Persiapan-persiapan Shalat Tahajud dalam Memanfaatkan Waktu -->

Persiapan-persiapan Shalat Tahajud dalam Memanfaatkan Waktu

Jumat, 30 Maret 2018, Maret 30, 2018


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, kembali lagi dengan ISLAMIDINA
yang akan membahas,
Persiapan apa aja sih yang harus kita Lakukan untuk bisa melaksanakan Shalat tahajud...?
Yuk simak pembahasan admin kali ini. "Persiapan-persiapan Shalat Tahajud"

1. Niat bangun malam untuk shalat
Yah... semua sobat support hijrah pasti tahu kan, semua sesuatu yang baik harus dilakukan dengan niat baik terlebih dahulu. asal jangan sering-sering berniat buruk hehe... dah ah.. kembali ke pembahasan :D

BACA : Tatacara Niat dan Doa Tahajud


Nabi Muhammad SAW bersabda;
"Siapa yang pergi ke tempat tidur hendaknya berniat untuk bangun mengerjakan shalat malam. Bila ternyata ia tertidur sampai subuh, niatnya akan dicatat sebagai ibadah, dikaruniai pahala, dan niat tidurnya menjadi sedekah Tuhan untuknya." (HR. An-Nasa'i).

Niat bangun di malam hari untuk melaksanakan shalat memiliki nilai terpuji di mata Allah SWT. Dengan niat tersebut maka akan bertambah amalan yang hendak dikerjakan. Jadi, admin sarankan buat para readers biasakanlah berniat baik sebelum tidur. tapi jangan niatnya bangun pagi buat hubungi pacar, hehe itu ga boleh.. ^^

2. Segera tidur setelah Shala isya'
Rasulullah SAW membenci orang yang tidur sebelum Isya' dan yang mengobrol setelahnya. Dari Abu Barzah berkata, "Sesungguhnya Rasulullah SAW membenci tidur sebelum isya' dan mengobrol setelahnya." (HR. Bukhari, Al-Bukhari, Shahih  al-Bukhari, Bab Maa yukrahu minan naum qabla al-Isya' (II/410.no.hadist, 535) 

Sehingga tidur yang baik dan tidak dibenci Rasulullah SAW adalah tidur setelah Isya'. (Ibnu Hajar, Fath al-Bari, Bab Maa yukrahu minan naum qabla al-Isya' (II/348.no.hadist, 535)
Nah bagi para sahabat Support Hijrah yang masih suka begadang cuma buat main gadget dan menonton Drama Korea, admin sarankan kurangi perangai buruk seperti itu. Apa kalian rela dibenci Rasulullah SAW hanya untuk kepentingan dunia? Tidak ingin bukan? Ya, admin sendiri tahu, bahwa tidak semua orang mampu tidur lebih awal. Tapi, admin sarankan kembalikan niat menjadi ke nomor satu dalam pembahasan. Yuk sama-sama belajar mencoba, semoga berhasil ya Sahabat Support Hijrah Ku :)

3. Tidak terlalu lama berbincang-bincang setelah Shalat isya'
Ibn Iyad berkata, Rasulullah SAW membenci tidur sebelum isya', karena bisa menyebabkan keluar dari waktunya, sedangkan terlalu banyak mengobrol sesudah isya dan menyebabkan tidur sebelum subuh. (Muhammad Ibn Shalih Ibn Abdullah ash Shai'ary, Kaifa Tatahammasu li Qiyami al Lail, Penerj. Munirul Abidin, (Jakarta: Dar al Falah, 2002), hlm. 48-49)
Sayyid Quthub menjelaskan mengenai perihal diatas, Sebenarnya hadist ini lebih menggambarkan agar setiap muslim untuk tidak suka berlama-lama berbincang setelah Shalat isya' yang mungkin saja menyebabkan Ghibah atau sejenisnya.

Perihal diatas juga perlu ditekankan dan diperhatikan lagi ya  Sahabat Support Hijrah, jangan putus semangat bila tekad sudah tertanam dalam hati ingin Hijrah ^^

4. Mengetahui bahwa setan sangat ingin menyia-nyiakan waktu mu
Lhooo... kok bisa gitu min? Pasti bisa, segala cara apapun akan setan lakukan untuk memalingkan hambanya dari jalan yang lurus, jalan yang Allah ridhai.
Musuh bebuyutan kita ini telah bersumpah akan menyesatkan dan menyengsarakan anak Adam, serta berusaha sekuat tenaga untuk memalingkan mereka dari kebanaran kepada kebathilan, dari petunjuk kepada kesesatan.

Hal tersebut tergambar jelas dalam QS. Al-A'raf : 16

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ



Ibnu Qayyim Rahimahullah telah menjelaskan dalam bukunya Ighatsatu Al-Lahfan min Mashaidi Asy-Syaithan, Bahwa cara-cara yang akan ditempuh setan untuk menyesatkan manusia ada tujuh: Pertama, dimulai dengan usaha menjatuhkan manusia kedalam Kekufuran dan Syirik. Jika tidak bisa, maka dia terus berusaha untuk menjatuhkannya kedalam bid'ah. Jika tidak mampu, maka dia akan menjatuhkannya kedalam dosa besar. Jika tidak mampu, maka dia akan menjatuhkannya kedalam perbuatan mubah yang berlebihan; seperti banyak makan, minum, tidur, berbicara, bergaul, dan sebagainya. Jika tidak mampu, maka dia akan menjatuhkannya kedalam hal yang sia-sia. Jika tidak mampu, maka dia akan mengerahkan tentara-tentara dan para kekasihnya dari bangsa manusia untuk menekan orang Mukmin yang salih itu dengan mengadzab dan memalingkannya dari kebenaran dan petunjuk, Sungguh alangkah dahsyatnya permusuhan Iblis kepada orang Mukmin yang benar.

Jika kamu telah mengetaui kenyataan ini wahai Saudara/i ku tercinta, lebih jelasnya tipu daya setan itu adalah:

BACA : Tatacara Niat dan Doa Tahajud

  1. Memasukkan keraguan dalam diri orang yang ingin Hijrah dan Memanfaatkan waktunya. Maka setan itu nanti akan memberikan rasa kebosanan dan malas melakukan ketaatan dan memanfaatkan waktunya.
  2. Menggoda agar menunda dan mengakhirkan ketaatan ke waktu lain. seperti halnya setan mendatangkan teman mu dari jauh untuk berkunjung kerumahmu dan mengajakmu keluar. padahal saat itu kamu hendak melakukan ketaatan.
  3. Membisikkan kepada orang itu bahwa dia akan mampu meluangkan waktunya dimasa mendatang. seperti halnya dia mengulur-ulur/meng entar-entar kan niat mu untuk berhijrah karena waktu masih lama dan umur masih panjang. jadi nikmati dulu kesenangan sekarang. Astaghfirullah:(
  4. Membisikkan kepada orang yang akan memanfaatkan waktunya, apalagi jika dia baru bertaubat dan berhijrah, baru giat belajar ber-agama dan ingin ber-istiqamah, ia membisikkan bahwa hal itu tidak mungkin dia lakukan karena dia telah terbiasa melakukan keburukan dan menyia-nyiakan waktu lagi tidak menghargainya.
  5. Membisikkan keraguan kepadanya bahwa tidak mungkin baginya memanfaatkan waktunya karena ia sudah tua, telah ketinggalan kereta masa mudanya. setan hanya membisikkan bahwa sudah terlambat baginya untuk memanfaatkan waktu untuk berhijrah dan bertaubat. MasyaAllah...
Nahh... tak terasa admin sudah mengetik banyak yah sahabat support hijrah, Marilah kita renungkan dimanakah kesalah kita. Segeralah memohon Ampunan dan Rahmat Tuhanmu sebelum terlambat.

Sekian postingan kali ini, yang menggambarkan tentang "Persiapan-persiapan shalat tahajud, orang-orang yang melalaikan waktunya, bisikan-bisikan setan terhadap manusia, kerugian bagi orang yang tidak memanfaatkan waktu masa muda nya". Sampai jumpa pada postingan berikutnya, dan Jangan lupa untuk Like serta Share/Berbagi postingan ini jika bermanfaat. Simpan halaman URL website resmi Support Hijrah Ku agar bisa mendapatkan Motivasi sekaligus Saran. Terimakasih Banyak Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh^^

Writer: Akhi Han

BACA : Tatacara Niat dan Doa Tahajud

TerPopuler