Sampai Kapan Mencari Ilmu? -->

Sampai Kapan Mencari Ilmu?

Selasa, 26 Februari 2019, Februari 26, 2019
menuntut ilmu

Islamidina.ID – Selanjutnya, sampai kapankah proses memburu ilmu itu dianjurkan? Apakah ketika kebodohan sudah musnah terbakar? ataukah ketika gelar dan pekerjaan sudah didapatkan?

Dalam agama Islam tidak ada batas bagi seseorang dalam menimba ilmu. Islam menganjurkan para pemeluk agamanya untuk selalu menyibukkan diri dengan ilmu. dikarenakan hampir seluruh aktivitas yang dilakukan manusia setiap harinya membutuhkan ilmu. Oleh karena itu, ulama berpedapat bahwa ilmu yang wajib dituntut adalah ilmu hal. [1]

Hal ini dikuatkan dengan kebiasaan ulama Islam yang menuntut ilmu seumur hidupnya. Sebut saja salah satunya Imam Muhyiddin An-Nawawi (W. 676 H) atau yang biasa kita kenal dengan Imam Nawawi. sebagai ulama besar yang karyanya terus dikaji sampai hari ini, beliau sudah mulai menuntut ilmu sejak usia tujuh tahun.

Footnote:
[1] Ilmu hal adalah ilmu yang dipelajari ketika ia membutuhkannya. Dengan kata lain, menuntut ilmu ketika ingin mengetahui hukum sebuah perbuatan yang ingin dilakukannya. misalnya, seseorang ingin belajar hukum haji hanya ketika ingin menunaikan ibadah haji, seseorang belajar ketentuan shalat hanya ketika hendak menunaikan shalat.

TerPopuler