Manfaat Membaca Surat Al Waqiah -->

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah

Minggu, 28 Juni 2020, Juni 28, 2020

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah,-  Dalam Al Quranul Karim sebenarnya semua petunjuk kehidupan telah lengkap, apabila kita mau membaca dan mempelajarinya dengan benar dan ikhlas.

Termasuk diantaranya tentang mencari Rezeki dan kelimpahan harta yang di Ridhoi oleh Allah SWT Sang Pencipta.

manfaat membaca surat al waqiah


Dalam Alquran, Allah SWT telah memberikan petunjuk tentang bagaimana mengejar rezeki, dimana salah satunya adalah sebagai manfaat membaca surat Al Waqiah.

Dalam kehidupan di dunia yang sebenarnya hanya sebagai transit sementara, kita tidak diperbolehkan untuk mengejar rezeki berlebihan sehingga melupakan hal yang lebih utama yaitu menjalankan kewajiban kita selaku makhluk Allah SWT yaitu kewajiban beribadah.

Hal ini karena sebenarnya rezeki Allah SWT yang kita terima sangat melimpah, mulai dari udara yang kita hirup, kesehatan dan kehidupan ini hakekatnya semua merupakan Rezeki yang tak terhingga dari Allah SWT.

Untuk itu kita harus pintar dan cerdas dalam mengejar dunia dan akhirat, Seimbang merupakan kata kunci agar kita hidup tenang dan tentram.

Kita juga harus meyakini bahwa tugas kita hanyalah berusaha sebaik mungkin namun berapa besar rezeki yang kita terima sepenuhnya merupakan hak Allah SWT Sang Pencipta.

Ibarat sebuah wadah yang diperanggapkan seperti Drum, dimana bila diisi air ada batasannya, begitu juga dengan rezeki kita yang ada takarannya. Yang apabila diisi melebihi takaran yang ada, akan tumpah dan berserakan keluar dari wadahnya.

Sehinggak kita sebagai manusia seharunya sadar, bahwa apabila kita telah berusaha maximal maka itulah takaran rezeki kita yang Allah SWT berikan.

Sehingga bila ada rezeki yang tumpah baik itu dengan cara hilang, atau lalai maka ikhlaskanlah, jangan terlalu disesali karena memang mungkin itu bukan rezeki bagian kita.
Dengan demikian kita akan selalu diberi ketenangan dalam kehidupan di Dunia yang Fana dan sebentar ini.

Kita harus banyak – banyak bersyukur kepada Allah SWT karena dengan bersyukur, Insyaallah Allah SWT akan menambah rezeki yang kita miliki.

Selain Ikhlas kita juga harus tetap berusaha dan berdoa, dengan memohon secara sungguh – sungguh dalam memohon rezeki, karena rezeki itu adalah hak prerogatif Allah SWT.

Salah satu usaha dan doa dalam memohon rezeki yang melimpah adalah dengan membaca Surat Al Waqiah dengan rutin dan istiqomah.

Hal ini karena salah satu manfaat membaca Surat Al waqiah adalah melimpahkan rezeki dan menghindarkan dari kemiskinan sesuai dengan Hadist :

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).
Dan
ﻋﻠﻤﻮا ﻧﺴﺎءﻛﻢ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻓﺈﻧﻬﺎ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻐﻨﻰ”. (اﻟﺪﻳﻠﻤﻲ) ﻋﻦ ﺃﻧﺲ.
“Ajarkan anak-anak wanitamu surat Waqiah. Sebab surat Waqiah adalah surat untuk kaya” (HR Dailami dari Anas).

 Manfaat Membaca Surat Al Waqiah :

1.           Dijauhkan dari kemiskinan dan Kefakiran
2.           Memperoleh Rezeki yang Melimpah
3.       Diringankan Sakitnya.  Dengan membaca Surat Al Waqiah disamping orang yang sedang sakit, maka Insyaalah akan diberikan kemudah dan kesembuhan bagi orang yang sedang menderita sakit.
4.         Dipermudahkan dalam persalinan. Dengan membacakan Surat Al Waqiah disamping wanita yang akan melahirkan maka Insyaallah dengan ijin Allah SWT wanita tersebut akan melahirkan tanpa hambatan.
5.            Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat. Bagi Orang yang dengan istiqomah membaca Surat Al Waqiah maka Insyaallah akan mendapat Syafaat dan pertolongan di hari kiamat nanti sesuai dengan Hadist :
Imam Jafar Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” Tsawabul Amal, hlm 117
6.         Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga. Dengan membaca Surat Al Waqiah, Insyaalah kita akan diberikan ketenangan jiwa dan raga. Hal ini sesuai dengan hadist :
Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).
7.         Mengajarkan Keimanan kepada hari Kiamat.  Dengan membaca surat Al Waqiah kita akan diajarkan untuk percaya dan beriman dengan adanya hari Kiamat. Hal ini karena isi dari Surat Al Waqiah adalah menceritakan tentang bagaimana terjadinya hari kiamat, disertai balasannya baik bagi orang Mukmin maupun Orang Kafir.

Cara Membaca Surat Al Waqiah :

Beberapa Ulama telah mengajarkan bagaimana cara membaca agar mendapatkan manfaat membaca Surat Al Waqiah. Seperti beberaa cara berikut :
1.            Membaca Surat Al Waqiah dimulai dari hari jumat, yaitu dimulai sejak selesai sholat maghrib pada malam jumat yaitu dengan membaca Surat Al Waqiah sebanyak 25 X setelah melaksanakan Sholat Fardlu hingga pada malam junat berikutnya, dimana pada ba’da maghrib jumat berikutnya membaca surat Al Waqiah aebanyak 125 X ditambah dengan Sholawat 1000 X serta ditambah Doa Khusus Surat Al Waqiah.
2.            Atau juga dengan cara kedua yaitu membaca Surat Al waqiah sebanyak 14 X ba’da Sholat Ashar setiap harinya

Kesimpulan

Terlepas dari bagaimanapun caranya, Manfaat membaca Surat Al Waqiah adalah memberikan kelimpahan Rezeki dan menjauhkan kita dari kemiskinan. Serta masih banyak manfaat lainnya. Yang mungkin tidak biasa kami jelaskan secara rinci

Semoga bermanfaat … Wallahu A’lam Bisshowab.

TerPopuler