-->

Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surat Al Falaq

hpk

Assalamualaikum Wr Wb Sahabat Muslim dimanapun kalian berada, tahukah kalian tentang Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surat Al Falaq ? Jika Kalian Ingin mengetahuinya yuk sama - sama kita belajar ?

keutamaan surat al falaq

Dalam Al Quranul Karim, Surat Al - Falaq merupakan surat dengan urutan ke 113. Al - Falaq merupakan surat yang diturunkan di Mekkah atau biasa disebut Makkiyah.

Hal ini karena Surat Al - Falaq turun sebelum Rosulullah SAW Hijrah ke Madinah, Lebih tepatnya diturunkan setelah surat Al -Fil dan sebelum Surat An Nass.

Surat Af - Falaq  memang hanya terdiri dari 5 Ayat, Namun Kandungan, Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Falaq yang terkandung didalamnya membuat surat ini menjadi salah satu Surat yang paling banyak diamalkan oleh umat muslim.

Al - Falaq berarti waktu subuh, Nabi Muhammad SAW, sering membaca Surat Al - Falaq ini, terutama saat sedang perjalanan agar selalu diberikan perlindungan dari kejahatan.

Kandungan Surat AL  Falaq

Dalam Surat Al - Falaq, Allah SWT memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW ( Dan tentunya juga kepada kita sekalian selaku umat muslim ) untuk mengatakan :    " Aku Berlindung kepada Tuhan ( Allah SWT ) yang menguasai Subuh ( Falaq ) "

Hal ini bermaksud bahwa, Allah SWT memerintahkan pada Rosulullah SAW dan Umatnya untuk selalu berlindung kepada Tuhan agar terpelihara dari kejahatan.

Surat Al - Falaq juga menceritakan bahwa di dunia ini ada kejahatan makhluk, ada kejahatan malam di dalam gelap gulita, ada kejahatan tukang sihir dengan buhul dan mantra - mantranya, serta ada juga kejahatan dari orang - orang yang mempunyai sifat iri dan dengki.

Dengan membaca Surat Al - Falaq dengan istiqomah dan ikhlash, maka Insyaallah kita semua akan selalu terpelihara dari kejahatan- kejahatan yang telah disebutkan diatas.

Dengan demikian kandungan Surat Al Falaq adalah mengajarkan kepada kita semua bahwa hanya kepada Allah SWT tempat kita berlindung.

Keutamaan Surat AL Falaq

Surat Al - Falaq mempunyai  banyak Fadhilah dan Keutamaan bagi yang membacanya dan sangat berguna dalam kehidupan sehari - hari baik kebaikan dunia maupun Akhirat, 

Berikut beberapa Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surat Al Falaq :

 1. Terlindung dari Gangguan Sihir

Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surat Al Falaq yang pertama adalah terlindung dari gangguan Sihir sesuai dengan Riwayat yang turun temurun dari para ulama.

Turunnya Surat Al - Falaq dikisahkan dalam beberapa kitab salah satunya kitab Dala'il An- Nubuwah adalah diawali dengan riwayat Sakit yang dialami Rosulullah SAW.

Sakit kali ini berbeda dengan sakit beliau dari sebelum - sebelumnya, Sakit kali ini sangat keras. Sehingga turunlah 2 malaikat yang menjenguk Rosulullah SAW.

Dalam kunjungannya kedua malaikat tersebut terlibat percakapan yang intinya bahwa malaikat yang berada di dekat kaki Nabi bertanya kepada malaikat yang beradat di dekat kepala Nabi Muhammad SAW tentang apa yang terjadi pada Rosulullah SAW.

Malaikat pertama menjawab, bahwa Rosulullah SAW mengalami Sihir yang diperbuat oleh seorang yahudi bernama Lubaid bin Al - Asham. 

Malaikat yang pertama juga mengatakan bahwa sihir atau buhul - buhul yang menerpa Rosulullah SAW diletakkan di sumur keluarga Fulan ditutupi oleh sesuatu yang berukuran besar.

lalu berangkatlah beberapa sahabat ke sumur si fulan untuk mengankat Buhul - buhul tersebut.

Sahabat menguras air sumur tersebut dan mengangkat batu besar yang menutupinya, maka didapatilah kertas - kertas yang telah dimantrai dan sebelas tali simpul sihir.

Dan ketika Rosulullah SAW membacakan Surat al falaq dan surat an nass maka terbukalah satu persatu simpul sihir tersebut.

Karomah surat al falaq

2. Melindungi Bahaya Saat Tidur

Keutamaan surat Al Falaq selanjutnya adalah melindungi bahaya saat tidur bagi yang membacanya.

Hal ini sesuai dengan Kisah yang diriwayatkan dari Aisyah ra, bahwa Rosulullah saw jika akan menuju tempat tidurnya setiap malam, maka beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya sambil membaca "Qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas), Qul a’udzu birabbil falaq (Al-Falaq), dan Qul a’udzu birabbin nas (An-Nas).

Kemudian setelah membaca surat tersebut beliau mengusapkan kedua tangannya kepada tubuhnya yang dapat beliau jangkau, yakni dimulai dari atas kepala dan wajahnya, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali." (HR. Al-Bukhari)

keutamaan surat al falaq saat tidur

3.Surat yang hanya ada dalam Al quran

Keutamaan Surat Al Falaq ketiga, bahwa Surat Al Falaq merupakan satu diantara 2 Surat yang belum pernah diturunkan ( Dalam Kitab ) sebelumnya.

Ini berarti Surat Al Falaq hanya ada dalam Al - Quran dan tidak ada dalam Kitab sebelumnya seperti Kitab Taurat, Zabur dan injil.

Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan, dari Uqbah bin Amir dikatakan, "Surah-surah yang tidak diturunkan di dalam Taurat, Zabur, dan tidak pula di dalam Al-Qur’an yang mirip seperti surah-surah tersebut. Tidaklah malam menghampirimu kecuali engkau membaca surah-surah itu di dalamnya, yakni "Qul huwallahu ahad, qul a’udzu birabbil falaq dan qul a’udzu birabbin nas." (HR. Ahmad)

Kesimpulan

Demikianlah wahai sahabat muslim di seluruh Indonesia, pembahasan kita tentang Keutamaan dan Karomah Surat Al - Falaq.

Sebenarnya masih banyak lagi Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surat Al Falaq yang Allah SWT berikan kepada kami. selain untuk  berperang.

Semoga dapat menjadi wasilah kepada orang - orang yang beriman dan bertaqwa, guna gemar membaca Al Quran Khususnya Surat Al Falaq.

Jangan lupa Share artikel tentang Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surat Al Falaq ini ya agar semakin banyak orang yang mengerti. Wassalamualaikum wr wb.  Wallahu A'lam Bisshowab.

 


0 Response to "Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surat Al Falaq"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel