Pengertian Metode Dakwah Bil Mujadalah

dakwah bil mujadalah
Dakwah Bil Mujadalah - Islamidina.ID

ISLAMIDINA - Dakwah adalah salah satu bentuk penyampaian ilmu pengetahuan yang membahas tentang keagamaan. Dilakukan untuk upaya pengjakan pada audience untuk mengetahui tentang informasi yang disampaikan. Dalam konteks ini dakwah adalah syiar agama islam yang dilakukan oleh para mualim untuk mengajak kepada kebaikan salah satunya dakwah bil mujadalah.

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan dalam melakukan pendakwahan karna melihat kondisi budaya Indonesia yang begitu beragam yang membuat para mubaligh, mualim, kiyai, ustad dan pendakwah lainnya mengembangkan metode dakwah dengan memadukan seni dan esensi.

Metode-metode dakwah salah satunya bil hal, bil lisan, bil mujadalah, bil hikmah, bil qaul, bil kitabah. Itu semua akan kita bahas bersama disini.

Mari kita perinci apa yang akan kita bahas dengan daftar isi berikut.

Daftar Isi

  1. Pengertian Dakwah
  2. Fungsi dan Tujuan Dakwah
  3. Metode Dakwah
Itu merupakan silabus yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Pengertian Dakwah

Pengertian dakwah terbagi kepada beberapa bagian salah satunya secara bahasa istilah dan menurut para alim ulama. Maka dari itu kita akan membahas semua pengertian dakwah tersebut dengan simpel dan mudah dimengerti.

Pengertian Dakwah Menurut Bahasa

Dikutip dari wikipedia dakwah secara bahasa diambil dari bahasa arab yaitu dari kata "دعوة‎" (da'wah) bentuk masdar dari kalimat asalnya yaitu da'a yang berarti kata "ajakan" "mengajak" jika disimpulkan dakwah secara bahasa yaitu mengajak menyeru dan memanggil orang lain untuk menuju ketaatan kepada Allah SWT beribadah dalam segi aqidah ubudiah muamalah maupun munakahah dan jinayah. 

Dakwah sendiri sering dikaitkan dengan kata "islam" sehingga sering diantara kita mendengar "dakwatul islamiyah" itu berarti mengajak orang lain untuk mempelajar ilmu syariat agama islam untuk semata mata bentuk ibadah kita kepada Allah SWT

Pengertian Dakwah Menurut Istilah

Dakwah menurut istilah adalah penyampaian dan pengajak kepada umat islam/muslim yang dilakukan oleh para mualim kepada mustami untuk mempelajari tentang agama islam. Sering juga disebut sebagai tabligh karna penyampain dalam dakwah itu dilakukan ada yang secara person maupun secara community.

Pengertian Dakwah Menurut Ahli dan Ulama

Di kutip dalam Buku Dustur Dakwah, A. Hasmy menjelaskan pengertian dakwah menurut Al-qur'an sebagai seruan yang mengajak seseorang meyakini dan mengamalkan aqidah serta menegakkan Syariat Islam. Seruan ini dalam bentuk lisan maupun perbuatan adapun metode yang digunakan bisa berbagai macam. 

Menurut Syekh Ali Mahfud menjelaskan bahwa Dakwah adalah suatu proses pemberian Motivasi kepada objek dakwah dalam hal manusia untuk melakukan kebaikan sesuai dengan petunjuk. Seruan dalam dakwah identik dengan melakukan kebajikan dan mencegah daripada kemungkaran. Tujuan dari pelaksanaan ini untuk mencapai kebahagian dunia dan Akhirat.
Jenis dan Metode Dakwah.

Fungsi dan Tujuan Dakwah

Seperti yang dikutip dari wikipedia Tujuan utama dakwah ialah mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat yang diridai oleh Allah. Nabi Muhammad S.A.W. mencontohkan dakwah kepada umatnya dengan berbagai cara melalui lisan, tulisan dan perbuatan. Dimulai dari istrinya, keluarganya, dan teman-teman karibnya hingga raja-raja yang berkuasa pada saat itu.


Jadi intinya dakwah itu mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemaksiatan dengan mengaharapkan keridoan agar mendapatkan ampunan dari Allah yang Maha Rahman. Karna itu dalam berdakwah bisa dilakukan dalam berbagai metode.

Metode Dakwah

Banyak sekali dakwah yang bisa dilakukan seperti yang saya sebutkan tadi dakwah bisa dilakukan dengan bil hal, lisan, qaul, qalam, hikmah, kitabah dan bil mujadalah. Mari kita bahas satu persatu secara terperinci.

Dakwah Bil Lisan

Dakwah bil lisan adalah metode berdakwah yang dilakukan dengan menggunakan omongan atau lisan kita dalam mengajak kebaikan kepada orang lain. Dakwah seperti ini adalah metode dakwah yang sangat populer dikalangan muslim indonesia.

