Pentingnya Mengetahui Apa itu Tahajjud?

Pentingnya Mengetahui Apa itu Tahajjud?

Monday, 26 March 2018, March 26, 2018
Dalil yang Memerintahkan dan Menganjurkan kita untuk bangun pada malam hari dan Melaksanakan shalat tahajjud yaitu terdapat pada potongan surat berikut, Allah SWT berfirman:
 
QS. Al-Muzammil : 1-4

يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ (١) قُمِ اللَّيْلَ إِلا قَلِيلا (٢) نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلا (٣) أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا (٤)

Kita sering mendengar dan mungkin telah merasakan kedahsyatan shalat tahajjud. Kita juga sering dianjurkan untuk melaksanakan shalat tahajjud jika ingin keluar dari masalah, memohon untuk keperluan yang sangat khusus atau hal-hal 'Mendesak' lainnya.

Namun pernahkah kita terbersit untuk mengetahui apakah shalat tahajud itu sebenarnya? mengapa perintah shalat tahajud diturunkan? dan bagaimana sikap Rasulullah SAW yang kita cintai dan para sahabat menyambut perintah shalat ini? Karenanya Admin akan Bahas itu semua secara jelas di website ini. Yuk stay tune with our website^^

Tahajjud secara etimologi (bahasa) berasal dari kata al-hujud yang artinya bangun dari tidur. Lewat kutipan ayat pembukaan materi diatas, Allah SWT menitipkan pesan agar seluruh umatnya Rasulullah SAW bangun pada malam hari untuk shalat. Kata "Bangunlah (untuk shalat)" menurut tafsir Ibnu Katsir adalah bangun dari tidur pada malam hari . Karenanya shalat tahajud baru dikatakan sah apabila seorang muslim telah tidur malam terlebih dahulu walau hanya sedikit. Tanpa melakukan tidur, shalat yang didirikan tidak dapat dinamakan shalat tahajud. (Ibnu Katsir dalam tafsirnya al-Adzim)

Dengan turunnya perintah shalat malam, Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT berfirman, "Aku adalah Raja, Aku adalah Raja, siapa yang memohon kepada-Ku maka aku akan kabulkan permohonan nya, siapa yang meminta sesuatu kepada-Ku maka aku akan beri permintaannya, siapa yang memohon ampun kepada-Ku maka aku akan ampuni dosanya" (HR. Muslim, Shahih Muslim, Kitab shalat al-musafiriin wa qashrihaa, Bab at-targhib fi ad-du'a wa adz-dzikir)

Catatan Lain Terkait Istimewanya Shalat Tahajjud

Rasulullah SAW pun kemudian menyambut perintah Allah SWT itu dengan suka cita. Dari Jabir, Nabi SAW bersabda,

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ
"Sesungguhnya pada malam hari terdapat satu waktu, dimana tidak ada seorang muslim yang memohon suatu kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah SWT, kecuali Allah SWT akan mengabulkan permohonannya. Dan itu berlangsung setiap malam." (HR. Muslim, Muslim bin Hajjaj, Shahih Muslim, Kitab Shalat al-Musafiriin wa Qashrihaa, Bab fi al-Lail Sa'atan Mustajaab)

Oleh para ulama disimpulkan bahwa shalat tahajud yang diturunkan pada malam har setelah tidur adalah shalat yang istimewa, karena tidak ada shalat yang mempunyai sejarah seperti itu. Pertama; Shalat tahajud diperintahkan seperti layaknya shalat wajib yang lima waktu selama satu tahun,. Kedua; Diturunkan pada saat Rasulullah SAW sedang bersedih akibat adanya ancaman kaum kafir Quraisy dan beliau menyambutnya dengan suka cita.

Bagi yang mengetahui bahwa Shalat Tahajud menyimpan sekian banyak fadhilah dan juga manfaat, maka mereka termasuk kaum yang Beruntung. Namun, apabila sebaliknya, maka dapat dipastikan mereka adalah kaum yang Merugi!!.
Hal inilah yang kemudian dijadikan alasan oleh kaum muslim untuk beramai-ramai melakukan shalat tahajud. Karena disamping mendapatkan pahala yang amat besar, tahajud ternyata juga menyimpan begitu banyak rahasia istimewa lainnya yang akan kita ungkapkan pada Bab-bab berikutnya nanti.

Sampai jumpa pada postingan Admin berikutnya, masih membahas dalam bab "Shalat Tahajud".
Tetap setia pada Official Website Team Support Hijrah atau Motivasi Hijrah. Jangan Lupa untuk Like Fanspage kami di https://www.facebook.com/Danang.g.putra Share juga postingan kami jika dirasa Bermanfaat dan Menambah ilmu pengetahuan.


Penulis: Akhi Han

TerPopuler