Kisah Nabi Muhammad SAW : Manusia Paling Sempurna Di Muka Bumi -->

Kisah Nabi Muhammad SAW : Manusia Paling Sempurna Di Muka Bumi

Minggu, 20 September 2020, September 20, 2020

KISAH NABI MUHAMMAD SAW

Kisah Nabi Muhammad SAW : Manusia Paling Sempurna Di Muka Bumi - Situs Islami ,-  Tahukah Kalian bahwa Allah SWT telah mengabarkan Kehadiran Nabi Muhammad SAW sebelum kelahiran Beliau di muka bumi, kepada Nabi - nabi sebelumnya sebagai sosok yang memiliki Sifat - sifat Mulia ?

Bahkan diriwayatkan bahwa Allah SWT selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, Hal ini sesuai dengan firman Nya dalam surat al ahzab ayat 56 yang artinya “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Nabi Muhammad SAW merupakan penutup para nabi, yang menjadi rahmat dan berkah bagi seluruh alam.

Nabi Muhammad SAW adalah pembawa berita bahagia, ancaman, dan perintah bagi umat manusia yang juga merupakan teladan sepanjang masa.

Sebagai Manusia paling Mulia, tidak ada manusia bahkan makhluk di muka bumi yang mencapai kesempurnaan seperti yang dicapai Nabi Muhammad SAW.

Sejak kecil beliau telah memperlihatkan ketulusan dan kejujuran. Nabi Muhammad SAW merupakan Manusia yang seumur hidupnya diriwayatkan sebagai manusia yang tidak pernah berbohong.

Kisah Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal atau bertepatan dengan hari Senin tanggal 20 April 571 Masehi.

Ayah nabi Muhammad bernama Abdullah Bin Abdul Muthallib wafat saat beliau berusia 6 Bulan didalam kandungan ibunya Siti Aminah.

Saat bayi nabi Muhammad SAW  diasuh oleh Halimah Sa'diyah yang berasal dari Bani Saad, Kabilah Hawazin hingga beliau berumur 5 Tahun.

Saat berusia 6 tahun, Siti Aminah Binti Wahab. Ibu Nabi Muhammad SAW Wafat sehingga beliau dirawat oleh sang kakek Abdul Mutalib.

Setelah 2 Tahun bersama dan mendapat kasih sayang yang sangat besar dari Abdul Mutalib,  sang Kakek pun akhirnya harus meninggalkan nabi Muhammad SAW dipanggil sang Maha Kuasa Allah SWT.

Sejak ditinggal sang Kakek, nabi Muhammad kecil tinggal bersama sang paman Abu Talib hingga menginjak remaja.

Bersama sang Paman, Nabi Muhammad SAW diajarkan cara menjalani kerasnya kehidupan. Dimulai dengan mencari pekerjaan sebagai Buruh saat usianya 10 tahun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Hingga menjadi seorang penggembala ternak milik orang lain di daerah gurun mekkah yang sangat panas.

Di Gurun pasir inlah beliau Nabi Muhammad SAW menghayati arti kehidupan dan rasa tanggung jawab sehingga menjadi lebih matang daripada Usianya.

Sang Paman Abu Talib yang melihat kecerdasan dan kematangan Nabi Muhammad kecil yang lebih dari anak seusianya, mulai mengenalkan nabimuhammad dengan perniagaan dan turut mengelola ekonomi perniagaan pamannya.

Nabi Muhammad SAW juga turut membawakan barang dagangan pamanya yang diambil dari seorang majikan bernama Siti Khadijah yang dikemudian hari menjadi Istri Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan bahwa suatu ketika saat melakukan perjalanan perniagaan, ketika iba di kota Basra di wilayah Syiria Besar bertemulah Kafilah dagang dengan seorang pendeta besar saat itu bernama Buhairah.

Sang Pendeta mendekati Abu Talib dan mengatakan bahwa " Aku Mengenali anak muda ini sebagai sosok yang kelak akan dinobatkan sebagai rahmat semesta alam. hal ini telah tertulis jelas dalam kitab kitab kami "

Buhairah pun akhirnya menyarankan Abu Talib untuk melindungi Nabi Muhammad SAW dari orang - orang yahudi dan membawanya kembali ke mekkah.

Pada Usia 25 Tahun Nabi Muhammad SAW mulai berdagang sendiri tanpa bantuan Abu Talib sang Paman.

Nabi Muhammad SAW pun mulai mengambil dan memasarkan dagangannya sendiri. Saat berdagang Beliau Nabi Muhammad SAW sangat jujur dan tidak pernah membohongi para pembeli.

Nabi Muhammad SAW juga tidak pernah mengambil keuntungan yang berlebihan serta selalu berkata sopan, ramah, dan penuh kasih sayang.

JUJUR DALAM BERDAGANG

 

Sifat - Sifat Mulia Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW akhirnya berhasil berdagang dengan sukses, hal tersebut tak lepas dari sifat pribadinya yang mulia seperti :

1. Berpendirian Teguh;

2. Memiliki kejujuran yang luar Biasa;

3. Amanah terhadap kepercayaan yang diberikan orang lain;

4. Semangat dalam bekerja;

5. Adil dalam berdagang. 

Dan masih banyak sifat mulia lainnya yang membuatnya menjadi seorang penguasaha dan pedagang yang sukses.

Sifat - sifat mulia nabi Muhammad SAW memikat hati semua orang termasuk sang Siti Khadijah yang mempercayakan barang daganganya untuk dipasarkan ke syria.

Hingga Akhirnya menikah dengan nabi Muhammad SAW dan dikarunai 7 orang anak antara lain Ibrahim,Qasim,Abdullah,Zainab,Ruqayyah,Ummi Kulsum dan fatimah.

Demikianlah sahabat muslim tentan sejarah singkat hingga Nabi Muhammad SAW menikah dengan Siti Khadijah.

Kisah Nabi Muhammad SAW sebagai Manusia Paling sempurna akan kita lanjutkan ke Artikel berikutnya dengan diangkatnya Beliau menjadi Rosul dan menjalankan dakwahnya di Mekkah dan Madinah.

Kita sebagai seorang Muslim dan pengikutnya wajib meneladani Sifat - sifat nabi Muhammad SAW dalam menjalani kehidupan ini.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada Rosulullah SAW dan semoga kita mendapatlan Syafaatnya di yaumil Akhir ,,, Aamiin

Bila merasa artikel ini bermanfaat Share dan like sehingga lebih banyak orang yang mengetahui Kisah Nabi Muhammad SAW : Manusia Paling Sempurna Di Muka Bumi


 


TerPopuler