Karomah dan Perbedaannya dengan Sihir ( Istidraj ) -->

Karomah dan Perbedaannya dengan Sihir ( Istidraj )

Minggu, 23 Agustus 2020, Agustus 23, 2020

Karomah Artinya - Islamadina

Karomah, Artinya dan Perbedaannya dengan Sihir – Media Islami,- Assalamualaikum wr wb sahabat muslim dimanapun berada, Kalian pasti telah mengetahui bahwa penyebaran Islam di Indonesia Khususnya pulau jawa adalah berkat kerja keras dan Karomah para Wali Allah.

Yup .. benar, Para Wali Allah tersebut telah menyebarkan Islam hingga saat ini Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di Dunia.

Di setiap daerah dan pulau meungkin mempunyai penamaan yang berbeda bagi para ulama penyebar Islam tersebut, di pulau jawa sendiri para Wali Allah tersebut terkenal dengan sebutan walisongo atau wali sembilan.

Keberhasilan Walisongo menyebar luaskan Islam, tentunya tidak lepas dengan Karomah yang mereka miliki, sehingga menarik minat penduduk untuk berbondong – bondng menganut Islam.

Namun akhir – akhir ini kita di viralkan dengan beberapa orang yang disebut – sebut mempunyai kemampuan dan Karomah seperti yang mereka miliki. Benarkah ? atau itu hanya sekedar Ilmu Sihir ?

Untuk itu yuk kita sama – sama belajar tentang penjelasan Karomah, artinya dan apa perbedaannya dengan sihir (Istidraj ) .

Arti Karomah

Menurut saya ( Mimin Islamidina ) Karomah adalah suatu hal, kejadian atau kemampuan yang luar biasa di luar batas kemampuan manusia biasa dan diluar batas logika yang merupakan kemulian yang Allah SWT berikan kepada seseorang memliki keimanan dan ketaqwaan yang sempurna.

Dalam bahasa Indonesia sendiri sebenarnya tidak ada penjelasan yang baku tentan arti kata karomah, namun arti yang mirip dalam KBBI adalah arti kata Keramat.

Keramat mempunyai arti suci dan dapat mengadakan sesuatu di luar kemampuan manusia biasa karena ketakwaannya kepada Tuhan (tentang orang yang bertakwa); 2 suci dan bertuah yang dapat memberikan efek magis dan psikologis kepada pihak lain (tentang barang atau tempat suci) ( sumber : KBBI )

Namun bila kita menyadur dari bahasa Arab istilah Karomah berasal dari kata “ Karoma – Karim “ yang berarti Mulia

Eksistensi Karomah

Pada dasarnya keberadaan dan eksistensi Karomah memang tidak dapat dielakkan dalam kehidupan kita di Dunia ini. Dan secara Ilmu pengetahuan Modern sebenarnya juga dikenal istilah pychokinesys, yaitu perilaku luar biasa dan irrasional yang dimiliki oleh orang-orang tertentu.

Untuk itu bagi mereka yang telah mempelajari tentang ilmu Parapsychology, bereksperimen serta melaksanakan uji coba, maka kejadian – kejadian luar biasa di luar nalar manusia merupakan hal yang masuk akal.

Tentunya kita juga tahu bahwa pada awalnya barang barang canggih yang saat ini sangat populer dan sangat dibutuhkan, seperti Hanphone, pesawat terbang, listrik dll. Pada awal mula penemuannya merupakan hal yang irrasional dan hal yang tidak wajar bagi banyak orang.

Dasar dan Dalil tentang Karomah

Secara Islam Karomah mempunyai dasar dan dalil yang sangat Kuat (al-Qath`i). yaitu berdasarkan dalil logika (al-`Aqli) dan dalil naqli.

Dalil Al – Aqli  yaitu adanya Karomah secara akal dan Rasio manusia merupakan hal yang wajar dan sangat mungkin terjadi.

Karomah merupakan Jaiz yang berarti bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah SWT untuk memberikan sesuatu kemulian dan hal yang luara biasa serta menganugerahkannya pada wali – walinya di muka bumi.

Baca Juga Blog Militer :

Sedangkan dengan dalil naqli, atau berdasarkan Al-Qur’an atau Hadits  ada banyak disebutkan riwayat dan kisah beberapa kejadian luar biasa yang membuktikan tentang keberadaan Karomah.

Seperti beberapa Kisah dan riwayat berikut : kisah Ashif, salah seorang pembantu Nabi Sulaiman `alaihissalam yang bisa memindahkan singgasana atau istananya Ratu Bilqis ke istananya Nabi Sulaiman sendiri dengan jarak yang sangat jauh, tapi dalam waktu sekejap (QS.al-Qashash (28):40).

Kisah Maryam dan makanan dari surga (QS.Ali Imran (3):37) dan kisah Ashab al-Kahfi  (QS.Al-Kahfi (18):17) serta masih banyak kisah – kisah lain yang tertera dalam Al Quranul Karim.

Macam-Macam Karomah

Karomah terbesar yang diberikan Allah SWT pada umat terutama pada wali wali Allah adalah mendapat pertolongan untuk dapat terus taat kepada Allah SWT dan menjaga kemaksiatan di dunia khususnya pada dirinya.

