Manfaat Dzikir dan Doa -->

Manfaat Dzikir dan Doa

Thursday, 23 July 2020, July 23, 2020
           Hai sobat Blog Muslim Islmidina yang Insyaallah Dirdhoi dan dicintai Allah SWT, Kali ini kita kan membahas tentang Manfaat Dzikir dan Doa

Sedulur Muslim semua Menurut ulama terdapat dua macam doa, yaitu doa untuk meminta dan doa yang berisi pujian. Dzikir adalah salah satu bentuk doa yang berisi pujian. 

manfaat dzikir dan doa - islamidina


        Teman-teman tentu sudah sering mendengar orang berdzikir, bahkan melafazkan dzikir untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kali ini kita akan belajar bersama mengenai dzikir khususnya tentang manfaat dzikir dan Doa serta waktu terbaik untuk berdzikir bagi muslim. 

Manfaat Dzikir dan Doa

    Sebelum membahas lebih dalam, alangkah baiknya jika lebih dulu kita mengenal dan memahami apa yang dimaksud dengan dzikir.


Mengenal Dzikir


      Dzikir secara harfiah diartikan sebagai mengingat, mengenang, memperhatikan, mengambil pelajaran. Pendapat lain menyebutkan bahwa dzikir berasal dari kata dzakara yang artinya mengingat, mengisi atau menaungi. Berdzikir disebutkan sebagai kegiatan yang dapat mengingatkan manusia dan menaungi ketenangan untuk umat muslim.


         Kita tentu sering mendapatkan waktu kosong, alangkah lebih baiknya kegiatan kita tersebut diiringi dengan dzikir. Misalnya sedang menunggu angkutan umum, sambilkan dengan dzikir agar selalu berada dalam lindungan Allah dalam setiap perjalanan. Pun dalam beraktivitas yang lainnya. 


        Ahli lain menyebutkan bahwa dzikir juga diartikan sebagai kegiatan untuk memusatkan pikiran hanya kepada Allah. Ada banyak kebaikan yang kita dapatkan saat berdzikir, mulai membiasakan berdzikir untuk setiap kegiatan akan membawa pengaruh baik untuk kita kedepannya. 


Keutamaan Berdzikir dan Doa


          Berdoa melalui dzikir tidak hanya kebaikan dan pujian-pujian kepada Allah, namun dengan mengerjakannya kita juga sudah melaksanakan amalan didalam alquran. Contoh surat yang menganjurkan umat muslim untuk berdzikir diantaranya dalah sebagai berikut. 


1.      QS An-Nisa Ayat 103

2.      QS Al-Jum’ah Ayat 152

3.      QS Al-Baqarah Ayat 10

4.      QS Ali Imran Ayat 191

5.      QS Al-Ahzab Ayat 41-42


           Kelimat surat tersebut berisi anjutan untuk mengingat Allah dalam kondisi apapun, baik sedang duduk ataupun dalam keadaan terbaring. Ulama mengartikan bahwa cara mengingat Allah yang dimaksud adalah dengan dzikir. 


        Bahkan dzikir dan doa juga baik untuk anda yang sedang mengalami guncangan ataupun sedang marah. Kebaikan berdzikir tidak akan pernah putus selama melafazkannya. Mari sama-sama kita mulai untuk rutin berdzikir hanya kepada Allah SWT.


Bentuk Dzikir Berdasarkan Hakikatnya


           Ada tiga bentuk dzikir jika dikategorikan berdasarkan pada hakikatnya, berikut adalah bentuk-bentuk dzikir.

 DzikirQalbiyah


            Qalbiyah berasal dari kata qalbu yang artinya hati. Dzikir qalbiyah adalah cara kita untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta seolah-olah kita melihatNya. Walaupun sebenarnya kita tidak melihat secara nyata, namun hadiahi dari dzikir qalbiyah adalah ketenangan hati. 


