Keutamaan dan Rahasia Surat Al - Ikhlas -->

Keutamaan dan Rahasia Surat Al - Ikhlas

Jumat, 03 Juli 2020, Juli 03, 2020
Islamidina,- Keutamaan dan Rahasia Surat Al - IkhlasSebagai Umat Islam kita tentunya telah Faham bahwa Al - Qur'an merupakan pedoman dan dasar hidup kita agar selamat di Dunia dan Akhirat.

Rahasia dan Keutamaan Surat Al Ikhlash

Seluruh isi dalam Al - Qur'an mempunyai keutamaan, yang apabila kita membacanya dengan iman, tulus dan Ikhlash Insyaallah  akan menjadi cahaya penerang dan Syafaat saat di Akhirat Kelak. 

Namun ada beberapa Surat yang mempunyai keutamaan dan Fadhilah yang Khusus, dimana mendapat perhatian dan penekanan khusus oleh Rosulullah SAW.

Diantara beberapa surat yang memiliki keutamaan dan fadhillah khusus adalah Surat Al - Ikhlas.

 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ - ١


Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ - ٢


Allah tempat meminta segala sesuatu.

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ - ٣


(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ - ٤


Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Salah satu keutamaan dan rahasia Surat AL - Ikhlas yang diriwayatkan dalam hadist Shoheh adalah bahwa dengan membaca Surat Al Ikhlash dengan Iman sebanyak 3 Kali maka ia akan mendapat pahala seperti membaca Al Quran secara Penuh.

Hal ini sesuai dengan Hadist bahwa Rosulullah SAW bersabda " Surat Al - Ikhlash itu pahalanya menyamai sepertiga Al Qur'an "

Keutamaan dan rahasia Surat AL - Ikhlas lainnya adalah bahwa dengan membacanya kita akan dijauhkan dari kemiskinan dan diperbanyak kebaikan di rumah tinggal kita.

Hal ini sesuai dengan Hadist Nabi Muhammad SAW yang berkata bahwa :

“Barangsiapa yang mau masuk ke rumahnya, ia membaca tahmid (alhamdulillah) dan surat al-Ikhlas maka Allah akan jauhkan ia dari kemiskinan dan memperbanyak kebaikan pada rumahnya.” 

serta

“Barangsiapa yang membaca surat al-Ikhlas sekali sampai ia masuk rumahnya maka dijauhkan kemiskinan untuknya.”

Keutamaan dan rahasia Surat AL - Ikhlas selanjutnya adalah kita akan mendapat ampunan Allah SWT atas segala perbuatan yang telah kita lakukan. Hal ini juga sesuai dengan sabda nabi Muhammad SAW yang berbunyi :

“Barangsiapa yang membaca qul huwallahu ahad (surat al-Ikhlas) dua ratus kali maka dosanya (dosa kecil) akan diampuni selama lima puluh tahun, kecuali apabila ia memiliki hutang”.

Selain hal diatas masih ada lagi Keutamaan dan rahasia Surat AL - Ikhlas yaitu bahwa dengan membacanya kita akan di jaga oleh para Malikat ketika tidur dari segala bala dan mara bahaya. Hal ini sesuai dengan Hadist :

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Ikhlas tiga kali ketika menjelang tidurnya maka Allah akan mengutus untuknya lima puluh ribu malaikat-Nya yang akan menjaganya sampai waktu subuh”.

Demikian  beberapa Keutamaan dan rahasia Surat AL - Ikhlas  yang mendapat perhatian Khusus dari Rosulullah SAW agar kita memperbanyak membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari - hari.

Namun perlu diingat kembali bahwa pada dasarnya seluruh Isi Al Qur'an mempunyai Keutamaan, Fadhillah, Rahasia masing - masing yang harus kita baca dan amalkan.

Sehingga jangan kita hanya dengan membaca Al Qur'an atau surat - surat tertentu dikarenakan Fadhillah dan keutamaan yang ada di dalamnya.

Namun Bacalah Al Qur'an secara tulus dan Ikhlash dan mengamalkannya dalam kehidupan yang fana ini.

Sekali lagi kami ingatkan bahwa seluruh isi Al qur'an mempunyai keutamaan dan rahasia serta fadhillah yang dapat menjadi pertolongan dan syfaat bagi kita yang membacanya di Akhirat Kelak.

Wallahu A'lam Bisshowab ... Wassalamualaikum Wr Wb








 

TerPopuler