Cara Mengatasi Galau Dalam Islam -->

Cara Mengatasi Galau Dalam Islam

Kamis, 30 Juli 2020, Juli 30, 2020

Cara Mengatasi Galau Dalam Islam - Islamidina,- Seringkali kita merasa selalu kekurangan, entah itu harta, kekayaan, prestasi, dan lainnya. Ketika hal tersebut datang kepada teman-teman, jangan sampai berlarut dengan nafsu setan. Segera ambil wudhu dan tenangkan pikiran, pikirkan kembali betapa beruntungnya kita ketika masih dikasih nikmat yang belum tentu orang lain dapatkan.

mengatasi galau menurut islam

Jika sudah tenang dengan pikiran yang jernih, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah berdoa kepada Allah agar diberi kesempatan dan kemudahan untuk mewujudkan mimpi. Tentunya dengan niat yang tulus Lillahi Ta’ala.

Berdoa dapat dilakukan setiap waktu asalkan dalam keadaan suci lahir dan batin. Namun beberapa ulama memberikan tips berdoa agar dikabulkan, yaitu dengan berdoa diwaktu-waktu khusus.

Teman-teman dapat mencoba Cara Mengatasi Galau dengan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut waktu-waktu khusus mustajab untuk berdoa.

Berdoa di Sepertiga Malam Terakhir

Cara Mengatasi Galau Dalam Islam yang pertama adalah dengan berdoa di sepertiga malam terakhir, Keajaiban dari doa disepertiga malam sudah popular dikalangan muslim. Berdoa biasanya dilakukan setelah menunaikan sholat tahajud, telah banyak ulama yang merumuskan kebaikan dari sholat disepertiga malam ini.

Disepertiga malam dikenal dengan waktu dimana Allah melimpahkan kasih sayang untuk umatnya. Tantangan paling berat dari sholat disepertiga malam adalah bangun disepertiga malam. Sedangkan dalil ulama shahih menyebutkan bahwa sholat tahajud hanya dapat dikerjakan jika sudah tidur sebelumnya.

Oleh karena itu, jika teman-teman sering terbangun disepertiga malam maka jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Segerakanlah mengambil wudhu untuk sholat tahajud terlebih dahulu.

Sholat dan berdoa disepertiga malam memiliki keutamaan khusus antara Pencipta dan yang diciptakannya. Teman-teman akan merasakan dekatnya Allah bersama umat yang menyisihkan waktu malamnya untuk memohon kepada Pencipta.

Doa disepertiga malam didengar oleh penghuni langit dan teman-teman akan dihadiahi dengan ketenangan hati yang tidak terhitung. Cobalah dekatkan diri dan berdoa kepada Allah saat merasa tidak tenang. Meminta kepada manusia adalah hal yang sulit untuk didapatkan bahkan orang yang dimintai sering merasa kesal. Sedang meminta kepada Allah akan dihadiahi kebahagiaan, masih ragu untuk berdoa kepada Sang Pencipta?

Berdoa diantara adzan dan iqamah

Cara Mengatasi Galau Dalam Islam yang kedua adalah dengan berdoa diantara Adzan dan Iqomah, Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa doa yang dilakukan diantara adzan dan iqamah adalah doa yang tidak tertolak. Berdoa diwaktu jeda tersebut dapat menjadi kesempatan emas untuk umat muslim meminta kepada Allah.

Sayangnya banyak yang melalaikan waktu ini dengan kesibukan duniawi. Lalu kapan dan bagaimana cara berdoa yang baik diwaktu tersebut? Menurut seorang ulama besar Saudi Arabia, Syaikh ‘Abdul’ Azin bin ‘Abdillah bin Baz berdoa dapat dilakukan setelah menunaikan sholat sunah dua rakaat. Tentunya kita akan mendapatkan pahala yang berlipat jika melakukannya setelah sholat sunah.

Bahkan sangat disayangkan jika waktu tersebut diisi dengan tilawah atau sholawatan, walaupun kegiatan tersebut juga mulia. Namun menurut ulama akan lebih baik lagi jika yang yang dikerjakan adalah sholat sunah dua rakaat kemudian berdoa kepada Allah.

Keutamaan dari berdoa diantara adzan dan iqamah diantaranya adalah :

1.      Menjauhkan diri kita dari sifat malas dan menunda

2.      Allah akan menjamin umatnya yang berdoa diwaktu tersebut agar terlindung dari syetan

3.      Mendapatkan kebaikan dihadapan Allah sebagai bentuk ketaqwaan

4.      Allah akan hadiahi mereka dengan ketengan hati

5.      Akan merasakan nikmat kedekatan dengan Allah

6.      Menjaga agar sholat tepat waktu

Berdoa Ketika Sujud Dalam Sholat

Bersujud diibaratkan sebagai bentuk ketaqwaan dan kedekatan seorang hamba dengan Allah. Berdoa dalam sujud saat sholat disebut sebagai waktu mustajab terkabulnya doa. Teman-teman mungkin sudah sering melihat orang yang memperlama waktu sujud mereka untuk berdoa. Hal tersebut karena berdoa ketika bersujud akan mendapatkan keutamaan dan mustajab.

Biasanya seorang muslim akan memperlama sujud mereka dirakaat terakhir, setelah membaca bacaan wajib saat sujud. Kemudian dilanjutkan dengan berdoa kepada Allah. Teman-teman dapat berdoa apapun, namun beberapa riwayat menyebutkan ada beberapa doa khusus yang dipanjatkan ketika sujud. Seperti berdoa agar diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah, meminta agar diizinkan taubat sebelum wafat, dan juga berdoa agar hati didtetapkan atas agamanya.

Berdoa Dihari Jumat

Hari Jumat adalah waktu mulia bagi umat muslim, ada banyak kebaikan yang tersembunyi dihari Jumat. Rasullah pernah bersabda bahwa Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya diwaktu Jumat. Ada banyak amalan yang pahalanya dilipat gandakan dihari jumat. Misalnya seperti anjuran untuk membaca surat al-kahfi agar mendapatkan kemuliaan.

Ada dua waktu khusus yang dianjurkan oleh para ulama untuk berdoa dihari jumat. Pertama yaitu saat sholat jumat. Rasullullah menyebutkan bahwa doa yang dilakukan ketika sholat dimulai hingga selesai solat adalah satu dari dua waktu yang mustajab untuk berdoa. Kedua adalah doa yang dipanjatkan setelah ashar. Itulah dua waktu khusus yang dapat teman-teman manfaatkan untuk bermunajat kepada Allah.

Berdoa Saat Hari Hujan

Teman-teman mungkin sudah sering mendengar tentang kebaikan berdoa diwaktu hujan. Disebutkan bahwa ada dua waktu yang padanya tidak ditolak doa umat yang bersungguh-sungguh. Pertama saat hari hujan dan waktu kedua adalah setelah adzan.

Kesempatan berdoa sebenarnya dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, asalkan meminta dengan kesungguhan dan hati yang bersih. Bahkan Allah tidak pernah menutup pintu taubat untuk hamba-Nya.

Berdoa adalah sebuah pengharapan yang selalu melibatkan Allah dalam setiap proses yang kita harapkan. Teman-teman yang sekarang sedang galau, bingung, atau pun tidak tenang. Cobalah untuk sejenak berdoa kepada Allah, meminta setiap kebaikan untuk hidup kita. Sungguh Allah mencintai umat-Nya yang sering berdoa kepada-Nya.

Begitulah sobat muslim tentang pembahasan kita kali ini tentang Cara Mengatasi Galau Dalam Islam , semoga bermanfaat Wassalamualaikum wr wb.

 

 

TerPopuler