            Dzikir qalbiyah menunjukan ketaqwaan umat muslim terhadap Allah, tidak semua orang dapat merasaan dan melaksanakan dzikir qalbiyah. Namun walaupun begitu, berdzikir akan selalu membawa kebaikan untuk kita dan akan mengantarkan pada tingkatan yang lebih baik jika rutin dilakukan. 


2.    Dzikir aqliyah


              Dzikir aqliyah adalah pujian yang dilakukan ketika kita melihat suatu hal yang indah dari ciptaan allah. Misalnya seperti teman-teman melihat indahanya hamparan alam dihadapan kita, sebaiknya ucapkan dzikir yang berisi pujian kepada Allah. 


           Dzikir aqliyah dapat menjadi pengganti untuk teman-teman bertafakur dengan ciptaan Allah yang tidak ada habisnya. Sering kali kita lupa untuk berdzikir ketika melihat suatu hal yang indah. 


            Ini semata untuk mengingat bahwa Allah yang menciptakan semuanya, dan kita sebagai umatnya bukanlah apa-apa. Dzikir awliyah juga dapat membantu teman-teman untuk terhindar dari sifat sombong. 


3.    Dzikir Amaliyah


             Dzikir amaliyah adalah ketika kondisi hati dan pikiran sudah sulit untuk dikontrol, jika teman-teman mengalami kondisi tersebut cobalah untuk mengingat Allah melalui dzikir. Dzikir amaliyah dilakukan dengan cara membuat hati berdzikir menyebut pujian untuk Allah, kemudian lisan pun ikut berdzikir.


             Disana Allah menjamin lahirnya pribadi yang berakhlak mulia dan suci, bahkan dari pribadi-pribadi tersebut akan lahir amal sholeh yang diridhoi oleh Allah. 

dzikir dan doa - islamidina


Manfaat Berdzikir dan Doa



           Berdzikir dan Doa memiliki banyak manfaat, terutama hal yang berkaitan dengan qalbu manusia. Berikut adalah manfaat dari berdzikir dan Doa yang wajib kita ketahui. antara lain  

Menurut ulama berdzikir dapat menjauhkan kita dari marabahaya dan bencana. 

Membantu menjauhkan diri kita dari godaan setan.

Memberikan ketenangan bathiniyah untuk orang yang sering berdzikir. Oeh karena itu, jika kamu merasa tidak tenang cobalah untuk berdzikir kepada Allah. Insyaallah akan dihadiahkan dengan ketenangan hati.

Disebutkan dzikir adalah ketetapan dan syarat kewalian, artinya bagi umat muslim yang sering berdzikir dengan hati yang ikhlas dan memohon kepada Allah. Maka bukan tidak mungkin untuknya mencapai derajat tertinggi disisi Allah, yaitu menjadi kekasih Allah. 

 Berdzikir menjadi kunci untuk kemudahan ibadah lainnya.

Memberikan rahmat kepada orang yang sering berdzikir, bahkan orang yang sering berdzikir dengan kerendahan hati akan cenderung lebih lunak hatinya.

Membantu untuk mengontrol prilaku agar tidak menyimpang dari ajaran agama.

Mendapatkan ampunan dari Allah


             Nah, teman-teman ternyata ada banyak manfaat berdzikir dan Doa. Mungkin kita masih sering lupa dan lalai dengan rahmat yang telah diberikan oleh Allah. Membiasakan diri dengan berdzikir adalah salah satu cara yang tepat untuk menunjukan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan. 


               Mulai saat ini, mari kita bersama-sama sering berdzikir kepada Allah dalam kondisi apapun. Semoga Allah hadiahkan dan limpahkan rahmatNya kepada kita. Berdzikir sembari membersihkan hati dan mendapatkan ketenangan adalah impian semua muslim. 


             Untuk mendapatkan itu semua kita harus sering melakukan amalan-amalan shalih yang dicintai oleh Allah. Semoa teman-teman semua selalu berada dalam lindungan Allah, dan jangan lupa untuk selalu berdzikir dan bersyukur. 

BLOG ISLAMI




TerPopuler