Ikuti 5 Tips Rajin Sholat Berikut Ini -->

Ikuti 5 Tips Rajin Sholat Berikut Ini

Rabu, 08 Juli 2020, Juli 08, 2020
Ikuti 5 Tips Rajin Sholat Berikut Ini  - Bagi umat Islam menjalankan sholat 5 waktu menjadi salah satu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Bahkan ketika melewatkannya sekalipun diwajibkan untuk bertaubat dan tidak mengulanginya. 

Namun beberapa orang mereka cukup sulit untuk mengerjakan sholat 5 waktu. Penyebab lalai dalam mengerjakan perintah sholat inipun disebabkan oleh banyak faktor. 

tips rajin sholat


Misalnya saja rasa malas yang muncul, lupa waktu untuk mengerjakan sholat, serta tertidur. Pastinya Anda akan merasa sangat berdosa bukan sering melalaikan kewajiban tersebut? Sayangnya, terkadang Anda sudah berkali-kali mencoba untuk menghindari kelalaian tersebut tapi tidak berhasil. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba beberapa tips ini supaya sholat lima waktu berjalan dengan lancar.

Tips Rajin Sholat yang bisa Segera Anda Praktekkan

1. Ketahuilah alasan Anda harus menjalankan sholat

Tips rajin sholat yang pertama adalah mengetahui alasan mengerjakannya. Dalam melakukan segala hal tentu Anda harus mengetahui alasan mengapa harus mengerjakannya. Begitu pula dengan alasan mengerjakan salat bagi umat muslim. Menurut beberapa referensi, alasan muslim mengerjakan salat adalah karena salat menjadi ibadah yang pertama kali dihisab saat Hari Perhitungan. 

Selain itu, salat juga berfungsi sebagai amalan penghapus dosa, tiang agama Islam, kunci surga. Dan yang terakhir sholat bertujuan untuk menghindari anda dari dosa. Karena kelalaian mengerjakannya akan beresiko mendapatkan dosa besar apabila tidak dikerjakan. Sebagai umat muslim tentu Anda tidak ingin berdosa dan merasa menyesal bukan?

2. Pahami manfaat melakukan shalat

Tips rajin sholat selanjutnya adalah dengan memahami manfaat dari melakukan salat sesuai perintah Allah. Ketahuilah bahwa salat memiliki manfaat dari psikologis maupun kesehatan fisik. Manfaat melakukan salat dilihat dari psikologis adalah selalu dipenuhi hati yang tentram, pikiran baik, penuh syukur, sabar, serta selalu teringat pada Allah. 

Sementara dari sisi kesehatan fisik, salat bisa membuat tubuh lebih bersemangat dan bergairah, serta raut muka lebih bercahaya. Dari yang terpenting, melakukan salat bisa mengarahkan Anda pada jalan yang baik dan menuju Pintu Surga.

3. Mengingat bahwa dunia hanya sementara

Bagi beberapa orang, terkadang mereka melalaikan salat karena terlalu sibuk duniawi. Maka dari itu, tips yang tepat dan bisa anda lakukan adalah dengan mengingat bahwa dunia hanya sementara. Ketahuilah bahwa seluruh makhluk hidup yang ada di dunia nantinya akan mati. Hanyalah ibadah dan amalan selama di dunia yang akan membantu Anda selama di akhirat. Bahkan uang yang anda cari serta barang-barang rumah mobil ataupun perhiasan tidak akan anda bahwa mati. 

Untuk itulah mengapa urusan akhirat perlu Anda prioritaskan disamping mengejar kebutuhan duniawi. Jangan sampai Anda terlena dan melupakan urusan akhirat yang akan menjadi penolong Anda saat hari perhitungan. Dengan menerapkan tips rajin sholat ini, pastinya anda akan selalu teringat untuk melakukan salat 5 waktu setiap harinya. 

4. Menjadikan sholat sebagai kebiasaan

Tips selanjutnya adalah menjadikan salat sebagai kebiasaan, supaya semakin lama anda tidak terbebani saat menjalankannya. Bagi Anda yang jarang melakukan salat karena malas sebaiknya mulailah setiap Anda ingat. Walaupun itu hanya solat Maghrib dan Isya dalam satu hari. 

Semakin lama dan rutin melakukannya, tentu kebiasaan salat akan semakin Anda ingat. Sehingga untuk mengerjakan salat lima waktu, anda akan selalu ingat dan melakukannya dengan ikhlas. 

5. Tandai rutinitas sholat

Supaya anda bisa mengukur dan mengetahui perkembangan salat, tidak ada salahnya menandai rutinitas tersebut sehari-hari. 

Pastikan setelah selesai salat Anda menandai sudah melaksanakannya. Misalnya saja dengan menggunakan buku kebiasaan salat yang bisa anda centang disetiap waktu sholat. Dengan tips rajin sholat ini anda bisa memperbaiki jika ada jam sholat yang tidak dilakukan.

Sebagai umat Islam tentu kebiasaan salat lima waktu tidak boleh ditinggalkan. Maka dari itulah sangat penting bagi anda untuk menerapkan tips rajin sholat demi meningkatkan keimanan dan ketakwaan. 

Pastikan juga anda selalu berniat dan berkomitmen untuk menjalankan salat 5 waktu, supaya sholat menjadi kebiasaan dan kebutuhan tanpa adanya paksaan. Jangan sekali-kali melewatkan salat dengan sengaja karena akan membuat Anda sering malas untuk mengerjakannya. 

Wassalamualaikum wr wb

Penulis : Aziza linda Ferawati

TerPopuler