-->

Asuransi Kendaraan Terbaik 2023

hpk

Asuransi mobil adalah asuransi online yang memberikan ganti kerugian jika kendaraan alami kerusakan mudah seperti lecet, penyok, sampai remuk keseluruhnya atau akut. Type asuransi mobil terdiri jadi dua, yaitu asuransi all risk (comprehensive) yang menanggung semua type kerusakan pada mobil. Ada juga asuransi mobil keseluruhnya loss only (TLO) yang hanya menanggung biaya kerusakan keseluruhnya saja.




Type Asuransi Mobil di Indonesia 


Type asuransi mobil terbagi dalam asuransi mobil all risk (comprehensive) dan Keseluruhnya Loss Only (TLO). asuransi mobil all risk menanggung semua risiko, sementara asuransi mobil TLO hanya meng-cover kerusakan akut saja. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya, baik dari segi pertanggungan atau besaran premi.


Karena itu, semestinya mengimbangi dengan keperluan dan type mobil. Misalnya saja, tentukan Asuransi Mobil KIA, Asuransi Mobil Nissan, Asuransi Mobil ACC, Asuransi Mobil BCA Insurance, dan lain sejenisnya.


Bicara masalah premi, biaya premi asuransi mobil disetarakan dengan type yang ditetapkan. Pada intinya rangenya diawali dari Rp600 beberapa ribu /tahun atau sekitar Rp50 beberapa ribu /bulan!


Agar tidak salah tetapkan, Anda harus kenali dulu beberapa macam asuransi kendaraan yang penting ditetapkan. Karena, premi bergantung pada type asuransi dan kondisi mobil yang dimiliki.



Contoh Polis Asuransi Mobil All Risk 


Manfaat asuransi mobil all risk artinya type asuransi kendaraan yang akan terima semua type claim kerusakan mobil, dari kerusakan mudah sampai yang remuk akut. Asuransi mobil all risk yang bagus dan cocok untuk Anda yang baru membeli mobil agar saat alami lecet bisa langsung beri claim.


Karena menanggung semua kerusakan, tentu premi asuransi mobil all risk makin besar. Misalnya saja, besaran premi all risk insurance wilayah Jakarta adalah 3,26 % dari harga mobil. Persentase premi itu makin besar dibanding premi termahal asuransi kendaraan TLO yang berada di angka 0,78 % saja!



Contoh Polis Asuransi Mobil TLO 


Manfaat asuransi mobil TLO memberikan jaminan atau biaya pertanggungan hanya jika mobil remuk karena pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai penyempurnaan sama atau lebih dari 75 % dari harga mobil di saat itu. Artinya, mobil harus benar-benar remuk keseluruhnya atau tidak bisa dipakai, baru Anda bisa beri claim. Karena itu, bila mobil hanya lecet satu cm, jangan berharap claim akan disetujui.


Karena baru bisa beri claim saat kendaraan remuk akut, karenanya besaran preminya tentu lebih mudah dibandingkan dengan premi asuransi mobil all risk. Bahkan, besarannya bisa 3x lipat lebih kecil dari premi asuransi mobil all risk. Untuk premi minimal wilayah Jakarta adalah 0,44 % dari harga mobil.



Asuransi Mobil Gabungan 


Ada juga type asuransi kendaraan gabungan, antara all risk dan TLO, tetapi hanya bisa didapatkan saat kredit mobil. Cara kerjanya adalah pada tahun permulaannya mobil akan ditanggung secara all risk, seterusnya di tahun seterusnya hanya asuransi mobil TLO saja.



Asuransi Mobil Perluasan (Pembalap) 


Dari ketiga type asuransi mobil di atas, Anda dapat menambahkan jaminan perluasan asuransi kendaraan. Jaminan perluasan adalah manfaat/tambahan keuntungan selain pertanggungan karena kecelakaan atau remuk. Jaminan perluasan dengan premi tambahan:


Jaminan perluasan asuransi kendaraan banjir dan angin topan

Jaminan perluasan asuransi kendaraan gempa bumi dan tsunami

Jaminan perluasan asuransi kendaraan huru-hara atau kerusuhan

Jaminan perluasan asuransi kendaraan terorisme dan sabotase

Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung-jawab hukum pihak ketiga (TPL)

Jaminan perluasan asuransi kendaraan kecelakaan diri penumpang

Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung-jawab hukum pada penumpang



Asuransi Mobil Collision Coverage 


Ini sebagai asuransi kendaraan yang diprioritaskan untuk menanggung biaya pengobatan karena tabrakan yang karena oleh pengemudi. Selain itu, asuransi kendaraan ini akan menanggung biaya kerusakan dan ganti kerugian sesuai harga mobil yang nasabah punya.



Asuransi Mobil Liability Insurance 


Asuransi mobil satu ini sebenarnya hampir sama dengan Collision Coverage. Bedanya, asuransi Liability Insurance memberi jaminan tambahan berwujud biaya bill medis atau cedera yang dirasa oleh pemegang polis asuransi kendaraan.



Asuransi Mobil Individu Injury Protection 


Asuransi Mobil Individu Injury Protection memberikan jaminan perlindungan untuk nasabah yang alami kecelakaan dalam diri kita saat berkendara. Tidak hanya itu, type asuransi mobil ini memberikan biaya tambahan sebagai ganti kerugian atas peristiwa kecelakaan yang dirasa nasabah dan penumpangnya.



Asuransi Mobil All Risk atau TLO, Apa Bedanya?


Simpelnya, asuransi mobil all risk menanggung semua type kerusakan, baik kerusakan kecil atau keseluruhnya. Sementara, asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan keseluruhnya saja atau biaya penyempurnaan mobil di atas 75 % dari harga mobil itu saat itu.


0 Response to "Asuransi Kendaraan Terbaik 2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel