Manfaat Sholat Tahajjud -->

Manfaat Sholat Tahajjud

Jumat, 31 Juli 2020, Juli 31, 2020

MANFAAT SHOLAT TAHAJJUD

Manfaat Sholat Tahajjud - Islamidina.id,- Sholat malam atau yang lebih sering disebut dengan sholat tahajud, adalah sholat yang mulia bagi umat muslim. Sholat disepertiga malam yang doanya tidak akan tertolak di langit. Sering melakukan sholat malam juga Allah hadiahkan wajah yang berseri kepada orang tersebut.

Sayangnya sholat malam masih sering terlewatkan oleh kita, karena waktu sholat yang mengharuskan kita untuk terbangun disepertiga malam. Hal tersebut cukup sulit untuk kita yang tidak terbiasa terbangun diwaktu tersebut.

Nah, kali ini kita akan membongkat kebaikan-kebaikan dan Manfaat Sholat Tahajjud . Agar kita semua termotivasi untuk rutin melaksanakan sholat malam. Berikut adalah manfaat dan kebaikan yang kita dapatkan saat sholat malam.

Mendapatkan Pengampunan Dosa dan Terkabulnya Doa


Manfaat Sholat Tahajjud yang pertama adalah mendapatkan pengampunan dari segala dosa sekaligus terkabulnya Doa yang kita Panjatkan.

Allah sungguh memberikan kemuliaan untuk umatnya yang senang hati menyisihkan waktu disepertiga malam untuk memohon kepada-Nya. Allah akan mengampuni dosa-dosa umatnya yang berdoa dengan kerendahan hati diwaktu khusus tersebut.

Apalagi yang lebih baik dari pengampunan Allah? Masih menyia-nyiakan waktu kita disepertiga malam. Mulailah untuk membiasakan diri tidur lebih awal agar dapat terbangun diwaktu malam. Cobaan yang berat dalam melaksanakan sholat malam adalah melawan rasa kantuk.

Baca Juga : Lirik Sholwat Ya Tarim

Namun bagi orang yang beriman kepada Allah hal tersebut tentu dapat dilawan dengan mudah. Tidak hanya dihapus dosa kita, doa disepertiga malam juga terjamin mustajabnya. Anda mungkin sering mendengar seorang ulama yang memberikan saran kepada umatnya untuk melakukan sholat malam ketika sedang sedih atau menginginkan sesuatu.

Hal tersebut karena waktu sepertiga malam Allah khususkan untuk umatnya yang sholeh dan Allah kabulkan setiap doa mereka. Sangat berharga bukan waktu sepertiga malam yang lebih sering kita gunakan untuk tidur.

Tiket Untuk Masuk Surga


Manfaat Sholat Tahajjud yang kedua, Sholat Tahajjud adalah Tiket dan Pintu Masuk Surga, Surga adalah impian akhir dari setiap muslim, setiap muslim tentu sangat mendambakan surga bahkan dijanjikan mendapatkan wangi surga saja sudah membuat hati kita bergetar.

Salah satu hadits pernah menyebutkan bahwa orang yang menegakan sholat sementara yang lain tertidur maka Allah akan berikan surga untuk mereka.

Sugesti hal tersebut sebelum tidur agar kita dapat terbangun disepertiga malam. Kebaikan sepertiga malam tidak hanya diakhirat namun juga membawa hal baik untuk kehidupan dunia kita.

Menjaga Kesehatan Rohani


Manfaat Sholat Tahajjud yang selanjutnya dengan Sholat tahajjud akan dapat menjaga kesehatan terutama kesehatan rohani.

Teman-teman mungkin sudah sering mendengar sulitnya membiasakan diri untuk sholat malam. Bahkan terdapat Riwayat bahwa kebiasaan sholat malam adalah kebiasaan yang dilakukan oleh orang yang sholeh dan taat kepada Allah.

