aksi mogok makannya dan menerima keislaman Sa’ad.

Tak lama setelah kejadian ini, maka turunlah Firman Allah SWT, yaitu surah Luqman ayat ke-15. 



Artinya, "Dan seandainya kedua orang tua memaksamu untuk mempersekutukan Aku (Allah), padahal itu tidak sesuai dengan pendapatmu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya."

Diantara beberapa kisah kehebatan Sa’ad adalah ketika pasukannya dihadang oleh musuh di sungai Tigris yang berjuang membebaskan IRAK padahala ketika itu belum banyak dikenal oleh kaum muslimin yang sebagian besar terdiri dari jazirah arab.

Bukannya Mundur dan kembali ke satuan asal, Sa'ad justru  memerintahkan pasukannya untuk terus menyeberangi dan mengarungi sungai demi menyukseskan jihad ini'

Hal ini menyebabkan beberapa sahabat Rosul seperti Salman al-Farisi yang berada dalam pasukan Sa'ad pun takjub dan berkata Agama islam masih baru, tetapi lautan telah dapat mereka taklukkan.

Demikianlah sepenggal cerita tentang  Sabahat rosulullah SAW yang kondang hingga hari ini dan  mendapat jaminan Rosulullah SAW langsung masuk surga.

Kami juga menyediakan berita dan informasi terbaru tentang MILITER >>> BLOGMILITER

Sumber : Republika

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel