Khasiat Surat An - Naas -->

Khasiat Surat An - Naas

Jumat, 14 Agustus 2020, Agustus 14, 2020

 khasiat-surat-an-naas

Khasiat Surat An - Naas - Blog Islami,- Hai Sahabat Muslim, kembali lagi bersama Blog Islamidina untuk Membahas tentang sebuah Surah yang ada didalam Kitab Suci kita yaitu Al Qur'an. surat An-Naas.
 

Sekilas Surat An-naas

Surah An Nass merupakan surah ke 114 yang ada dalam Al Qur'an surat ini memiliki 6 Ayat dan termasuk Golongan Surat Makkiyah yaitu surat yang turun di Mekkah sebelum Rosulullah SAW Hijrah ke Madinah.

Surah An-Nas adalah surah penutup dalam Al-Qur'an. Nama An-Nas diambil dari kata An-Nas yang berulang kali disebut dalam surah ini yang berarti manusia. seperti dikutip Wikipedia

TIPS MENARIK >>> LOLOS SELEKSI TNI/POLRI

Nama An - Nass sendiri berarti Manusia yang diambil dari ayat pertama dari surat ini. Pembahasan surat ini adalah tentang Permohonan perlindungan Kepada Allah SWT dari Gangguan Syetan baik yang berupa Jin maupun Manusia.

Dalam sebuah Kisah bahwa sebelum turunnya surat An Nass ini, Rosulullah SAW mengalami Sakit hingga datang dua Malaikat yang menjenguk Beliau.

Terjadilah percakapan antara kedua malaikat tersebut sehingga disampaikanlah bahwa Rosulullah SAW sakit akibat Sihir yang dilakukan oleh Labid bin al A’sham Al Yahudi.
 
Dan untuk menyembuhkannya sang malaikat menganjurkan Rosulullah mengambil Buhul atau Sihir yang diletakkan di sumur si Fulan untuk kemudian diangkat dan dibakar.

Untuk itu Rosulullah SAW memerintah Sahabat " Ammar Bin Yasir " dan kawan kawan untuk mendatangi sumur tersebut dan mengambil sihir/buhul berupa gulungan dengan 11 Simpul.
 
Kemudian Turunlah Wahyu  Surat An - Naas dan Al - Falaq yang setiap Rosulullah bacakan melafalkan satu ayat terlepaslah satu - satu simpul buhul/sihir tersebut.

Surat An Naas Arab


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
 
قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ
 
مَلِكِ النَّاسِۙ
 
اِلٰهِ النَّاسِۙ 
 
مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ
 
الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ
 
مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ    

Surat An Naas Latin

Bismillahirrahmanirrahim
  1. qul a'ụżu birabbin-nās
  2. malikin-nās
  3. ilāhin-nās
  4. min syarril-waswāsil-khannās
  5. allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās
  6. minal-jinnati wan-nās  

    Murotall Surat AN NAAS

     

Terjemahan Surat AN NAAS

Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
  1. Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,
  2. Raja manusia,
  3. sembahan manusia,
  4. dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,
  5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
  6. dari (golongan) jin dan manusia.”

Makna dan Kandungan Surat AN NAAS

Dalam surat An Naas memiliki beberapa kandungan antara lain Pertama, Surat An Naas Berisi tentang pengakuan kita selaku umat manusia bahwa Allah SWT Maha Esa dan Maha Kuasa Kedua Berisi tentang permohonan perlindungan kepada Allah SWT. Ketiga, Memohon perlindungan dari sesuatu hal yang dapat mencelakai terutama Bisikan Syetan

Kisah Rosulullah SAW Sakit Akibat Buhul/Sihir

Mengulangi Pembahasan diatas yang lebih terperinci bahwa Surat An Naas diturunkan setelah Rosulullah SAW Sakit hingga dijenguk oleh 2 Malaikat.
 
Dan ketika menjenguk Rosulullah SAW terjadilah percakapan antara kedua malaikat yang secara garis besar mengatakan bahwa Rosulullah SAW sakit akibat Sihir atau buhul.
 
Kemudian sang malaikat menyarankan agar rosul memerintahkan sahabat untuk mengambil buhul atau sihir dan diletakkan di dalam sumur.
 
Setelah sahabat berhasil mengambil sihir/buhul yang mengakibatkan Rosulullah sakit diketahui bahwa sihir/buhul berupa gulungan dengan 11 simpul ikatan.
 
Lalu turunlah Surat An Naas dan Al Falaq, dimana ketika dibacakan surat tersebut terbukalah ikatan atau simpul buhul tersebut satu persatu.  

BACA JUGA >>> STRATEGI MILITER TERBARU

Khasiat Surat An Naas

Khasiat surat An – Naas Ayat Pertama :


 1. Kita diperintahkan untuk meminta pertahanan dari Allah AWT , sebagai bentuk bahwa Allah SWT dapat memberikan kita keselamatan dari semua bahaya. Jadi kita harus selalu meminta perlindungan dari Allah SWT.

 2. Meminta pembelaan dari Allah Swt dapat disebut isti'adzah atau ta'awwudz.

 3. Isti'adzah adalah jenis ibadah, sebagai hasil dari ayat ini Allah Ta'ala memerintahkan kita untuk melakukannya. Dalam hal itu, maka kita tidak seharusnya didedikasikan untuk mengesampingkan Allah SWT. Kemudian orang yang isti'adzah kepada dewa, ke dukun, ke jin, ke kyai, maka dia telah melaksanakan syirik.

 4. "Ar-Rabb" adalah salah satu nama Allah.

5. Sarana "Ar-Rabb" adalah Essence yang menciptakan, mengendalikan, dan mengatur alam semesta beserta isinya, bersama dengan manusia.

6. Tidak berarti menerjemahkan pikiran "Ar-Rabb" dengan "Allah SWT".

7. Surat An-Nas ini bernama mu'awwidzah (penjaga). Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam merekomendasikan untuk mempelajarinya di pagi dan malam hari, setelah shalat, lebih awal dari tidur, dan ketika saya ruqyah. God Keen, Anda akan menjauhkan diri dari campur tangan jin, setan, dukun, dan sihir.

Khasiat surat An – Naas Ayat Kedua :


1. Salah satu dari banyak nama Allah adalah "Al-Malik".

2. Allah Ta'ala adalah orang yang membimbing manusia dalam semua urusannya dan Allah Ta'ala tidak menginginkan manusia. Semua ibadah manusia adalah untuk diri mereka sendiri, Allah SWT tidak menginginkan sesuatu dari manusia. (Tafsir al-Muyassar)

3. Di planet ini banyak raja dan umumnya orang menyembah raja mereka dan merebut hati mereka dan meminta raja mereka untuk pertahanan. Namun demikian, jantung koroner yang benar hanya bergantung pada Allah SWT dan hanya Allah SWT yang dapat melindungi mereka. (Tafsir al-Qurthubi)

Khasiat surat An – Naas Ayat Ketiga :


1. Tentu saja salah satu nama Allah adalah "Al-Ilah".

2. Al-Ilah berarti Allah Ta'ala adalah penyembah yang berhak beribadah, sedangkan semua penyembah disembah selain Allah, maka mereka adalah penyembah yang mementingkan diri sendiri.

3. Tidak diperbolehkan untuk menyediakan ibadah kepada siapa pun selain dari Allah SWT, karena itu wajib untuk menjadikan Allah SWT satu-satunya ibadah.

4. Menyembah selain Allah adalah syirik, orang yang bersalah disebut musyrik.

5. Karena wajib untuk memberi kuasa kepada Allah SWT sebagai Rabb (pencipta, penguasa, dan pengawas alam semesta), biasanya wajib untuk memberi kuasa kepada Allah SWT sebagai Allah SWT dengan hanya menyembah Allah.

Khasiat surat An – Naas Ayat Keempat :


1. Kekhawatiran itu berbahaya, jadi kekhawatiran di dalam jantung koroner tidak boleh dibiarkan dan harus dihilangkan.

2. "Al-khannas" di sini adalah karakter was-was. "Al-khannas" berarti tersembunyi dan samar. Jadi karakter histeria yang muncul di dalam jantung koroner manusia tidak jelas dan tidak diperhatikan.

