6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Sesuai dengan Anjuran Nabi -->

6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Sesuai dengan Anjuran Nabi

Friday, 17 July 2020, July 17, 2020
Assalamualaikum Wr Wb. Hai Sahabat Blog Muslim ISLAMIDINA bertemu kembali dengan Mimin Blog yang tercinta ini, kali ini kita akan berbagi tentang 6 tips menjaga kesehatan tubuh sesuai dengan anjuran nabi

Kesehatan tubuh erat kaitannya dengan gaya hidup yang kita pilih. Gaya hidup sehat, tentunya akan memberikan dampak yang positif pada kesehatan tubuh, begitu pula sebaliknya. 

Nah, yang tidak banyak disadari oleh banyak orang adalah jika gaya hidup sehat sudah tercermin dari sosok nabi yang  menjadi suri tauladan kita. Berikut adalah beberpa tips menjaga kesehatan tubuh sesuai dengan anjuran nabi.

6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh -islamidina

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anjuran Nabi

Tidak makan berlebihan

Tips menjaga kesehatan tubuh yang pertama adalah dengan tidak makan secara berlebihan. Hal ini karena apa-apa yang sifatnya berlebihan sifatnya tidak baik, tidak terkecuali dalam urusan makanan. 

Ada baiknya jika kita tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Tentu bukan tanpa alasan, Nabi Muhammad Saw. menganjurkan untuk makan secukupnya saja, sebab jika tidak demikian dikhawatirkan justru akan memberikan dampak yang buruk atau kerugian bagi kita.

Seperti hadis yang disampaikan oleh Aisyah, istri Baginda Rasulullah, bahwa dahulunya, Rasulullah tidak pernah sampai mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. 

Jika beliau sudah kenyang dengan makan roti, beliau tidak akan memakan kurna, begitu pun sebaliknya, jika Rasulullah sudah kenyang dengan kurna, beliau tidak akan makan roti. Oleh karena itu, sebagaimana yang dilakukan oleh nabi, maka untuk menjaga tubuh sesuai dengan anjuran nabi adalah dengan makan secukupnya.

Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang

Tips menjaga kesehatan tubuh anjuran nabi berikutnya adalah dengan makan ketika merasa lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Hal ini dilakukan supaya perut dapat menyeimbangkan antara makanan, air, dan udara. 

Jika seluruhnya penuh dengan makanan, maka perut akan kehabisan ruang untuk bernapas dan bukan tidak mungkin justru akan menjadikan kita merasakan begah, kembung, dan memunculkan berbagai masalah kesehatan lainnya. 

Oleh karena itu, sebagai muslim, sudah sepantasnya jika kita mampu menyeimbangkan kebutuhan tubuh tersebut, terlebih sudah dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad supaya mencukupkan makan dan hanya makan ketika merasa lapar lalu berhenti sebelum kenyang.

Hindari makanan haram

Tips menjaga kesehatan tubuh sesuai yang anjuran nabi adalah dengan menghindari makanan haram. Hal ini karena tentu ada suatu sebab yang menjadikan makanan tersebut haram, salah satunya adalah berbahaya maupun dapat berdampak baik pada tubuh.

Misal adalah sebab diharamkannya daging babi untuk dikonsumsi yang disebabkan karena dalam daging babi tersebut mengandung bakteri-bakteri berbahaya. Oleh karena itu, muslim tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan berbahan dasar daging babi (B2).

Tidak minum khamr

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selalu ada sebab mengapa suatu makanan atau minuman diharamkan. Tips menjaga kesehatan tubuh berikutnya adalah dengan tidak minum khomr. 

Hal ini sebagaimana yang sudah diketahui secara umum, salah satu akibat dari minum khomr adalah  hilangnya akal dan menghalangi kita untuk mengingat Allah Swt. Keadaan hilang akal tersebut tentunya juga sangat tidak baik dan dapat mengganggu aktivitas keseharian maupun aktivitas peribadatan. 

Perkara ini pun sudah dangat jelas karena telah disinggung dalam Surah Al-Maidah yang melarang dilakukannya judi, minum minuman khamr, dan berbagai kebiasaan buruk lainnya.

Rajin berpuasa

Tips menjaga kesehatan tubuh sesuai anjuran nabi berikutnya adalah dengan rajin berpuasa. Hal ini sebagaimana terminologi puasa adalah menahan diri, dengan berpuasa kita bukan hanya akan menahan diri untuk makan dan minum saja, namun juga menahan untuk marah, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa lainnya. 

Dengan berpuasa pula, dapat melatih kita untuk sabar dan mengontrol emosi. Selain itu, di antara manfaat berpuasa bagi yang menjalankannya adalah berpuasa dapat dijadikan sebagai cara untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh (detoks) secara alami.

Menjaga kebersihan tubuh

Yang tidak kalah penting dari berbagai tips menjaga kesehatan tubuh anjuran nabi adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Hal ini karena tubuh yang bersih akan menghindarkan tubuh kita dijadikan sebagai sarang berbagai penyakit, tidak terkecuali kebersihan pada kuku, dan lipatan-lipatan kulit seperti ketiak dan lain sebagainya. 

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim dan Tirmidsi, bahwa waktu untuk memotong kumis, kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan adalah tidak lebih dari 40 hari.

Demikian adalah paparan mengenai beberapa tips bagaimana menjaga kesehatan tubuh sesuai dengan anjuran nabi. Sebaik-baiknya contoh adalah kehidupan nabi, karenanya berbagai permasalahan atau gangguan-gangguan kesehatan yang kita alami barangkali merupakan teguran dan cara tubuh membahasakan supaya kita kembali pada gaya hidup sehat yang telah dicontohkan oleh nabi.

TerPopuler