Abu Bakar Ash Siddiq, Sahabat Rosul yang Tegas dan Bijaksana -->

Abu Bakar Ash Siddiq, Sahabat Rosul yang Tegas dan Bijaksana

Sabtu, 19 September 2020, September 19, 2020

Media Islami,- Siapa Muslim yang Tak Kenal dengan sahabat Rosul yang merupakan Khalifah Pertama setelah Wafatnya Rosulullah SAW ?. Ya Benar Sahabat Abu Bakar merupakan Khalifah penerus Nabi Muhammad SAW.

Abu Bakar Lahir pada Tahun 573 M atau kurang lebih dua tahun satu bulan setelah kelahiran Rosulullah SAW.

Beliau berasal dari dari Mekkah dan lahir dari sebuah keluarga Terhormat. Nama Asli Abu Bakar adalah Abdullah Ibn Abu Kuhafah.

Ayah Abu Bakar bernama Uthman Abu Kuhafah dan seorang ibu bernama Salma binti Shakkar.

Silsilah Abu Bakar

 

Gelar Ash Siddiq

Abu bakar menerima gelar Ash Siddiq dari Rosulullah SAW setelah beliau masuk Islam dan membenarkan perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Sidratul muntaha atau yang biasa dikenal Isra' Mi'raj.

Isra' Mi'raj merupakan  perjalanan Rosulullah SAW di malam hari dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil aqsa di Palestina. Kemduian  dilanjutkan naik ke langit hingga Sidratul Muntaha dalam waktu sepertiga Malam.

Pada Peristiwa Isra' Mi'raj ini, Rosulullah SAW  mendapat perintah dari Allah SWT untuk melaksanakan Sholat lima waktu Sehari semalam.

Ketika kejadian ini disampaikan pada orang - orang di Mekkah maka serentak orang Kafir tersebut tidak mempecayainya.

Mereka ( Orang Kafir Mekkah ) menganggap Rosulullah SAW melakukan suatu kebohongan yang besar.

Hal ini berbeda dengan apa yang abu bakar lakukan, Beliau langsung membenarkan kejadian yang di alami Nabi Muhammad SAW.

Atas keberanian dan kesaksiannya tersebut Nabi Muhammad SAW memberikan gelar pada Abu Bakar dengan tambahan Ash Siddiq atau berarti Benar.

As Sabiqun Al Awaalun

Selain menerima gelar Ash Siddiq, Abu Bakar juga merupakan orang - orang yang pertama masuk islam atau As Sabiqun Al Awaalun.

Dengan masuknya beliau dalam islam yang saat itu belum berkembang, Maka Abu Bakar Ash Siddiq juga harus mengorbankan seluruh harta bahkan jiwanya.

Beliau dengan gigihnya untuk terus setia mendampingi nabi Muhammad SAW dalam berdakwah dan mengajarkan Islam.

Abu Bakar Ah Siddiq juga selalu mendapatkan makian dan Cacian dari para musuhnya karena mengikuti agama Islam.

Namun senua rintangan itu tak membuatnya bergeming untuk terus mendampingi Rosulullah SAW berdakwah hingga hijrah ke madinah.

Khalifah pertama Dunia Islam

Wafatnya Rosulullah SAW sempat membuat perselisihan antara Islam tentang siapa yang akan menggantikan Rosulullah SAW.

Kaum Anshor menuntut segera diadakannya pemilihan Khalifah namun Kaum Muhajirin lebih memilih berdiam sejenak.

Dan untuk meredam perbedaan pendapat yang semaikin memanas, Sahabat Rosul Basyir bin Sa.ad Abi An Nu'man memberikan Pidato untuk menenangkan Suasana.

Dan setelah tenang maka Abu Bakar Ash Siddiq berganti berpidato agar para umat muslim yang datang untuk memilih antara Umar dan Abu Ubaidah sebagai Pengganti Rosulullah SAW.

Namun Umar dan Abu Ubaidah Menolak permohonan Abu Bakar untuk dicalonkan sebagai pengganti Rosulullah SAW.

Mereka Justru Menilai Abu Bakar Ash Siddiq lah yang harus menggantikan Rosulullah SAW. seperti saat Beliau ditunjuk menggantikan Imam saat Rosul sedang Sakit.

Mandat dari Rosulullah SAW yang memerintahkan Abu Bakar untuk menjadi Imam Sholat juga diartikan oleh sebagian besar umat muslim untuk Abu Bakar menggantikan Rosulullah SAW setelah beliau wafat.

Akhirnya sidang sepakat untuk Abu Bakar Ash Siddiq menggantikan Rosulullah SAW dan sejak itulah berdiri Ke khalifahan pertama Islam tepatnya pada 632 Masehi.

Dalam menjadi Khalifah pertama Abu Bakar terkenal sebagai pemimpin yang Bijaksanan dan sangat tegas dalam mengambil keputusan.

Salah satu bukti ketegasannya adalah beberapa program yang beliau laksanakan saat menjadi Khalifah adalah :

1. Tegas terhadap orang - orang yang keluar dari Islam ( Murtad);

2. Tegas terhadap orang - orang yang enggan mebayar Zakat;dan

3. Tegas terhadap orang - orang yang mengaku nabi ( nabi palsu ).


Penutup

Demikianlah sekelumit Kisah tentang  Abu bakar, Sahabat Rosul yang menjadi Khalifah Pertama dan mempunyai sifat yang Bijaksana dan tegas.

Semoga Kisah ini dapat menjadi penyemangat dan tambahan Ilmu bagi Umat Muslim. sehingga kita dapat meneladani sifat - sifat Rosul dan Sahabat - sahabatnya.

Bila anda merasa tulisan ini kurang menarik kami sangat mengharapkan kritik dan sarannya kepada admin baik melalui komentar maupun email penulis.

Namun bila merasa tulisan ini dapat berguna bagi orang lain maka silahkan share sehingga makin banyak umat muslim yang tahu bagaimana kisah tentang Abu Bakar Ash Siddiq. Sang Khalifah pertama umat muslim di Dunia.

Wassalamaulaikum wt wb.



 


 


TerPopuler