Dakwah bil lisan ini bisa dilakukan secara 
  • Person to person (mengobrol empat mata dengan membahas seputar agama yang menambah keimanan kita kepada Allah Ta'ala) 
  • Person to community (metode ini sering dilakukan atau dikenal dengan ceramah/tabligh akbar dimana seorang kiyai menyampaikan ilmu kepada masyarakat)
  • Community to community (pengajakan sebuah komunitas atau grup dengan landasan esensi keimanan dan peribadahan yang disampaikan kepada grup lain)

Dakwah Bil Hal

Dakwah bil hal ini adalah metode dakwah yang dilakukan dalam bentuk pekerjaan atau kegiatan seperti kita membersihkan lingkungan itu merupakan salah satu bentuk dakwah kita terhadap alam dengan menjaga kelestarian sehingga dapat dicontoh oleh orang lain maupun anak kecil.

Biasanya dakwah bil hal ini dilakukan oleh para kiyai pondok pesantren untuk mencontohkan kepada santrinya bagaimana ilmu tentang kemasyarakatan. 

Dakwah Bil Mujadalah

Dakwah bil mujadalah adalah salah satu metode bentuk dakwah yang dilakukan dalam bentuk bertukar pikiran atau beragumentasi satu sama lain.
Kata mujadalah secara bahasa adalah 

Mujadalah Menurut Bahasa

Secara etimologi kata mujadalah berarti munaqasyah dan khashamah (diskusi dan perlawanan) yaitu berdiskusi dengan mengutarakan argumen atau pendapat yang rasional secara logika yang disampaikan dalam bentuk ajakan untuk menuju kepada kebaikan.

Jaadala (memanjangkan huruf "ja") berarti berbantah-bantah, berdebat, bermusuh-musuhan, bertengkar. Kalau  dibaca  jadala  (tanpa memanjangkan huruf "ja") artinya memintal, memilin, atau dapat juga dikatakan berhadapan dalil dengan dalil.

Lalu kata mujadalah diartikan dengan berbantah-bantahan dan memperundingkan, berdiskusi berbagi argumentasi dan presepsi dalam bentuk riungan atau sebuah kumpulan yang dilakukan dalam suatu kegiatan.

Menurut istilah

Dalam konteks ini banyak qaul qaul para ulama yang mengartikan dakwah bil mujadalah tersebut salah satunya adalah 

  • Zahiri bin Iwad beliau mengatakan bahwa makna jidal ialah bertukar fikiran dengan cara bersaing dan berlomba untuk mengalahkan lawan bicara.
  • Abi al-Biqai dalam Muhammad Abu al-Fatah al-Bayanun beliau mengatakan bahwa jidal dimaknai dengan ungkapan dalam penolakan kepada seseorang dengan cara membantahnya karena rusaknya perkataan dengan suatu hujjah.
  • Al-Jurjani beliau mengatakan bahwa jidal adalah mengokohkan pendapatnya masing-masing dan berusaha menjatuhkan lawan bicara dari pendirian yang dipeganginya

Jadi dakwah bil mujadalah adalah salah satu bentuk metode dakwah yang dilakukan dengan berbagi pikiran atau argumen untuk memecahkan sebuah masalah yang tidak keluar dari koridor dan syariat agama islam.

Menurut Al Qur'an

Dijelaskan dalam Al Quran dakwah bil mujadalah dalam surah an nahl ayat 125


ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ 

Arab-Latin: Ud'u ilā sabīli rabbika bil-ḥikmati wal-mau'iẓatil-ḥasanati wa jādil-hum billatī hiya aḥsan, inna rabbaka huwa a'lamu biman ḍalla 'an sabīlihī wa huwa a'lamu bil-muhtadīn 

Terjemah Arti: Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.


Jadi menurut Alquran mujadalah berarti bantahan, bukan bermusuh dan bertengkar dijelaskan menurut 

Muhammad Khair Ramadhan Yusuf beliau menerangkan bahwa artik kata mujadalah al-lati hiya ahsan yaitu: "ungkapan dari suatu perdebatan antara dua sudut pandangan yang bertentangan untuk menyampaikan kepada kebenaran yang kebenaran tersebut bertujuan membawa kepada jalan Allah Swt."

Untuk metode dakwah ini terbagi kepada 2 bagian

1. Secara Tanya jawab

Tanya jawab yang dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok dengan menjawab berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan ketika saling berhadapan yang konteks nya membahas tentang agama islam.

Bentuk tanya jawab ini sudah ada sejak jaman Rasulullah SAW karna para sahabat saat itu banyak bertanya kepada Rasulullah SAW tentang agama islam disitulah salah satu bentuk dakwah bil mujadalah yang dilakukan Rasulullah SAW kepada para sahabat.

2. Secara Berdialog

Dakwah ini bisa dilakukan dengan cara berdialog bertukar pikiran maupun berdebat beradu argumentasi satu sama lain 

Muhammad Khair kembali mengutarakan bahwa dakwah berdialog adalah seni atau metode dari beberapa metode moderen dengan mempergunakan pikiran atau beberapa objek dalam upaya menyampaikan kepada suatu kesimpulan.

Begitulah tentang penjelasan dakwah bil mujadalah yang bisa saya sampaikan diartikel ini semoga dengan apa yang saya sampaikan dapat menjadi manfaat dan amal ibadah untuk kita semua.
tetap kunjungi dan stay di ISLAMIDINA

0 Response to "Pengertian Metode Dakwah Bil Mujadalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[tutup[2x]iklan]==