Cara Meningkatkan Kesabaran dalam Islam -->

Cara Meningkatkan Kesabaran dalam Islam

Jumat, 10 Juli 2020, Juli 10, 2020
CaraMeningkatkan Kesabaran dalam Islam - Kesabaran adalah sifat manusia yang menunjukkan seberapa kuat seseorang dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Kesabaran juga merupakan ujian dari Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya. 

CARA MENINGKATKAN KESABARAN - ISLAMIDINA


Tujuan dari ujian ini tidak lain adalah untuk menjadikan hamba-Nya lebih baik, mencapai Tujuan Hidup Menurut Islam, dan memperkuat imannya. Namun, banyak orang yang tidak sabar ketika diuji oleh Allah SWT. Pada akhirnya mereka merasa stres dan putus asa.Ada beberapa cara untuk meningkatkan kesabaran

Bagaimana Cara Meningkatkan Kesabaran dalam Islam?

Inilah cara meningkatkan kesabaran:

Puasa Sunnah

Inti dari puasa adalah menanggung berbagai macam keinginan. Seperti kelaparan, emosi, dan nafsu. Puasa juga dapat disamakan dengan pelatihan untuk memerangi keinginan ini. Dengan begitu, meningkatkan puasa sunnah dapat meningkatkan kesabaran.


Membaca Alquran

Ini adalah salah satu fungsi Alquran dalam kehidupan kita. Dengan membaca Alquran, hati juga terasa tenang dan kesabaran dalam menghadapi masalah dalam kehidupan ini juga akan muncul. Semakin banyak kita membaca, semakin tenang hati kita.

Al-Qur'an adalah panduan bagi umat Islam. Itu berisi banyak pelajaran hidup yang berharga yang akan menuntun kita menuju kebaikan. Seperti fungsi Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca Al-Qur'an dan mempraktikkannya dapat membuat hidup lebih baik dalam menghadapi masalah kehidupan yang terjadi. 


Dzikir

Praktek dzikir yang bisa kita lakukan sangat banyak, seperti praktik zikir Rezeki, dzikir sebelum tidur sesuai dengan Islam, dll. Selain bentuk dzikir sederhana yang bisa kita lakukan, dzikir juga bisa membuat hati yang tenang dan kesabaran akan meningkat.

BerpikirPositif

Pikiran positif akan sangat mempengaruhi perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Kesuksesan, kesuksesan, ketenangan pikiran, dan kesabaran juga datang dari pikiran positif. Pikiran positif juga akan selalu mengarah pada optimisme. Sikap optimis akan membuat perasaan putus asa sulit muncul. Dengan begitu, kesabaran akan meningkat.

Mengelola Emosi

Biasanya ketidaksabaran muncul karena emosi yang buruk, seperti marah, frustrasi, dan putus asa. Jika kita dapat mengendalikan emosi dengan baik, maka kesabaran juga akan dipertahankan.

Fokus pada Tujuan

Berfokus pada tujuan akhir juga mencakup satu cara untuk meningkatkan kesabaran. Kesabaran dapat ditingkatkan dengan berfokus pada tujuan. Orang yang fokus pada tujuan akan terus berusaha untuk mendapatkan tujuan. Sehingga keputusasaan akan diminimalkan dan kesabaran akan terjaga.

Ingat Tujuan Hidup di Dunia

Ingatlah bahwa kita hanya hidup sementara di dunia ini, sifat asli dari ciptaan manusia adalah akhirat. Waktu kita yang sangat singkat di dunia ini harus digunakan sebagai perlombaan untuk terus meningkatkan ibadah dan menjadi kuat dalam menghadapi setiap pencobaan.

Berteman dengan Orang Soleh

Lingkungan sangat berpengaruh pada perilaku dan perilaku seseorang. Berbagai karakteristik biasanya terbentuk dari sana. Adapun salah satu ciri atau karakter orang saleh adalah sabar. Dengan bergaul dan berteman dengan orang-orang saleh dapat membuat karakteristik ini "menular" kepada kita. 


Berdoa

Akhirnya, tanyakan pada Tuhan atau berdoa untuk meningkatkan kesabaran. Semua upaya akan lengkap jika disertai dengan doa. Sesungguhnya kesabaran adalah hadiah dari Allah SWT. Karena itu, minta Dia menjadi orang yang sabar.

Semoga cara-cara di atas dapat meningkatkan kesabaran kita. Sehingga kita dapat memahami sifat kemanusiaan menurut Islam sesuai dengan fungsi agama, Dunia Menurut Islam, Sukses Menurut Islam, Sukses di Akhirat Menurut Islam, dengan Cara Sukses Menurut Islam dan menjadi manusia yang hidup bahagia dalam Islam.

Menjadikan Sabar dan Syukur Sebagai Jalan Tawakal

Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. 
 
Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.
 
Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan.Sabar juga sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

Dalam sebuah pernyataan pendek, dikatakan bahwa sabar itu "...seperti namanya, adalah sesuatu yang pahit dirasakan, tetapi hasilnya lebih manis daripada madu.Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan
Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang tersenyum, orang berdiri
Wahai anakku, hendaklah engkau mempelajaru ilmu dan bersikap ikhlas sehingga engkau bersih dari perangkap dan tali kemunafikan. Carilah ilmu karena Allah Azza wa Jalla, bukan karena makhluk atau karena dunia.

Dan, ciri pencari ilmu karena Allah adalah, engkau merasa takut kepada Allah ketika datang perintah dan larangan-Nya.

Engkau merasa takut dan hina di hadapan-Nya. Lalu, bersikap rendah hati terhadap makhluk tanpa membutuhkannya. Tidak berambisi terhadap apa yang mereka miliki.

Dan, bersahabatlah di jalan Allah, dan bermusuhanlah di jalan Allah. Sebab, persahabatan bukan di jalan Allah adalah permusuhan.

Keteguhan selain di jalan Allah adalah kehancuran. Serta, pemberian bukan di jalan-Nya akan terhalang.

Rasulullah SAW bersabda " Iman itu terdiri dari 2 bagian: Satu bagian sabar dan satu bagian syukur "

Jika kau tak bersabar atas cobaan dan tidak mensyukuri nikmat, berarti kau bukan orang yang beriman. Sebab, di antara hakikat Islam adalah berserah diri kepada Allah. Allah SWT berfirman:

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menyediakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.
*(QS 65; 2-3)*

Karena itu, berdoalah, Ya Allah, hidupkanlah hati kami dengan tawakal kepada-Mu, dengan ketaatan kepada-Mu, dengan mengingat-Mu, dengan menyesuaikan diri kepada-Mu dan dengan kekuatan tauhid kepada-Mu. Alfatihah

*Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam kitab Fath Ar-Rabbani*
 
Kesimpulannya. Kita tetap harus selalu berusaha untuk meningkatkan kesabaran, seperti pepatah yang mengatakan bahwa " Orang Sabar Dicintai Allah SWT " ... Aamiin

Semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb.

Kami juga menulis artikel tentang tips kemiliteran >>> BLOG MILITER

TerPopuler