Tips memperlancar rezeki menurut Islam -->

Tips memperlancar rezeki menurut Islam

Sunday, 19 July 2020, July 19, 2020
islamidina.id,- Assalamualaikum wr wb, Sahabat Blog Islami, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Tips memperlancar rezeki menurut Islam.

Ada beberapa hal dan perkara yang Allah SWT telah tetapkan bagi manusia ketentuannya selama hidup di dunia, yaitu Perihal Rezeki, Perihal Jodoh dan Perihal Kematian.

Namun perihal jodoh dan rezeki juga harus disertai usaha dan doa, dimana telah banyak ulama dan ahli agama yang telah mengajarkan bagaimana cara mendapatkan jodoh dan Tips memperlancar rezeki menurut Islam.

BACA JUGA : TIPS LOLOS SELEKSI TNI  

TIPS MEMPERLANCAR REZEKI - ISLAMIDINA
Perihal jodoh akan kita bahas lebih lanjut di kesempatan mendatang, saat ini kita akan fokus membahas cara memperlancar rezeki menurut tuntunan agama kita yaitu Islam.

Diantara kita sebagian telah dilahirkan dari keluarga yang berada sehingga telah memiliki harta yang cukup bahkan berlebih, namun sebagian lagi dilahirkan dari keluarga serba kekurangan yang bahkan untuk makan sehari - hari saja harus kerja keras banting tulang dan putar otak lebih cepat.

Siapa yang tidak ingin dilancarkan rezekinya ?? saya kira semuanya berharap agar dimudahkan dan dilancarkan rezekinya.

Namun tahukah kamu bahwa Allah SWT telah memberikan petunjuk baik melalui firman - firmannya dalam Al Qur'an maupun melalui Rosulullah SAW melalui hadist - hadistnya yang diriwayatkan oleh para sahabat dan ulama hingga sampai pada kita bagaimana cara memperlancar rezeki.

Tips memperlancar rezeki menurut Islam

Berikut beberapa Cara yang dapat dilakukan dalam memperlancar rezeki menurut agama islam :  

Tips pertama dalam memperlancar rezeki adalah memperbanyak Qiyamul Lail (shalat malam)

Memperbanyak Qiyamul lail merupakan cara dan tips pertama yang akan kita bahas hari ini dalam rangka memperlancar rezeki menurut islam.

Qiyamul lail yang dimaksud disini adalah sholat sunnah yang dilakukan oleh seseorang disaat malam setelah tidur sebentar dan lebih baik dilakukan pada sepertiga malam terakhir.

Mengapa harus sepertiga malam terakhir ? Karena waktu ini termasuk waktu - waktu yang telah banyak diriwayatkan merupakan waktu yang di ijabah oleh Allah SWT.

Ibarat kata sebuah perjalanan, doa juga memerlukan jalan yang lancar dan sedikit pesaing untuk tiba di tujuan. Dan sepertiga malam terakhir adalah salah satu jalan tersebut, dimana sebagian besar lainnya masih terlelap dalam tidurnya.

Demikianlah kira - kira kata kiasan mengapa sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang sangat baik untuk berdoa dan beribadah, terutama dalam usaha memperlancar rezeki.

Tips Kedua dalam memperlancar rezeki adalah Banyak istighfar (meminta ampun)

Manusia merupakan tempatnya dosa dan salah, setiap waktu dari detik ke detik hingga dari hari ke hari kita selalu berbuat salah dan dosa baik yang sengaja maupun tidak.

Namun Allah SWT maha pemurah dan akan memaafkan hambanya yang memohon ampun padanya ( Istighfar ) asal bukan dosa Syirik ( Menyekutukan Allah SWT )

Dengan memohon ampun kepada Allah SWT diri kita akan kembali bersih, dan ini menjadi satu syarat bila ingin dilancarkan rezekinya.

Istghfar juga akan makin mendekatkan kita pada Allah SWT sehingga semakin banyak kita membaca istighfar maka akan semakin dekan kita dengan Allah SWT dan di kabulkan permintaannya terutama dalam memperlancar Rezeki.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an :

“Maka Aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Robb mu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Qs. Nuh: 10-12)

Ayat diatas telah dengan sangat jelas menjelaskan bahwa Allah SWT Maha pengampun , Maha Pengasih dan juga maha penyayang, yang barang siapa dirinya selalu beristighfar dan mendekatkan diri pada yang maha kuasa maka Allah SWT juga akan memperlancar rezeki yang kita miliki dan tercukupi semua kebutuhan sehari - hari.

