Doa Menghilangkan Putus Asa Dalam Islam -->

Doa Menghilangkan Putus Asa Dalam Islam

Senin, 01 Juni 2020, Juni 01, 2020

 Doa Menghilangkan Putus Asa Dalam Islam

Islamidina.id, Doa Menghilangkan Putus Asa Dalam Islam,- Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Sebagai Makhluk ciptaan Allah SWT yang diberikan tugas sebagai khalifah di bumi yang indah dan luas ini dengan kewajiban untuk selalu Berdoa dan Beribadah.

Kita tentunya tidak akan lepas dari ujian. Namun perlu diingat bahwa Allah SWT tidak akan memberikan ujian diluar kemampuan kita sendiri serta telah memberikan pertunjuk tentang bagaimana Doa menghilangkan putus asa.

Hidup di dunia ini sejatinya hanya merupakan persinggahan, persinggahan yang menentukan nasib kita yang lebih kekal di akhirat nanti. jadi tidak sepatutnya kita berputus asa dikarenakan urusan duniawi dan ujian yang Allah SWT berikan.

Doa meghilangkan putus asa dalam islam

BERITA MENARIK MILITER : BLOG MILITER INDONESIA

Allah berfirman  “ Patutkah manusia menyangka bahwa mereka akan dibiarkan dengan hanya berkata: “Kami beriman,” sedang mereka tidak diuji (dengan sesuatu cubaan)? ” (Surah Al-Ankabut, 29:2)

Terus terang sebenarnya saat saya menulis tulisan ini, baru saja selesai dilanda galau dikarenakan urusan duniawi, dimana untuk kesekian kalinya harus gagal dalam seleksi sekolah alih golongan.

Sempat berputus asa, dan menyalahkan diri sendiri sebelum akhirnya menyadari bahwa pangkat dan jabatan hanyalah masalah Duniawi dan tugas kita hanya berusaha serta berdoa ( Doa menghilagkan putus asa )

Allah SWT yang berkuasa menentukan, apapun yang akan terjadi pada diri kita bahkan dunia beserta seluruh isinya.

Ujian Kehidupan Yang Dapat Membuat Seseorang Putus Asa

Setiap Manusia dan seorang muslim sejatinya akan menghadapi sebuah ujian, seperti firman Allah SWT : 

لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا أَذًى كَثِيرًا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ
 
Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu benar-benar akan mendengar dari orang-orang yang diberi al-Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan [Âli ‘Imrân/3 : 186]
Mengapa kita pasti mendapat ujian ? Karena sebenarnya dari setiap ujian itulah kita akan tahu dan memetik manfaat yang tersembunyi antara lain :

1. Mempertebal keimanan kita kepada Allah SWT;
2. Menyadari Kebesaran dan Kekuasaan Allah SWT yang tak terhingga, dan setiap apa yang terjadi merupakan takdirnya.
3. Lebih Siap dalam menghadapi Ujian, serta akan lebih sabar dalam menghadapinya.

Rasa Putus Asa

Rasa Putus Asa adalah perasaan saat kita merasa lemah dan tak berdaya serta hampir menyerah terhadap ujian yang kita hadapi.

Pada fase ini kita akan mencari seseorang sebagai pegangan yang mampu memberikan semangat dan motivasi agar mampu bangkit kembali.

BERITA MENARIK : SUMBER KEHIDUPAN


Namun sewaktu - waktu akan kembali lemah dan tak berdaya hingga kita benar - benar kembali pada Allah SWT.

Pada hakikatnya kita harus benar - benar hanya berpasrah diri hanya pada Allah SWT dan yakin bahwa hanya Allah yang mampu memberi kekuatan dan ketenangan dalam dada dan hati kita. 

Karena Sejatinya Hanya Allah yang Maha Kuasa terhadap segala sesuatu dan Hanya pada Allah SWT tempat kita bersandar.

Tips Menghilangkan Rasa Putus Asa Islam

Ada beberapa cara dan tips agar kita tidak berputus asa dalam menghadapi Ujian yang Allah SWT berikan. antara lain :

1. Sadarilah bahwa Ujian datangnya dari Allah maka ikhlaslah dlam menjalaninya dan yakini bahwa ujian tersebut masih dalam batas kemampuan kita.
2. Beserah diri pada pada Allah karena setiap permasalahan yang datang dari Allah solusinya juga ada padanya yang maha kuasa.
3. Mohon Ampunannya karena Allah SWT maha pengampun lagi maha penyanyang dan pengasih.
4. Beribadah yaitu Sholat dan berdoa hanya pada Allah.

Doa Menghilangkan Rasa Putus Asa dalam Islam

Beribadah pada Allah Swt dapat dilakukan dengan Sholat, Berdzikir dan berdoa serta amalan amalan lainnya yang hanya diniatkan mencari Ridho Allah SWT.

Dalam berdoa untuk menghilangkan rasa putus ada beberapa tutunan yang dapat kita kerjakan sesuai dengan yang ada dalam Alquran yaitu:


فَسَتَذْكُرُونَ مَا أَقُولُ لَكُمْ ۚ وَأُفَوِّضُ أَمْرِي إِلَى اللَّـهِ ۚ إِنَّ اللَّـهَ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

Artinya : “(Kiranya kamu tetap berdegil sekarang) maka kamu sudah tentu akan mengetahui kebenaran apa yang aku katakan kepada kamu; dan aku sentiasa menyerahkan urusanku bulat-bulat kepada Allah (untuk memeliharaku); sesungguhnya Allah Maha Melihat akan keadaan hamba-hambaNya.” (Surah Ghafir, 40:44)

Doa ini dapat dibaca ketika kita merasa putus asa dan bersedih ketika tertimpa musibah dan ujian, serta dapat juga dibaca setelah melaksanakan sholat 5 waktu agar dapat menambah kekuatan dan keteguhan hati dalam menghadapi masa depan yang Insyaallah lebih baik

Demikian beberapa Tips dan Doa menghilangkan rasa putus asa dalam Islam, semoga bermanfaat dan kita selalu dalam lindungan dan berkah Allah SWT ...Aamiin

Wallahu a’alam ... Wassalamualaikum Wr Wb.

BLOG MUSLIM

TerPopuler