Pendidikan Anak Usia Dini - PAUD Dalam Islam -->

Pendidikan Anak Usia Dini - PAUD Dalam Islam

Senin, 23 November 2020, November 23, 2020

Hai sobat Portal Islami  Kali ini kita akan membahas pentingnya pendidikan anak usia dini - PAUD, agar buah hati kita menjadi anak sesuai keinginan dan berhasil di saat dewasa nanti.

pendidikan anak usia dini - paud
 

Siapa yang tidak mau anaknya menjadi seorang yang baik, sholeh, dan sukses ? semua orang tua tentunya ingin hal tersebut. Karena dalam Islam anak sholeh merupakan salah satu perihal yang dapat menyelamatkan kita di hari akhir nanti.

Saat ini sudah banyak sekolah - sekolah yang membantu orang tua dalam mewujudkan cita cita tersebut, termasuk salah satunya adalah PAUD - pendidikan anak usia dini.

Pengertian Paud Adalah ???

Pendidikan anak usia dini atau Paud adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak usia dini yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal (Depdiknas, 2002).

 Latar Belakang Pendidikan Anak Usia Dini

Anak Usia dini merupakan anak dengan rentang umur 3 - 6 Tahun, dimana rentang usia ini adalah Periode Golden Age ( Umur Keemasan ) bagi seorang anak.

Di periode ini anak akan cenderung akan sensitif dan mudah menerima sutau rangsangan dari luar, Sehingga periode ini perkembangan otak seorang anak akan optimal dan sanat berpengaruh terhadap kehidupan anak kedepannya.

oleh sebab itu latar belakang diadakannya pendidikan anak usia dini - PAUD adalah sebagai upaya pembinaan terhadap anak sebelum menempuh Pendidikan Dasar / Sekolah Dasar ( SD ) sehingga dapat membentuk insan yang cerdas dan berakhlak.

Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini

Pada dasarnya tujuan PAUD sama dengan tujuan pendidikan secara umum yaitu suatu upaya untuk membentuk watak dan mengembangkan kemampuan serta mendapatkan perkembangan yang maksimal Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu Pendidikan anak usia dini juga bertujuan mengembangkan kemampuan Emosional, Fisik, Intelektual secara maksimal.

Namun Secara Spesifik , ada beberapa Tujuan PAUD, Yaitu antara lain :

1. Membentuk perkembangan Fisik yang baik yaitu adanya Koordinasi yang baik antara syaraf motorik halus dan syaraf motorik Kasar;

2. Membantu Menyiapkan anak untuk menerima pendidikan dasar;

3. Membentuk Perkembangan kecerdasan Kognitif yaitu perkembangan dalam daya pikir dan daya cipta;

4. Membentuk perkembangan sikap dan emosi;

5. Membentuk perkembangan Komunikasi dan Bahasa;dan

6. Sebagai deteksi dini guna mengetahui gangguan dalam pertumbuhan anak.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Sebagai pendidikan pertama pada anak PAUD mempunyai beberapa fungsi penting, antara lain yaitu :

1. Kegiatan - kegiatan di PAUD mempunyai fungsi untuk membantu anak dalam beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda;

2. Kegiatan di PAUD juga mempunyai peran penting dalam mengajarkan cara bersosialisasi sehingga tidak menjadi pribadi Introvert ( Tertutup ).

3. Selain Fungsi Adaptasi dan Sosialisasi kegiatan di pendidikan anak usia dini juga sangat penting dalam membantu anak memanfaatkan waktunya untuk bermain bersama teman teman sebayanya.

4. Alasan penting lainnya dalam pembelajaran di PAUD adalah menyiapkan anak untuk menerima pendidikan dasar.

Akhir Kata

Nah sobat , itulah tadi pembahasan kita tentang Pendidikan anak usia dini - PAUD yang dalam islam juga sangat dianjurkan. Jadi jangan takut lagi untuk memberikan pembelajaran anak usia dini baik melalui lembaga formal maupun non formal. semoga anak - anak kita menjadi anak soleh dan sukses dunia akhirat ... aamiin

TerPopuler