17 Khasiat Daun Kelor yang menakjubkan -->

17 Khasiat Daun Kelor yang menakjubkan

Senin, 24 Agustus 2020, Agustus 24, 2020

Khasiat-Daun-Kelor
 

Khasiat Daun Kelor - Media Islami,- Pernah mendengar, melihat atau mengalami kejadian supranatural kemudian disembuhkan dengan daun moringga atau daun kelor.

Ya Daun Kelor dalam masyarakat adat jawa dikenal dengan daun penangkan syaitan atau Jin dimana ketika ada yang kerasukan akan dipukulkan pada badannya, dan dengan ijin Allah SWT gangguan tersebut bisa diatasi.

namun Kali ini kita tidak akan membahas tentang Khasiat Daun Kelor atau Moringga ini untuk pengusir Jin namun kita akan membahas Khasiat lainnya yang benar - benar luar biasa.

Penasaran ? untuk itu yuk kita belajar bersama tentang Khasiat Daun Kelor dan apa saja Nutrisi dan Vitamin yang terkandung di dalamnya.

Daun Kelor atau Daun Moringga

Pohon Moringga atau biasa kita kenal dengan istilah Kelor merupakan sejenis tumbuhan moringaceae. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan pagar atau semak dengan tinggi kurang lebih 10 meter dengan daun berwarna hijau kecil mirip daun katuk.

Pohonnya yang mudah tumbuh membuat pohon ini kerap dijumpai di rumah rumah penduduk pedesaaan sebagai pembatas tanah atau rumah (pagar).

BACA JUGA BLOG MILITER

Namun Pohon Kelor belum dimanfaatkan secara maximal di Indonesia, Padahal di luar negeri pohon ini menjadi salah satu pohon obat yang diolah menjadi berbagai jenis obat dengan khasiat yang sangat banyak.

Bahkan Daun Kelor kering telah dapat diolah menjadi Produk seperti Teh, Suplemen makanan baik dalam bentuk Bubuk maupun Kapsul.

Saking banyaknya Khasiat Daun Kelor , beberapa peneliti dan ilmuan kesehatan maupun biologi menyebut Pohon ini dengan Miracle Tree atau Pohon Ajaib.

Nutrisi yang ada dalam Daun Kelor 

Sebagai Miracle Tree pohon kelor mempunyai banyak Vitamin dan Nutrisi yang terkandung didalamnya.

Seperti dilansir oleh DKBM Indonesia menyatakan bahwa Daun Kelor setidaknya mengandung 82 kalori energi; 6,7 gram protein; 1,7 gram lemak; 14,3 karbohidrat; 440 mg kalsium; 70 mg fosfor; 7 mg zat besi; 11300 IU vitamin A; 0.21 vitamin B; dan 220 mg vitamin C.

Selain itu beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa dalam Daun Kelor juga mengandung Potasium tiga kali lipat lebih dari kandungan Potasium dalam buah pisang, mengandung Kalsium empat kali lipat lebih banyak dari susu, Mempunyai Kandungan Vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk, Vitamin A empat kali lebih banyak dari pada kandungan yang ada pada wortel.serta Dua kali lebih banyak kandungan protein dari pada susu.

Dengan Kandungan Nutrisi yang telah saya sebutkan diatas Poohon ajaib ini bila diolah secara benar akan dapat menjadi Super Food yang akan sangat baik bagi kesehatan Manusia terutama bagi pertumbuhan anak - anak. 

Perbandingan Daun Kelor dengan Bahan Lainnya :

Daun Kelor Kering :

  1. Kandungan zat besi 25x lipat dibandingkan dengan daun bayam
  2. Kandungan kalsium 17x lipat dibandingkan dengan susu
  3. Kandungan kalsium 15x lipat dibandingkan dengan pisang
  4. Kandungan protein 9x lipat dibandingkan dengan yogurt
  5. Kandungan vitamin A 10x lipat dibandingkan dengan wortel
  6. Kandungan vitamin C 1/2x lipat dibandingkan dengan jeruk segar 

Daun Kelor Segar : 

  1. Kandungan vitamin C 7x lipat dibandingkan dengan jeruk segar
  2. Kandungan vitamin A 4x lipat dibandingkan dengan wortel
  3. Kandungan kalsium 4x lipat dibandingkan dengan susu
  4. Kandungan kalsium 3x lipat dibandingkan dengan pisang
  5. Kandungan protein 2x lipat dibandingkan dengan yogurt
  6. Kandungan zat besi 3/4x lipat dibandingkan dengan daun bayam

Khasiat Daun Kelor

Dengan banyaknya Nutrisi dan kandungan vitamin yang ada dalam Daun Kelor, tentu saja menyebabkan daun ini menjadi makanan olahan yang mempunyai banyak manfaat dan Khasiat. Antara lain :

1. Melawan Radikal bebas dalam tubuh.

Khasiat daun kelor pertama yang akan kita bahas kali ini adalah sangat efektif dalam melawan Radikal bebas dalam tubuh.