Selain dalam Al Qur'an, Rosulullah juga menekankan pentingnya berisgtigfar dalam beberapa hadisnya yang banyak diceritakan oleh para ahli hadist, salah satunya adalah hadist berikut :

“Barangsiapa memperbanyak istighfar (memohon ampun pada Allah), niscaya Allah menggantikan setiap kesempitan menjadi jalan keluar. Setiap kesedihan menjadi kelapangan dan Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” ( Abu Daud).

Tips Ketiga dalam memperlancar rezeki adalah Membiasakan diri bersedekah

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling mebutuhkan, ada yang kaya dan ada yang miskin. Ada yang berlebih dan ada yang kurang. Ada yang cerdas dan kurang cerdas.

Dan setiap orang pasti mempunyai kelebihannya masing - masing, kelebihan inilah yang dapat kita sedekahkan pada orang lain yang membutuhkan.

Bagi yang kelebihan harta kita bisa sedekahkan sebagian harta kita bagi yang membutuhkan harta, bagi yang mempunyai kelebihan ilmu kita bisa sedekahkan ilmu kita pada yang kurang pengetahuan.

Dan bila kita merasa tak ada sesuatu hal apapun dalam diri kita yang dapat kita sedekahkan pada orang lain, kita masih mempunyai senyuman. senyuman ikhlash pada orang lain sehingga dapat menenagkan hati orang yang sedang bersedih juga akan menjadi bagian sedekah kita  pada yang membutuhkan.

Allah SWT dalam Al Qur'an berfirman, “Katakanlah: ‘Sesungguhnya Robb ku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki Nya di antara hamba-hamba Nya. Dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki Nya)’. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (Qs. Saba`: 39).


Tips Keempat dalam memperlancar rezeki adalah Berdzikir di pagi dan sore hari.

Tips terakhir yang kita bahas kali ini dalam upaya memperlancar rezeki menurut Islam adalah dengan selalu berdzikir pagi dan sore hari bahkan jika bisa sepanjang waktu.

Berdzikir adalah mengingat Allah SWT agar kita lebih dekat dengan sang khalik, dengan berdzikir Insyaallah akan dapat memperlancar rezeki kita.

Dengan Berdzikir kita juga akan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT, Dimana Allah sang maha pengasih dan maha penyayang tidak akan segan - segan memperlacar rezeki bagi orang yang bertaqwa.

Hal ini sesuai janji Allah dalam Firmanya :

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (Qs. Ath-Thalaq: 2-3).

 Doa - Doa Memperlancar Rezeki 

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَاعَزِيْزُ يَامُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازٍ عِزَّةَ قُدْرَتِكَ وَيَامُيَسِّرَاْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِيْ أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَاخَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اللهُ

Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzani bi-i’zaazin ‘izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiini yaa khoiro man yurjaa yaa allooh.

“Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.”

Dan

رَبَّنَا اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا ِلاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِيْنَ

Robbanaa anzil ‘alainaa maa-idatan minas samaa-i takuunu lanaa ‘iidan li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqiin.

“Ya Tuhan kami, turunkahlah kepada kami suatu hidangan dari langit (yang haru turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki, dan Engkau pemberi rezeki yang paling utama.”

Serta

اَللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُوْهِنَا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَاٰثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Alloohumma zidnaa wa laa tanqushnaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a’athinaa wa laa tahrimnaa wa aatsirnaa wa laa tu’tsir ‘alainaa wa ardhinaa wardhoo ‘annaa.

“Ya Allah, tambahkanlah rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami. Berilah kami dan jangan Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan jangan Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami.”

 Kesimpulan

Allah SWT telah menunjukkan cara dan tips memeperlancar rezeki yang di Ridhoinya sekarang tinggal kita mau melaksanakannya atau tidak ?

Dan hal terakhir yang perlu diingat bahwa Rezeki tidak hanya soal Harta, saat kita diberi Kesehatan, Keluarga yang rukun, Sahabat yang baik - baik, Ilmu yang berguna. itu semua merupakan Rezeki yang harus kita syukuri.

BACA JUGA : MAJALAH MILITER


Dengan selalu bersyukur Insyaallah kita akan selalu ditambah rezekinya. Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Tips memperlancar rezeki menurut Islam.

Semoga bermanfaat dan kita selalu menjadi manusia yang mendapata Ridho Allah SWT ... Aamiin. Wassalamualaikum wr. wb.

BLOG MUSLIM " ISLAMIDINA "

TerPopuler