Carilah Istri Yang Mau Diajak Ngaji Bukan Cuma Mintain Gaji -->

Carilah Istri Yang Mau Diajak Ngaji Bukan Cuma Mintain Gaji

Senin, 04 November 2019, November 04, 2019
Sumber : sitikhadijah.co.uk

ISLAMIDINA - Membahas tentang pernikahan siapa sih yang gamau? menjalin hubungan sampai ke puncak percintaan yaitu sebuah pernikahan pasti banyak orang mengidam-idamkan hal tersebut. Namun kadang kala kita terlalut kedalam hawa nafsu sehingga kita salah dalam melangkah. Pernikahan bukanlah hal yang main main harus dipersiapkan dengan sematang mungkin.

Maka dari itu ketika kita hendak melakukan pencarian terhadap calon yang akan kita nikahkan itu pun harus dalam proses yang sangat hati hati. Apalagi bagi seorang pria yang ingin mencari pasangan yaitu istri harus dipikirkan secara matang. Karna pasang itulah yang akan menemani kita sepanjang masa hidup kita.

Jangan salah dalam memilih wanita jangan pilih wanita karna berdasarkan nafsu kecantikan semata tapi kita harus bisa menganalisa secara instuitif bagaimana karakteristrik seorang wanita yang di anggap sholehah dalam agama.

Berikut adalah ulasan bagaimana ciri wanita sholehah menurut ajaran agama islam yang dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadist. Dijelaskan dalam Alquran banyak sekali karakteristik wanita sholihah salah satunya adalah

Jangan Lupa Baca : Pengertian Hukum Rukun dan Syarat Nikah

Taat Pada Suami

Grandteori pertama adalah surah An Nisa ayat 34 dijelaskan bahwa :

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

"Wanita (istri) shalihah adalah yang taat lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah memelihara mereka." (An-Nisa: 34)

adalah wanita yang bisa taat kepada suami menjaga diri ketika suami sedang tidak dirumah tidak berpergian kemana mana diam dan menunggu suami pulang tidak melakukan hal yang diluar batas kewajaran karna kewajiban seorang istri itu adalah taat.

Seperti dikutip berikut: 
"Tugas seorang istri adalah menunaikan ketaatan kepada Rabbnya dan taat kepada suaminya, karena itulah Allah berfirman: "Wanita shalihah adalah yang taat," yakni taat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, "Lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada." Yakni taat kepada suami mereka bahkan ketika suaminya tidak ada (sedang bepergian, pen.), dia menjaga suaminya dengan menjaga dirinya dan harta suaminya." (Taisir Al-Karimir Rahman, hal.177)

Keutaman Istri Taat

Ketika kewajiban istri dilaksanakan yaitu taat pada seorang suami maka sang istri akan mendapatkan keutaman yang sangat tidak ternilai sebagaimana dikutip dalam hadits nabi 

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا، قِيْلَ لَهَا: ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

"Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai." (HR. Ahmad 1/191)

hadits nabi tersebut menjelaskan bagaimana mulianya seorang istri yang taat kepada suami maka dari itu jangan memilih wanita hanya dari tampilannya saja tapi lihatlah akhlaknya.

Begitulah demikian artikel ini semoga bermanfaat dan menjadikan nilai ibadah bagi kita semua.

TerPopuler