Seperti kita ketahui bahwa tingkat radikal bebas yang tinggi dalam tubuh akan menyebabkan tubuh rentan akan resiko beberapa penyakit Kronis seperti Diabetes dan Jantung.

Dengan Kandungan Anti Oksidan yang tinggi, Daun Kelor akan dapat membantu tubuh terhindar dari banyak penyakit Kronis yang mengancam.

TIPS PENTING :

Kandungan Quercetin  yang ada dalam daun kelor akan  membantu tubuh menurunkan tekanan darah serta kandungan Asam Klorogenik akan dapat menurunkan kadar gula tubuh setelah makan.

Sebuah experimen dan uji coba menyatakan bahwa Wanita yang mengkonsumsi 7 Gram bubuk daun daun kelor setiap hari selama tiga bulan maka kadar anti oksidan dalam tubuhnya akan meningkat sangat signifikan.

2. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit yang dikenal dengan kurang darah atau suatu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau sel darah merah tidak berfungsi.

Kondisi ini akan menyebabkan aliran oksigen ke dalam tubuh berkurang, sehingga tubuh akan mudah lelah, pusing, pucat, sesak nafas dan jantung berdetak cepat.

Nah ... Anemia dapat dicegah dengan mengkonsumsi banyak Zat besi, dimana kandungan ini terdapat di dalam daun Kelor

3. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan Anti Oksidan yang sangat tinggi membuat Khasiat Daun Kelor dapat memperbaiki dan meingkatkan daya Ingat kita.

Dengan mengkonsumsi secara teratur, daun kelor akan membantu menurunkan tingkat tekanan ( Stres ) dan peradangan di otak yang menyebabkan penurunan daya ingat.

4. Mencegah dan Mengatasi Kanker.

Khasiat luar biasa daun kelor lainnya adalah dipercaya mampu mencegah dan mengatasi Kanker.

Kandungan Nutrisi, Vitamin dan anti oksidan dalam daun kelor akan mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker sehingga dapat digunakan secara efektif membantu Kemoterapi.

5. Meredakan Peradangan.

Kandungan Isotiosianat yang ada dalam daun kelor dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi dalam tubuh kita.

Karena Isotiosianat merupakan zat yang dipercaya dan telah terbukti sebagai Zat anti peradangan yang sangat efektif.

6. Memperbaiki Malnutrisi pada anak.

Khasiat Daun kelor yang lainnya adalah mampu memperbaiki dan mengatasi mal Nutrisi atau kekurangan Nutrisi terutama pada anak - anak.

Malnutrisi pada anak akan menyebabkan berat badan pada anak yang berkurang serta membuat anak dapat mengalami penurunan kesehatan.

Dengan kandungan Protein, Vitamin B6, Zat Besi, Vitamin A dan Vitamin C yang sangat tinggi akan membuat dan memperbaiki Malnutrisi pada anak - anak.

7. Sebagai Bahan Kosmetik

Kandungan anti oksidan yang tinggi lagi lagi membuat Daun kelor dan bagian lain dari pohon ini seperti biji kelor sangat berguna bagi kecantikan.

Khasiat daun kelor dengan dikeringkan dan ditumbuk untuk dijadikan masker dipercaya mampu menjadi obat yang efektif dalam menghilangkan flek di wajah.

8. Mengatasi Infeksi Bakteri.

Pohon Kelor khususnya daun kelor mempunyai kandungan antimikrobial yang sangat tinggi, sebuah kandungan yang dipercaya mampu membunuh bakteri.

Bubuk atau ekstrak dari daun kelor akan mampu membantu kita dalam meredakan infeksi yang terjadi dalam tubuh dan diakibatkan oleh bakteri.

9. Baik untuk Wanita Menopouse.

Masa datangnya menopouse memang sangat ditakutkan bagi sebagian wanita, hal ini karena ketika memasuki masa menopouse maka kadar antioksidan dalam tubuh akan turun secara perlahan namun pasti.

Daun Kelor yang diekstrak secara benar dan dikonsumsi secara teratur akan dapat membantu mempertahankan kadar anti oksidan dalam tubuh wanita yang sedang memasuki masa menopouse.

10. Sehat untuk Jantung.

Salah satu penyebab terjadinya penyakit serangan jantung adalah Dislipedemia yaitu naiknya kadar trigleserida dan kolesterol dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi daun kelor secara istiqomah, insyaallah akan mengatasi dislipedemia dalam tubuh dan terhindar dari penyakit jantung.

khasiat daun kelor turunkan gula darah

11. Menurunkan Kadar Gula Darah.

Khasiat daun kelor berikutnya adalah dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, walau belum ada penelitian resmi tentang hal ini, namun sudah banyak individu yang membuktikan bahwa daun kelor dapat menruunkan kadar gula darah.

Salah satu studi kecil menyimpulkan bahwa mengkonsumsi daun kelor sebanyak 50 gram kedalam makanan kita sehari hari, akan mengurangi resiko kenaikan gula darah hingga 21%.

Gula darah yang tinggi akan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat serius, sehingga kita harus menjaga kadar gula darah dalam batas sehat.

12. Menyehatkan Mata

Diatas telah kita jelaskan bahwa daun kelor mengandung lebih banyak vitamin A daripada yang terkandung dalam Wortel.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Vitamin A merupakan vitamin penting demi menjaga kesehatan mata.

Dengan mengekstrak daun kelor secara benar serta mengkonsumsi makanan yang tepat maka daun kelor akan dapat menyehatkan mata.

13. Memperlancar Asi

Mirip dengan daun katuk yang mempunyai khasiat utama bagi memperlancar ASI, maka daun kelor juga mempunyai kandungan yang tidak kalah ampuh dalam turut memperlancar asi dan nutrisi yang diterima oleh sang jabang bayi.

14. Melindungi dari Keracunan.

Tubuh mempunyai kerawanan untuk kemasukan bahan bahan asing atau bahkan racun seperti arsenik yang masuk lewat Kontaminasi makanan dan air yang kita Konsumsi.

Memakan dan mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan menurunkan tingkat keracunan yang terjadi dan melindungi tubuh kira dari dalam.

15. Mengobati Rematik.

Daun kelor dipercaya berkhasiat mampu mengurangi penumpukan asam pada urat sendi yang menyebakan rematik.

selain itu mengkonsumsi daun kelor secara rutin juga akan mampu mengurangi pegal linu dan nyeri pada sendi - sendi kita.

16. Meningkatkan kesehatan pencernaan.

Daun Kelor merupakan tumbuhan yang anti inflamasi, hal ini akan menyebabkan daun kelor mampu untuk mengatasi keluhan pencernaan, mengurangi sakit sakit maag, penyakit hati dan kerusakan ginjal.

penggunaan umum yang dilakukan secara benar dan rutin akan mampu meningkatkan fungsi hati dan menjadi lebih baik.

17. Melindungi Kesehatan Otak.

Daun Kelor sebagai makanan dengan Protein yang sangat tinggi dan dengan kandungan asam amino triptofan, maka daun kelor akan dapat bersifat sebagai neuro transmitter. dan menjaga Mood tetap baik.

Hal ini secara tidak langsung juga akan dapat menjaga dan melindungi kesehatan otak kita agar selalu fresh dan merasa baik.

Efek Samping Daun Kelor

Secara umum Pohon kelor aman dari efek samping yang jelek bagi tubuh kita, namun ada baiknya kita menghindari makan akar pohon kelor.

Akar pohon kelor disinyalir mengandung Zat beracun yang tidak baik bagi tubuh, walaupun hal ini juga diperlukan penelitian yang lebih lanjut.

Beberapa bahan kimia yang ada dalam kandungan pohon kelor, baiknya juga dihindari oleh ibu hamil. Hal ini mencegah adanya komplikasi yang menyebabkan keguguran.

Kesimpulan

Daun Kelor merupakan pohon ajaib atau miracle Tree yang mempunyai banyak Khasiat, sehingga mampu diolah menjadi makanan Super ( Super Food ) dengan berbagai manfaat.

Khasiat daun kelor  perlu disebarluaskan sehingga dapat menjadi alternatif bagi penduduk dan masyarakat lainnya dalam mencukupi Nutrisi Harian.

Demikian ulasan kita kali ini tentan Khasiat daun kelor, Bila merasa tulisan ini bermanfaat jangan ragu ragu untuk menshare ulang tulisan ini sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Kami juga sangat mengharapkan kritik dan saran pada Blog Media Islami, yang kami kelola ini baik melalui kolom komentar maupun email kami : acuk37@gmail.com

Diambil dari berbagai sumber :

1. Dokter sehat

2. Asian Parent 

3. Kompas

 



TerPopuler