Sedangkan dalam Iqaadhul Himami sarah dari al-Hikam menyebutkan bahwa karomah itu terdiri dari dua macam, karomah hissyah dan Karomah Ma’nawiyah.

Karomah Hissya adalah kemampuan dan kekuatan  seperti Menghilang tau berpendah tempat dengan sangat cepat, terbang atau bahkan berjalan diatas air.

Sedangkan karomah ma’nawiyah adalah terbukanya hijab kelalaian, sucinya hati/kasyaf, nyatanya ‘irfan dan naik pada maqam ihsan.

Karomah Para Wali Allah

Menurut keyakinan ( Aqidah ) kita sebagai Muslim kewalian terbagi dalam 2 macam yaitu Wali Ar – Rahman ( Wali Allah )  dan Wali Asy – Syaithan.

Wali AR - Rahman ( Wali Allah ) seperti dikutip dari Wikipedia dalam bahasa Arab berarti adalah 'seseorang yang dipercaya' atau 'pelindung', makna secara umum menjadi 'Teman Allah' dalam kalimat walīyu 'llāh. Al Qur'an menjelaskan Waliallah memiliki arti orang yang beriman dan bertakwa. “Ingatlah sesungguh wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. Yaitu orang-orang yg beriman dan mereka selalu bertakwa.” (Yunus 10:62 - Al-Furqan dalam kitab Majmu’atut Tauhid hal. 339)

Sedangkan Wali Asy – Syaithan tentu merupakan kebalikannya yatu orang – orang yang tidak beriman dan bertaqwa pada Allah SWT dan merupakan budak Syaitan.

Allah Subhanahu wa ta’ala akan memuliakan hamba – hambanya yang Soleh dan selalu menjaga keimanan dan ketaqwaannya dengan berbagai Karomah yang Allah Berikan

Perbedaan Karomah dan Sihir ( Istidraj )

Bererapa waktu terkahir ini kita banyak sekali disajikan beberapa berita yang Viral atas kemampuan luar biasa sesorang diluar batas kemampuan, sebagian menyebutnya merupakan Karomah Allah SWT dan sebagian mengatakan hal tersebut merupakan Istidraj ( Kekuatan luar biasa yang berasal dari Syaitan )

Hal tentunya yang akan sangat berbeda dimana Karomah akan membawa Kemuliaan sedangkan Istidraj akan menjerumuskan pada kesalahan membawa keburukan dan Adzab yang sangat pedih.

Untuk itu kita memang harus benar – benar teliti dan dapat membedakan mana yang di sebut sebagai karomah yang benar (alHaq) dan mana yang tiruan (al-Bathil).

Sehingga kita sebagai orang dapat memahami secara sempurna keimanan dan ketaqwaan kita seperti yang diterangkan dalam Al Quran, dimana keimanan dan ketaqwaan tersebut merupakan Modal paling pokok dalam meraih kebahagian Dunia dan Akhirat.

Lalu Bagaimana membedakannya antara Karomah dan Sihir ?

Karomah dan Istidraj ( Sihir ) sebenarnya bukan merupakan hal yang susah dibedakan, ada satu ahal mendasar yang dapat mejadi pembedanya yaitu Pengakuan Diri.

Jadi salah satu cara membedakannya adalah dengan mencermati suatu hal kejadian yang luar biasa tersebut, dimana bila kejadian tersebut dibarengi dengan pengakuan Kenabian, Pengakuan Orang sholeh dan adanya pengakuan atas Hak – hak Allah SWT maka itu merupakan ciri Istidraj / Sihir atau kemampuan dan kejadian luar biasa yang datangnya dari Syaitan.

Jadi Karomah adalah harus dibarengi dengan melaksanakan hak – hak Allah dan kewajiban Manusia.

Hal tersebut sesuai dengan dikatakan oleh Imam Haramain yang menyebutkan bahwa perbedaan tersebut bukanlah perbedaan akal belaka tetapi sudah menjadi kesepakatan sebagian ‘ulama.

Perbedaan antara yang shaleh dengan yang tidak sangatlah jelas, tidak ada “Pertanda” seperti pertanda, tidak ada “Budi pekerti” seperti budi pekerti. Orang yang tidak shaleh bila berbaur dengan orang yang shaleh dapat dibedakan dengan kejelekan perbuatan dan perkataanya.

Kesimpulan

Demikian para Sahabat Muslim dimanapun berada, Jadi jangan mudah percaya dan menjadi pengikunya bila ada seseorang yang memiliki kemampuan dibatas nalar manusia karena bisa jadi itulah adalah salah satu bentuk Istidraj yang dapat membawa malapetaka bagi kehidupan Dunia dan Akhirat.

Mari bersama – sama kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT karena pada dasarnya Karomah terbesar yang Allah berikan pada Umatnya u=yang sholeh adalah mampu terus Taat kepada Allah SWT.

Silahkan bagikan bila merasa tulisan ini bermanfaat, namun kami juga menerima Kritik dan saran atas keklairuan kami dengan menulis pada Kolom komentar atau email kami di alamat acuk37@gmail.com

Wallohu A’lam Bissowab Wassalamualaikum Wr. Wb.

TerPopuler