Arti dan Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara -->

Arti dan Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Senin, 30 November 2020, November 30, 2020
Pada kesempatan kali ini Portal Islam Islamidina akan mengulas tentang Arti dan Makna Pancasila sebagai dasar negara kita dimana 80% penduduknya merupakan Umat Muslim. Selaraskah atau justru bertentangan ?
 
pancasila-sebagai-dasar-negara

Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk republik atau disebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Indonesia memiliki dasar negara yakni Pancasila. Pancasila menjadi pedoman dan dasar yang kuat untuk mencapai tujuan kenegaraan.
 
Dari berbagai sendi-sendi kehidupan Pancasila memiliki arti penting yang sangat luas. Pancasila memiliki arti penting dimana dalam menjalani kehidupan, Pancasila adalah dasar filsafat atau dasar falsafah negara.
 
Pancasila menjadi suatu dasar, norma untuk mengatur pemerintahan sebagai penyelenggara negara.  Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum. 
Pancasila adalah sumber kaidah hukum negara yang secara konstitusional mengatur negara Republik Indonesia dan seluruh unsur-unsurnya yaitu wilayah, rakyat dan pemerintahan negara.
 
Pancasila ada pada ketentuan tertinggi yakni Pembukaan UUD 1945 karena Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum Indonesia. Pancasila lalu dijabarkan lebih lanjut dalam pokok-pokok pikiran meliputi suasana kebatinan dari UUD 1945 dan akhirnya dijelaskan dalam pasal-pasal UUD 1945.
 
Pancasila adalah penopang yang kokoh terhadap negara yang berdaulat di atasnya karena adanya pandangan tersebut sehingga mengibaratkan Pancasila sebagai integral (utuh dan menyeluruh). Pancasila terus dipertahankan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melindungi dan mengembangkan harkat martabat serta hak-hak asasi semua warga nerga Indonesia.

Arti dan Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila sebagai pondasi negara Indonesia memberikan makna tersendiri dan sangat mendalam bagi seluruh masyarakat karena Pancasila memiliki arti penting. Arti penting dan makna Pancasila tertuang pada Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 alinea ke-4 yang secara jelas mengungkapkan makna Pancasila sebagai dasar negara. 
 
Berikut penjelasannya : “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”
 
Dari penjelasan di atas, Pancasila harus dijadikan sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh karena Pancasila mengandung setiap sila yang tidak bisa diantitesiskan antara satu dengan yang lainnya.
 

Pancasila adalah dasar dan landasan ideologi bagi bangsa Indonesia. Artinya, setiap nilai yang terkandung pada Pancasila harus dijadikan dasar dalam hidup bernegara. Nama Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, tersusun dari dua kata yakni panca dan sila. 
 
Panca artinya lima sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Jika digabung, Pancasila memiliki arti ada lima pedoman penting bagi rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Sebagai warga negara yang baik maka memahami Pancasila sangatlah penting. karena jika tidak memahami makna Pancasila maka dasar negara ini bisa saja hanya dianggap sebagai slogan tanpa makna yang berarti. 
 
Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki makna sebagai landasan, fondasi utama, dan titik acuan bangsa Indonesia untuk mengatur kehidupan bangsanya. Sehingga, sangat penting untuk dapat mengatur unsur-unsur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila.
 
Sebagai dasar negara, Pancasila dianggap begitu penting sehingga ada satu hari dimana ditetapkan sebagai Hari Kelahiran Pancasila yakni pada 1 Juni. Hal ini berdasarkan pada keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. 
 
Keputusan ini disampaikan oleh Presiden Indonesia yakni Presiden Joko Widodo di Gedung Merdeka, Bandung pada tanggal 1 Juni 2016. Tanggal tersebut dipilih karena pada tanggal ini Presiden pertama Indonesia yakni Presiden Soekarno menyampaikan pidatonya. Judul dari pidato tersebut adalah lahirnya Pancasila.Sedangkan rumusan pancasila yang disampaikan oleh Soekarno dideklarasikan sebagai dasar negara Indonesia oleh BPUPKI.

Arti Pancasila

Pancasila memiliki arti penting sebagai dasar negara yakni Pancasila menjadi pedoman hidup bagi seluruh masyarakat Indonesia. 
 