Sholat malam juga dapat menjadi as-syifa yang baik untuk kita, selain memberikan ketenangan juga akan diberikan kesehatan rohani untuk yang rutin melakukannya. Salah satu hadits Riwayat Ahmad menyebutkan bahwa sholat malam adalah kebiasaan orang sholeh untuk mendekatkan diri kepada Allah, menolak penyakit, serta membantu kita tercegah dari perbuatan dosa.

Allah berfirman dalam QS Al-Furqan Ayat 63-64 bahwa orang yang melakukan sholat tahajud dengan akan memiliki sifat yang ramah, control diri yang bagus, serta rendah hati dilingkungan sekitarnya. Akan Allah berikan kepada mereka refleksi ketenangan jiwa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kesempatan Untuk Curhat Kepada Allah


Waktu sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk curhat segala kegelisahan hati kita kepada Allah. Niscaya dengan hal tersebut akan membuat kita jauh lebih tenang dan dimudahkan petunjuk dari Allah untuk setiap permasalahan kita.

Jika teman-teman sering mengalami masalah seperti gelisah atau sedih, cobalah untuk melaksanakan ibadah malam yang paling mulia satu ini. Insyaallah teman-teman akan mendapatkan ketenangan dan jawaban untuk setiap masalah tersebut.

Waktu malam hari juga cenderung lebih leluasa untuk kita menceritakan kepada Allah tanpa terganggu dengan aktivitas orang diluar sana. Karena saat siang hari disamping kesibukan beraktivitas, tentunya juga sulit untuk mengekspresikan kegelisahan kita disaat ada orang lain.

Dihadiahkan Dengan Wajah Yang Berseri


Manfaat Sholat Tahajjud yang Kelima adalah Allah menjanjikan wajah yang berseri dan penuh ketengan untuk umatnya yang melaksanakan sholat malam. Tidak perlu repot menggunakan skincare, lebih baik untuk melakukan sholat malam dan mendekatkan diri kepada Allah.

TataCara Sholat Tahajud


1.    SholatDikerjakan disepertiga malam setelah melewati waktu tidur. Teman-teman wajib untuk tidur lebih dulu, dan terbangun disepertiga malam untuk sholat malam. Cobalah siasiti dengan menggunakan alarm agar terbangun saat malam. Nah, dibulan Ramadhan kita dapat melakukannya menjelah waktu sahur. Jangan sampai melewatkan sholat malam ya teman-teman terutama saat bulan Ramadhan.

2.      Membaca niat sholat tahajud

3.      Sholat tahajud biasanya dilakukan dalam dua rakaat kemudian salam, jika ingin menambah salam maka lakukan dua rakaat lagi kemudian salam. Begitu seterusnya.

4.  Membaca dzikir sebelum berdoa. Agar doa kita lebih afdhol sebaiknya teman-teman tidak lupa untuk berdzikir terlebih dahulu.

5.   Berdoa dan bermunajat kepada Allah dengan segala kerendahan hati seorang hamba kepada Sang pencipta.

Sholat malam adalah ibadah malam yang paling mulia, teman-teman juga dapat mengiringinya dengan sholat sunah witir sebelum melaksanakan sholat tahajud. Sholat sunnah witir dilaksanakan dalam jumlah rakaat ganjil yaitu tiga rakaat.

Nah, sangat menarik dan ada banya kebaikan yang kita dapatkan dari sholat malam. Memperbaiki diri dari sekarang belum terlambat kok teman-teman. Mari mulai membiasakan diri untuk melaksanakan ibadah satu ini. Dimulai dari membiasakan diri untuk terbangun diwaktu sepertiga malam, kemudian menjadikannya sebagai rutinitas.

Terutama untuk teman-teman yang sedang dilandah dengan kegelisahan. Beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah jalan yang tepat untuk menemukan kembali kebahagiaan dan ketenangan hati kita didunia dan akhirat.

Demikianlah Manfaat Sholat Tahajjud, semoga Bermanfaat Wassalamualaikum wr wb.

 

TerPopuler