3. Beberapa siswa dari komentar mengatakan: "Al-was adalah al-khannas" berarti bisikan setan yang berbisik kepada orang-orang ketika tidak bahagia, ketika bahagia dan ketika dzikir Allah. (Tafsir ath-Tabari)
4. Allah Ta'ala memerintahkan kita untuk meminta keselamatan-Nya dari bisikan Iblis dan dari kegugupan Iblis,

Khasiat surat An – Naas Ayat Kelima :


1. Iblis membisikkan keraguan dan kesalahan ke dalam dada manusia. (Tafsir al-Muyassar)

2. Iblis membisikkan kepada orang-orang dengan frasa-frasa nyaman yang mencapai hati koroner manusia tanpa keluar dengan cara mendengarkan manusia. (Tafsir al-Baghawi)

3. Setan mengalir dalam darah manusia, karena ungkapan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam:

إنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنَ الإنْسَان مَجْرَى الدَّمِ


"Setan mengalir dalam darah manusia." (HR. Bukhari - Muslim)

4. Sangat penting bagi kita untuk membantu Allah dan kemudi Allah agar kita tidak jatuh dalam dosa dan kesalahan.

Khasiat surat An – Naas Ayat Keenam :

1. Ada makhluk yang disebut jin. Dikenal sebagai "jin" dari frasa janna - yajinnu, yang artinya ditutup. Akibatnya jin tertutup dari pandangan manusia.

2. Jin bisa menjadi mahluk Allah SWT yang menjadi topik beban syariah, ia harus melakukan kepaAllah SWT dan menghilangkan amoralitas, dan jin tidak tahu masalah okultisme.

3. Beberapa siswa penafsir menyatakan bahwa ayat ini adalah perincian dari ayat sebelumnya, sehingga artinya: keragu-raguan dan kesesatan dapat menimpa jin dan manusia. (Tafsir Al Baghawi)

4. Beberapa siswa mengklarifikasi bahwa itu adalah pemecahan dari ayat 4, sehingga artinya: Iblis berasal dari kelompok jin dan mungkin ada juga Iblis dari kelompok manusia. Orang-orang yang membisikkan keraguan dan kesesatan kepada orang lain, dia adalah setan dari kelompok manusia. (Tafsir Ibnu Katsir)

5. Salah satu strategi untuk menghentikan gangguan jin adalah dengan mempelajari surat An-Nas ini, pada pagi dan malam hari.

KEISTIMEWAAN SURAT AN NAAS

  • Merupakan surat yang mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri atau al muzataini yaitu 2 surat yang memohon perlindungan kepada Allah SWT selain surat Al Falaq.
  • Bila membacanya 3X pada pagi dan sore Insyaallah akan tercukupi segala kebutuhan dunianya.
  • Apabila membaca Surat An Naas sebelum Sholat Insyaallah dilindungi dari berbagai cobaan dan gangguan saat sholat.
  • Apabila Surah An Naas dibacakan dengan Surat Al Falaq maka akan menjadi pencegah dan obat dari gangguan Sihir/Buhul.
  • Didunakan sebagai salah satu surat dalam metode Ruqyah atau penyembuhan secara islami
  • Dapat melindungi kita dari Godaan Syetan terutama saat tidur dengan membacanya sebelum kita tidur seperti Riwayat dan Hadist yang Mengkisahkan bahwa Aisyah ra, menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW pada tiap malam apabila hendak tidur, beliau membaca surah al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas, ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian disapukan ke seluruh tubuh dan kepala.

BACA JUGA >>> ALUTSISTA TNI TERBARU

Begitulah karomah dan Khasiat surat An Naas yang dapat kami jelaska, sudah sepatutnya kitasebagai umat muslim untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Karena Ingatlah bahwa syetan akan selalu menggoda kita dengan membisikkan godaan - godaan yang menyesatkan kita. sehingga kita harus selalu mendekatkan diri pada Allah SWT dan Rosulnya dengan selalu beribadah dan bertaqwa kepadanya.

Dimana salah satu bentuk ibdadah dan ketaqwaan kita adalah dengan selalu melaksanakan Sholat dan membaca Al Quranul Karim dengan Ikhlas

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan mudah mudahan artikel ini menjadi bermanfaat untuk saya khususnya dan untuk sahabat yang ikut membaca di website / Blog Muslim ini

Khasiat Surat An - Naas


TerPopuler