Pancasila memiliki nilai-nilai yang menjadi nilai mendasar untuk dijadikan pedoman peraturan dan dasar dari norma-norma hukum di Indonesia. 
 
Dari segi pandangan hidup, Pancasila menjadi dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang sudah tertuang di setiap sila Pancasila. 
 
Setiap sila Pancasila dengan yang lainnya mempunyai keterkaitan karena Pancasila merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Apabila salah satu dari sila Pancasila hilang, maka Pancasila tidak dapat berfungsi dengan baik.

Makna Pancasila

pancasila sebagai dasar negara    
Pancasila memiliki makna sebagai esensi nilai-nilai Pancasila yang berfungsi untuk menjadi inspirasi, panduan dan pedoman tingkah laku segenap masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari penjelasan berikut, Pancasila meliputi arti nilai yang menjadi pedoman hidup dan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Pancasila tidak hanya menjadi simbol dan lambang. Lebih dari itu, Pancasila merupakan nilai, esensi nilai yang memiliki makna. 
 
Pancasila memiliki peran penting bagi bangsa Indonesia karena Pancasila adalah sebuah entitas yang menjadi dasar negara. Tidak hanya memiliki peran yang simbolik, Pancasila juga memiliki peran yang esensial.

Setiap sila Pancasila memiliki makna tersendiri dan berbeda-beda. Berikut penjelasan dari setiap makna pada sila Pancasila :

Makna dari Sila Pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa"

1. Pengakuan adanya Tuhan Yang Maha Esa
2. Kehadiran negara sangat penting saat timbul konflik antar agama
3. Terjaganya toleransi antar pemeluk agama
4. Negara mengakui keberadaan agama yang berketuhanan dan membebaskan penduduk untuk memilih agamanya masing-masing
5. Kehidupan sosial berlangsung karena kehidupan beragama berjalan dengan baik
6. Negara  menjamin penduduk untuk beribadah berdasarkan agamanya masing-masing

Makna Sila Kedua "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab"

1. Setiap manusia Indonesia mengakui dan menghormati adanya martabat manusia lain.
2. Memanusiakan manusia dan melihat manusia lain sebagai makhluk Tuhan.
3. Menjunjung tinggi prinsip keadilan dalam berhubungan dengan manusia lain.
4. Menerapkan perilaku yang beradab.
5. Menjaga adab dan sopan santun dalam berhubungan sosial.

Makna Sila Ketiga "Persatuan Indonesia"

1. Setiap manusia indonesia cinta tanah airnya.
2. Memiliki jiwa nasionalisme dan patriotism.
3. Bersikap dan bertindak dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
4. Antirasis dan antidiskriminasi.
5. Menjunjung tinggi rasa persaudaraan se-tanah air.
6. Kemanapun kaki melangkah, dimanapun tubuh berada, jiwanya tetap merah-putih.

Makna Sila Keempat "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan"

1. Bersikap pro-dialog, pro-musyawarah, pro-demokrasi.
2. Antikekerasan dalam menyelesaikan masalah atau konflik.
3. Mengambil keputusan dengan musaywarah mufakat.
4. Selalu mengambil kebijaksanaan di atas persengketaan atau perbedaan pendapat.
5. Musyawarah dilandasi dengan kejujuran bersama.

Makna Sila Kelima "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia"

1. Pemerataan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. Kebijakan berorientasi pada pengurangan kesenjangan masyarakat.
3. Redistribusi kekayaan secara adil kepada masyarakat banyak.
4. Negara berpihak pada mayoritas rakyat jelata yang lemah.
5. Negara melindungi setiap warga negara untuk mendapat penghidupan yang layak.

Akhir Kata

Dari lima makna Pancasila yang dijelaskan di atas, maka dapat terlihat kekuatan positif yang ditopang oleh Pancasila sebagai landasan hidup dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. 
 
Dari makna yang sudah dijelaskan di atas, maka peran penting Pancasila bagi kehidupan sosial dan masyarakat Indonesia sangatlah penting.
 
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Arti dan Makna Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia yang Mayoritas beragama Islam. 


Artikel telah dimuat dalam Blog Literacy Militer dengan Judul
Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila

   

TerPopuler